window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot!

Fariz · 7 Jan, 2023 14:00

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 01

Modifikasi Yamaha XMax Connected ala Mitra2000.
  • Sebagian besar part terpasang secara plug and play.
  • Pengereman lebih pakem dengan part RPD dan TDR.

Yamaha XMax Connected 2023 yang hadir pada IMOS 2022 memang tidak bisa dikatakan sepenuhnya baru. Ubahannya memang berfokus pada desain bodi yang lebih segar namun tetap mempertahankan karakter dari generasi pertama.

Ubahan lainnya tentu saja desain lampu utama, lampu belakang, dan spidometer yang kini fully digital menggunakan negative display serta ketambahan sistem navigasi menggunakan aplikasi Garmin StreetCross pada smartphone.

Karena ubahannya tidak banyak, ini jadi keuntungan bagi para pemilik XMax Connected yang senang modifikasi. Karena dengan begitu rasanya tidak sulit untuk mencari part modifikasi, bahkan bisa menggunakan part modifikasi milik Yamaha XMax generasi pertama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Seperti yang dilakukan Mitra2000 sebagai distributor dari beberapa part modifikasi yang melakukan modifikasi Yamaha XMax Connected menggunakan part yang sama seperti model generasi pertama. 

Seperti apa?

Upgrade Pengereman

Di area setang yang paling terlihat adanya spion aftermarket berlabel RPD. Spion ini cukup memberi kesan premium pada Yamaha XMax Connected karena menggunakan bahan aluminium dengan finishing CNC.

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 01

Spion RPD bikin tampilan setang lebih premium

Kemudian kedua master rem juga diganti menggunakan merek yang sama, RPD radial dengan bodi master rem aluminium serta finishing CNC. Tidak ketinggalan ada tabung reservoir kecil untuk menampung minyak rem.

Baca juga: Sensasi Diboncengin Pakai Yamaha XMax Connected, Masih Ngangkang?

“Piston master rem RPD lebih besar dari standar tentunya, kalau untuk Yamaha XMax pakai diameter piston 17 mm kanan dan 16 mm kiri. Yang pasti pengaruh ke tekanan rem ya jadi lebih kuat, ibarat suntikan aja,” ujar Jeffry Willar selaku Marketing Manager Mitra2000.

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 02

Master rem RPD punya diameter piston lebih besar

Kedua master rem barunya disambungkan ke kaliper menggunakan elang rem TDR yang terbuat dari bahan stainless steel dengan sistem rajutan, biasa juga disebut dengan braided stainless steel.

Kelebihannya tentu bisa menahan tekanan minyak rem lebih kuat dan bisa melepas panas minyak rem lebih baik. Beda dengan selang rem original yang menggunakan bahan karet, karena bisa membengkak ketika melakukan pengereman keras.

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 03

Cakram depan lebar dan semi floating

Masih di sektor pengereman, kedua cakramnya ikut diganti namun kali ini pakai produk TDR. Yang depan wavy semi-floating berdiameter 298 mm sedangkan belakang wavy juga tapi dengan diameter standar 245 mm.

Baca juga: Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan!

Sisi dalam cakramnya menggunakan aluminium dan sisi luar cakram pakai bahan stainless steel sehingga memberikan bobot yang lebih ringan tapi mampu melepas panas dengan baik.

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 04

Cakram belakang TDR lebih tebal agar awet dan gak mudah melengkung

“Cakram belakang TDR lebih tebal dibandingkan original. Tujuannya supaya lebih awet dan membuat kemungkinan cakram melengkung lebih kecil karena lebih tebal,” sambungnya.

Beragam Suspensi Yamaha XMax Connected

Untuk memberi kenyamanan lebih, suspensi original yang hanya dilengkapi preload dilengserkan dan digantikan dengan produk YSS. YSS sendiri memiliki banyak line up untuk motor ini.

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 05

YSS G-Racing punya setelan paling lengkap

Yang terpasang di Yamaha XMax Connected ini merupakan versi tertinggi dari YSS yaitu tipe G-Racing. Tipe ini dilengkapi dengan spring adjuster, rebound adjuster, tabung berisikan nitrogen dan oli, serta ada compression adjuster.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha XMax Connected, dari Bergaya Touring hingga Racing!

Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot! 06

XMax Connected tampil kece dengan part PnP

Bahkan compression adjuster di tipe ini dibagi menjadi 2 setelan. Ada High Speed Compression dan Low Speed Compression sehingga pengendaranya bisa mengatur karakter suspensi secara lebih detail.

Cakep!

Data Modifikasi Yamaha XMax Connected
Spion RPD
Master rem RPD
Slang rem TDR
Cakram depan TDR semi-floating 298 mm
Cakram belakang TDR 245 mm
Suspensi belakang YSS G-Racing

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });