Yamaha Tmax 560 2021 Akan Dirilis Dengan Warna Baru dan Sudah Euro 5, Segera Masuk Indonesia?
Harry · 26 Feb, 2021 16:00
0
0
Yamaha Tmax 560 sebagai salah satu produk skutik andalan Yamaha Motor Co. Ltd, akan mendapatkan skema baru. Skutik dengan warna yang lebih segar ini akan dirilis untuk pasar Jepang pada 26 April 2021 mendatang.
Skutik ini memang menjadi andalan Yamaha di pasar global, terutama wilayah Eropa. Skutik ini disukai karena nyaman dikendarai dan memiliki performa mesin yang memuaskan.
Untuk model tahun 2021, Yamaha menambahkan opsi warna baru yakni pastel dark gray, yang menggantikan kelir tech camo. Yamaha memberikan emblem berwarna merah krom untuk membuatnya lebih mencolok.
Sementara dua pilihan warna lainnya yaitu matte dark gray metallis dan dan matte blueish gray metallic tetap dipertahankan. Warna-warna tadi terlihat pas dengan desain Yamaha Tmax 560 yang sangat sporty.
Yamaha Tmax 560 2021 memiliki penampilan yang masih sama dari model sebelumnya. Maxi scooter ini tampil sporty tanpa meninggalkan kesan mewahnya. Sepasang lampu ganda dengan LED DRl memberi kesan agresif pada wajahnya.
Bagian tengah motor nampak padat untuk menutupi mesin dua silinder inline dan juga tangki bahan bakarnya. Seperti halnya sebuah skutik berukuran besar, Yamaha Tmax 560 dibekali tempat duduk yang besar dan nyaman.
Buritan nampak sangar dengan sepasang behel model tanduk, knalpot yang besar dan menjulang tinggi serta bentuk lampu LED yang menyerupai huruf T. Tak ada yang meragukan penampilan dari Yamaha Tmax 560.
Spesifikasi Yamaha Tmax 560 2021
Dimensi Yamaha Tmax 560 2021 memiliki panjang 2.200 mm, lebar 765 mm dan tinggi 1.420 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.575 mm, dengan tinggi jok 800 mm. Meski dimensinya besar, motor ini memiliki jarak terendah hanya 125 mm saja.
Berat basahnya mencapai 220 kg karena memiliki tangki yang besar, mencapai 15 liter. Untuk yang belum terbiasa, tentu akan sedikit kesulitan dan perlu beradaptasi saat pertama kali mengendarainya.
Jantung mekanis yang dibawanya berspesifikasi dua silinder inline, DOHC 8 katup pendingin cairan. Kapasitas mesinnya 561 cc berkat penggunaan piston 70 mm dan langkah piston 73 mm.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 48 PS pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi maksimal 56 Nm di 5.250 rpm. Mesin ini terbilang irit, dengan konsumsi bahan bakar bisa mencapai 31,7 km/liter pada kecepatan konstan 60 km/jam.
Yamaha Tmax 2021 hadir dengan dua varian yakni Tmax 560 ABS dan Tmax 560 Tech Max ABS. Keduanya memiliki perbedaan kelengkapan fitur, yang mampu menunjang kenyamanan berkendara.
Untuk varian Yamaha Tmax 560 ABS 2021, memiliki windscreen adjustable dua tingkat, smart key system, power outlet, D-Mode (mode berkendara) dan TCS (Traction Control System).
Namun Yamaha Tmax 560 Tech Max ABS 2021, ketambahan windscreen adjustable electric, penghangat grip, pemanas jok, cruise control system, dan suspensi belakang yang memiliki pengaturan preload dan rebound.
Perkara harga, Yamaha Tmax 560 ABS 2021 dilepas dengan nominal 1,276 juta Yen atau sekitar Rp 169,5 jutaan. Lalu untuk Yamaha Tmax 560 Tech Max ABS dilepas 1,419 juta yen atau sekitar Rp 190,5 jutaan saja.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menempatkan Yamaha Tmax sebagai kasta tertinggi keluarga Maxi Yamaha, bersama dengan Yamaha Lexi, Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155 dan Yamaha Xmax 250.
Namun YIMM masih menjual model lawas yakni Yamaha Tmax DX, yang masih menggendong mesin 530 cc. Di Indonesia, banderol Yamaha Tmax DX tercatat diangka Rp 319 juta on the road Jakarta.
Sejauh ini belum ada informasi terkait kehadiran Yamaha Tmax 560 untuk pasar Indonesia. Padahal pasarnya ada, dan praktis disegmen serupa hanya diisi Honda X-ADV, namun moge Honda itu menampilkan gaya petualang.
Saat ini model CBU Yamaha yang dijual resmi berdasarkan situr Yamaha Indonesia ada Yamaha MT-09, Yamaha MT-07, Yamaha YZF-R1 dan YZF-R1M, Yamaha WR250R, Yamaha MT-09 Tracer dan Yamaha YZF-R6.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil