window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Yamaha XMax Lama Bisa Pasang GPS, Canggih Gak Takut Nyasar!

Fariz · 16 Jan, 2023 10:30

Yamaha XMax Lama Bisa Pasang GPS, Canggih Gak Takut Nyasar! 01

GPS pada Yamaha XMax old.
  • Pakai GPS aftermarket seharga Rp 1,5 jutaan.
  • Punya baterai terpisah dan sinyal langsung ke satelit.

Kehadiran Yamaha XMax Connected cukup dinantikan, pasalnya bocoran penggunaan spidometer dengan navigasi Garmin sudah lama beredar. Tapi gimana jika Yamaha XMax Lama dipasang GPS?

Biar gak kalah canggih dari Yamaha XMax Connected yang jadi matic 250 cc pertama di Indonesia yang dibekali fitur navigasi ini. Sistem navigasinya memanfaatkan aplikasi pada smartphone dengan nama Garmin StreetCross.

Nantinya tampilan navigasi akan muncul setelah pengendaranya mengatur lebih dulu di apllikasi, GPS juga memanfaatkan yang ada pada smartphone. Jadi bisa dikatakan tampilan navigasinya mirroring dari smartphone pengendaranya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi bagi para pemilik Yamaha XMax old atau generasi pertama, rasanya tidak perlu bersedih hati. Karena saat ini sudah banyak GPS aftermarket yang bisa digunakan pada beragam kendaraan, baik mobil atau sepeda motor.

Baca juga: Riding Pakai Yamaha XMax Connected di Bali, Begini Plus-Minusnya

Yamaha XMax Lama Bisa Pasang GPS, Canggih Gak Takut Nyasar! 01

Tampilan besar dengan layar 4,3 inci

GPS Aftermarket

Seperti yang dilakukan oleh Sugiman pada unit Yamaha XMax miliknya. Dirinya menggunakan GPS aftermarket dengan merek BT-Rider. GPS dengan layar 4,3 inci terpasang menggunakan bracket GPS yang banyak dijua.

“Beli ini sudah lama banget, dari tahun 2017 dan sering dipakai buat turing. Pas turing ke Bromo waktu itu gak khawatir kalau ketinggalan teman-teman yang lain, karena ada penunjuk arah,” sebut Iman panggilannya. 

Di dalam GPS ini sudah tertanam baterai dan juga modul GPS, jadi tidak ketergantungan dengan smartphone. Artinya GPS ini bersifat standalone atau berdiri sendiri.

Kalau pun baterai dari GPS ini low, rasanya tidak perlu khawatir. Itu karena XMax sudah dilengkapi dengan power outlet pada kompartemen, jadi GPS bisa diisi daya selama perjalanan.

Baca juga: Yamaha XMax Connected Pakai Part Plug & Play, Jadi Kece Tanpa Repot!

Yamaha XMax Lama Bisa Pasang GPS, Canggih Gak Takut Nyasar! 02

Punya sistem operasi seperti smartphone

“GPS ini emang buat penggunaan outdoor, jadi selama perjalanan kena panas atau hujan gak masalah. Baterai ini udah 5 tahun juga masih awet, kalau emang low di perjalanan bisa langsung dicas dari power outlet.”

“Map sudah ada di dalam GPS, jadi gak perlu download. Tapi emang gak bisa ngeliat macet, hanya penunjuk arah. Selain buat navigasi, masih banyak fitur lain di GPS ini,” sambung pengguna Yamaha XMax warna matte brown ini.

Banyak Fitur

GPS aftermarket ini ternyata tidak hanya untuk melakukan navigasi aja, tapi ada beberapa fitur lainnya. Karena memang GPS ini memiliki sistem operasi sendiri layaknya smartphone.

“Selain navigasi, tampilan favorit saya yang lain ada spidometer. Ini dia ngambil kecepatan dari GPS langsung, habis itu ada informasi tanggal, koordinat dan masih banyak lagi.”

Baca juga: Karakter Mesin Yamaha XMax Connected, Tenaga Merata Enteng Libas Tanjakan

Yamaha XMax Lama Bisa Pasang GPS, Canggih Gak Takut Nyasar! 03

Tampilan spidometer dengan informasi lengkap

“Keuntungan lainnya GPS ini navigasi aman tetap jalan walau berada di gunung, karena kan dia sinyalnya langsung ke satelit. Kalau hp kadang navigasi suka ilang pas kondisi sinyal kurang bagus. Kalo pun mau parkir, GPS ini gampang dilepasnya, jadi gak khawatir ditinggal di parkiran. Dulu sih beli sekitar Rp 1,5 juta,” tutup anggota dari Touring Lovers ini.

Mantap!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });