‘MINI’ Cooper Countryman 2020 Indonesia yang Siap Menggetarkan hati Anda

Eko Kamil · 14 Feb 2020 13:00

Mini selalu dikenal sebagai pabrikan yang memproduksi produk yang unik. Contohnya saja Mini Cooper SE yang baru saja diluncurkan tahun lalu. Untuk tahun ini, Mini Cooper menghadirkan Cooper Countryman 2020 di Indonesia.

Berbodi imut, tetapi mobil Mini Cooper ini termasuk dalam jenis mobil premium dan disertai dengan harga yang setara dengan mobil sedan mewah merk lainnya. 

Untuk memperkuat posisinya di pasar otomotif yang bersifat Internasional, Pabrikan asal Inggris ini memiliki sebuah rencana dengan menghadirkan supercar mesin tengah.

Mobil-mobil Mini di bawah BMW Group selalu menggunakan mesin penggerak roda depan atau yang juga disebut dengan front-wheel drive (FWD). Diantaranya bahkan terdapat all-wheel drive (AWD).

Head of Communication Mini, Andreas Lampka, mengatakan bahwa jikalau mereka diberi waktu dan sumber daya yang lebih melimpah, maka teknisi mereka dapat menghadirkan mesin mobil tengah.

Spesifikasi Mini Cooper Countryman

Eksterior 

Mini Cooper Countryman yang terbaru akan mengalami pembaruan pada eksteriornya, khususnya di bagian depan dan belakang. Berkat grille dan bumper baru, serta grafis yang mengitari lampu bagian depan dan belakang ini membuat Countryman 2020 terlihat berbeda.

Lampu depan mengadopsi teknologi LED matrix-bean adaptif dan lampu belakang yang menyerupai Mini Hatch dan Convertible facelite. Velgnya terlihat segar dengan logo Mini dan varian dua dimensi. Interior dihiasi dengan sistem hiburan dan juga opsi warna baru.

Interior

Mini Cooper Countryman 2020 ini memiliki kursi yang memuat hingga lima orang, dan kursi yang dilapisi kulit sintetis yang standar. Ini merupakan pembaharuan kulit asli pada setiap kursi penumpang.

Kursi yang nyaman dan mendukung dan tersedia ruang yang cukup luas di kedua baris. Bahkan orang dewasa pun dapat berbaring di belakang.

Mini Cooper memiliki beberapa model yang dijual di Indonesia. Di saat ini, Indonesia diketahui ada 6 jenis mobil Mini yang tersedia. Ada 3 jenis mobil Mini Cooper yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi, yakni Mini Clubman, Mini Convertible dan yang terakhir adalah Mini Countryman.

Berikut adalah fitur keselamatan yang dimiliki Mini Cooper Countryman

Airbag Penumpang Depan

Child Safety Locks

Kantong Udara Pengemudi

Anti Lock Braking System

Brake Assist

EBD (Electronic Brake Distribution)

Sabuk Pengaman Belakang

Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman

Spion Tengah Lipat

Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai Ketinggian

Crash Sensor

Pelindung Benturan Depan

Pelindung Benturan Samping

Pengingat Pintu Terbuka

Di pasar otomotif Indonesia, terdapat 18 Mini Cooper. Harga setiap jenis Mini Cooper tentu saja berbeda. Misalnya beberapa harga Mini Cooper 2020 pada bulan Februari ini, yakni Mini Cooper Countryman yang dibanderol sekitar Rp 735 jutaan, Mini Cooper Countryman S dengan harga fantastisnya Rp 949 jutaan. Mini Cooper Countryman John Cooper Works yang mencapai harga Rp 1.3 Milyar lebih. 

Dengan harga jualnya yang melebihi Rp 500 juta, Mini Cooper dimasukkan dalam kategori mobil mewah atau premium. Harga boleh saja mahal, tapi fitur Mini Cooper telah dibekali dengan berbagai teknologi canggih dan juga mesin yang bertenaga besar.

Pajak Mini Cooper atau pajak mobil mewah bisa mencapai hingga 125%. Selain itu, masih ada pajak lain yang harus ditanggung jikalau kamu ingin memiliki mobil mewah.

Pengalaman Pengemudi Mini Cooper

Mini mencapai rekor penjualan tertinggi, yakni 360.000. Dan setengah dari penjualan itu adalah hasil dari Cooper Countryman. Countryman dibagi menjadi 2 tipe. Beberapa orang berpikir mungkin saja keduanya tidak memiliki perbedaan yang besar. 

Dibandingkan generasi sebelumnya, Countryman memiliki perbedaan yang cukup besar. Bentuk dari Countryman lebih besar dan lebih panjang 20 cm. Wheelbasenya dengan panjang 7.5 cm.  

Saat ini, keluarga MINI ukuran terbesar, tetapi Mini Cooper Countryman merupakan SUV subkompak besar dengan panjang kurang dari 4,3 meter dan juga menjadi salah satu crossover yang paling atletis di kelasnya.

Dengan duduk di dalam Countryman terbaru, maka penumpang akan menemukan perbedaannya dengan generasi sebelumnya. Dimana kursi penumpang depan pada generasi terbaru dilengkapi dengan fitur elektro-kontrol. Bahkan bagian kursi depan memiliki ruang kaki yang lebih disesuaikan. 

Mobil ini  memiliki kursi belakang dengan ruang yang cukup luas untuk penumpang yang bahkan memiliki ketinggian 170 cm. Kursi belakang memiliki AC ventilasi udara yang lumayan bagus.

Meskipun memiliki kinerja yang unggul, Countryman tetap saja memiliki kekurangan, yakni tidak terlalu nyaman dengan penggemarnya yang bepergian sebanyak 3-5 orang. 

Kapasitas bagasi mobil ini bertambah 100 L dari sebelumnya. Jikalau kursi belakang dilipat menjadi rata, maka akan diperoleh ruang bagasi sebesar 1309 Liter. 

Mobil ini dilengkapi dengan mesin turbocharged tiga silinder 1.5L, dengan output daya 136hp/22.4 kgm. Mesin yang dimiliki Countryman ini sama persis dengan mesin yang dimiliki BMW X1. 

Untuk tahun 2020, Mini tidak melanjutkan transmisi manual enam kecepatan dan menambahkan beberapa fitur keselamatan dari versi yang sebelumnya. 

Komentar

Mobil Terbaru