window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas!

Fariz · 13 Jan, 2023 11:00

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 01

Yamaha WR 155 R balap Cargloss AMS RRS.
  • Pertama kali turun di balap supermoto menggunakan Yamaha WR 155R.
  • Mesin bore up 177,1 Cc mengikuti regulasi.
  • Pengereman depan full Brembo.

Supermoto jadi konsep sepeda motor yang menggunakan basic dari motor trail, seperti Yamaha WR 155 R. Pembeda utama ada pada lingkar rodanya yang pakai ring 17 inci serta ban on road atau dual purpose.

Tidak hanya untuk penggunaan sehari-hari, supermoto sendiri memiliki kompetisi balap baik di Indonesia atau di luar negeri. Balapnya punya lintasan beragam, ada percampuran on road dengan light off road seperti tanah kering, bisa juga full on road tapi dilengkapi dengan loncatan di beberapa titik.

Balap supermoto ini pun membuat tim Cargloss AMS RRS penasaran untuk mencobanya, tim yang biasa berlaga di ajang road race pun turun balap supermoto mengandalkan Felix Putra Mulya yang memacu Yamaha WR 155R.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor dengan persiapan yang diakui belum maksimal pun mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Karena berhasil menempati podium 2 kelas Supermoto 175 cc Pemula, podium 4 kelas Supermoto 175 cc Mix Rider, dan podium 5 kelas Supermoto 250 cc Mix Rider di ajang balap Sumber Production SGM Racing Championship yang digelar di sirkuit NP Brigif Cimahi, Jabar (23-24/2022).

Bore Up 177,1 Cc

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 01

Modifikasi WR 155R untuk balap supermoto

Di sektor mesin ada pembeda antara regulasi supermoto dan road race, di balap road race tetap menggunakan mesin 150 cc namun untuk supermoto maksimalnya bisa sampai 180 cc.

Baca juga: Kisah Yamaha Pertamina Indonesia Team, Sempat Ikut Balap GP250 Tahun 2008

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 02

Bore up kit TDR bikin kapasitas mesin jadi 177,1 cc

Karenanya WR 155 R ini menggunakan bore up kit dari TDR dengan blok silinder berbahan ceramic serta penggunaan diameter piston 62 mm yang membuat kapasitas mesinnya menjadi 177,1 cc.

“Dikombinasi stroke standar 58,7 mm, kapasitas mesinnya jadi 177,1 cc, di regulasi maksimal 180 cc. Lalu pakai throttle body diameter 34 mm sesuai regulasi dan pakai velocity dengan panjang 8 cm,” ujar Firman Ramdhani selaku chief mechanic.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 03

Performa mesin dipantau dari AIM Solo 2 DL

Kemudian terlihat ada penggunaan knalpot special order dengan label R9, bahan titanium digunakan pada bagian leher dan diteruskan dengan bahan stainless steel untuk bagian tengah hingga silencer.

Untuk membuat suhu mesin tetap stabil, radiator original digantikan dengan produk AAI. Radiator ini lebih tebal sehingga volume air lebih banyak, menjadi 750 ml dan punya sirkulasi udara yang lebih baik.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 04

Radiator pakai AAI yang punya kapasitas lebih air lebih banyak

Baca juga: Catat Waktunya, Monster Energy Yamaha Bakal Launching Tim di Jakarta

“ECU pakai aRacer RC Super X untuk Exciter. Gak banyak kesulitan sih bikin mesin ini, karena basicnya udah diterapin di motor balap R15 V3. Penyesuaian dari mesin road race ke supermoto paling ada di rasio, dibuat lebih close atau enteng perbandingannya.”

“Ini karena karakter sirkuit supermoto lebih banyaknya sirkuit dadakan, jadi biar oper-operan giginya lebih rapet gak jatoh-jatoh. Pernah dyno WR 155 R standar tenaganya 12-13 hp, mesin sekarang ini naik jadi 30 hp dan torsi 24 Nm. Tapi masih kurang sedikit lagi, target sih gak jauh-jauh dari yang sekarang lah,” rinci Konar panggilan akrabnya.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 05

Knalpot R9 special order dengan silencer pendek

Perpindahan gigi semakin cepat dan tanpa jeda karena menggunakan quick shifter yang terpasang pada footstep underbone custom, dengan begitu pembalap tidak perlu menutup gas ketika menaikan gigi.

Rem Full Brembo

Untuk menghentikan lajunya, sektor pengereman depan diupgrade dengan produk full Brembo. Mulai dari master rem pakai Brembo RCS15 Corsa Corta, kaliper Brembo 4 piston, hingga cakram Brembo 300 mm.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 06

Pengereman depan full Brembo

Baca juga: Yamaha RX-King Bergaya Bandungan, Tampil Rapi dan Branded!

“Cakram Brembo ini aslinya untuk R25, nah kedepannya adaptor cakram dan bracket kalipernya akan dijual umum di RSS. Shock depan sekarang ini masih standar bawaan WR 155 R, next race baru akan diupgrade,” sambungnya.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 07

Suspensi belakang pakai YSS G-Top dengan setelan cukup lengkap

Rem belakang tidak banyak ubahan, hanya mengganti selang rem menggunakan TDR. Begitu juga peleknya menggunakan TDR ring 17 inci yang dibalut ban Pirelli Rosso Corsa II ukuran 100/80-17 di depan dan Pirelli Diablo Supercorsa 110/70-17 belakang.

Yamaha WR 155 R Balap Upgrade Jadi 177 Cc, Langsung Sabet Podium 3 Kelas! 08

Aksi Felix PM saat balap supermoto

“Shock belakang pakai YSS G-Top yang udah terbukti di tanah dan sekarang terbukti di aspal. Setelannya juga lumayan lengkap ada compression, rebound di bawah, dan preload,” tutup Konar.

Data Modifikasi Yamaha WR 155 R
Radiator AAI
Slang radiator Moto1
Suspensi belakang YSS G-Top
Pelek TDR
Ban depan Pirelli Roso Corsa II 100/80-17
Ban belakang Pirelli Diablo Supercorsa 110/70-17
Decal Custom by LT Decal
Kulit jok Ardians
Setang TDR
Throttle body SYS 34 mm + velocty stack
Bore up kit TDR 62 mm
Quick shifter MBR Tech
ECU aRacer RC Super X
Knalpot R9 Titanium
Footstep underbone RSS
Bracket kaliper depan Aluminium custom by RSS
Adaptor cakram depan Aluminium custom by RSS
Master rem Brembo RCS15 Corsa Corta
Slang rem depan Hel
Slang rem belakang TDR
Kaliper depan Brembo 4P
Cakram depan Brembo 300 mm
Handle kopling Zeta
Remote adjuster Lightech

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });