Laporan Auto autosoftautos.com : Intip Review Honda Brio 2020, LGCG Menawan Andalan Honda

Anissa · 27 Nov 2020 14:42

Honda Brio merupakan salah satu mobil pabrikan Honda yang telah membawa kesuksesan bagi pabrikan mobil Jepang tersebut selama beberapa tahun terakhir. Honda Brio yang hadir mengisi segmen LCGC di Indonesia ini memang dibekali bukan hanya dengan banderol harga yang terjangkau, tetapi juga dengan desain yang menawan.

Honda Brio ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2012 untuk dipasarkan pada tahun 2013. Kehadiran Honda Brio ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia, karena Honda Brio merupakan mobil dengan harga yang terjangkau, tetapi dilengkapi dengan fitu yang mumpuni.

Generasi pertama dari Honda Brio di Indonesia hadir dalam 6 varian berbeda, yakni Honda Brio Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara lokal dengan mesin 1.2L. Sementara itu, ada pula varian Honda Brio Sport yang langsung diimpor dari Thailand, dan dilengkapi dengan mesin 1.3L. Sayangnya, Honda Brio Sport ini berhenti dipasarkan pada bulan Desember tahun 2013.

Honda Brio untuk pasar Indonesia mendapatkan facelift pada bulan April tahun 2016. Facelift Honda Brio ini dipamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show. Ubahannya sendiri bisa terlihat pada bagian fascia depan, lampu belakang, desain dashboard, transmisi CVT baru, serta kehadiran Honda Brio RS sebagai varian tertingginya.

Honda Brio generasi kedua kemudian diluncurkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2018. Platform Honda Brio generasi kedua ini memang masih sama dengan generasi pertamanya, tetapi mendapatkan ubahan yang cukup banyak, mulai dari grille, bagasi, serta lampu depan dan belakang.

Harga dan Varian Honda Brio 2020

Di Indonesia, ada beberapa varian Honda Brio yang dipasarkan. Mobil LCGC ini dipasarkan dalam lima varian berbeda yang semuanya menggunakan mesin berbahan bakar bensin. Kelima varian ini juga menawarkan dua pilihan sistem transmisi, yakni transmisi manual dan transmisi CVT.

Lalu untuk harganya sendiri, kelima varian Honda Brio 2020 ini dibanderol dengan kisaran harga yang beragam, mulai dari Rp146 jutaan untuk varian terendahnya, hingga Rp199,6 jutaan untuk varian tertingginya. Untuk mengetahui rincian harganya, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

Varian Harga
Honda Brio S M/T Rp146.000.000
Honda Brio E M/T Rp154.700.000
Honda Brio E CVT Rp170.100.000
Honda Brio RS M/T Rp184.300.000
Honda Brio RS CVT Rp199.600.000

Spesifikasi Honda Brio 2020

Dimensi Honda Brio 2020
Panjang 3.800 mm
Lebar 1.680 mm
Tinggi 1.485 mm
Wheelbase 2.405 mm
Mesin Honda Brio 2020
Tipe Mesin 4 Silinder segaris SOHC, 16 Katup, i-VTEC + DBW
Kapasitas 1,2 L (1.199 cc)
Power Output 90 PS / 6.000 rpm
Torsi 110 Nm / 4.800 rpm
Transmisi Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Honda Brio 2020
Ukuran Ban 185/55 R15
Material Velg Alloy Wheels
Suspensi dan Rem Honda Brio 2020
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan Ventilated Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

Nah, sekarang kita akan bicarakan soal spesifikasi yang dimiliki oleh Honda Brio 2020. Honda Brio memiliki dimensi panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.485 mm. Sedangkan untuk wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri adalah 2.405 mm.

Bicara soal jantung mekanisnya, kelima varian yang ditawarkan oleh Honda Brio 2020 ini menggunakan mesin yang sama. Mobil ini menggunakan mesin 4 Silinder segaris SOHC, 16 Katup, yang dilengkapi dengan teknologi i-VTEC dan DBW. Tenaga yang dihasilkan mesin ini disalurkan melalui sistem penggerak Front Wheel Drive.

Untuk performanya, karena mesin yang digunakan pada Honda Brio 2020 ini hanya mesin berkapasitas 1,2 liter, maka tenaga yang dihasilkannya juga tidak terlalu besar. Mesin mobil Honda Brio ini hanya menghasilkan tenaga sebesar 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsinya sendiri ialah 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm. Meskipun tidak besar, tenaga dan torsi yang dihasilkannya ini sudah cukup untuk sebuah mobil LCGC.

Performa mesin ini juga didukung dengan penggunaan sistem suspensi dan rem yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik. Untuk suspensi depannya, Honda Brio 2020 ini menggunakan suspensi MacPherson Strut, sedangkan suspensi belakangnya menggunakan H-Shape Torsion Beam. Kemudian, untuk remnya sendiri, Honda Brio 2020 menggunakan Ventilated Disc Brake pada rem bagian depan dan Drum Brake untuk rem bagian belakang.

Eksterior, Interior dan Fitur Honda Brio 2020

Desain Honda Brio 2020 yang merupakan generasi kedua dari Honda Brio ini memang terlihat lebih bergaya dan sporty dibanding generasi pertamanya. Mobil ini memiliki bumper dan grille yang menyatu dengan lampu utamanya. Honda Brio 2020 ini juga diketahui menggunakan teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang dinilai efektif mengurangi sinar UV dari matahari pada kaca mobil.

Khusus untuk varian Honda Brio RS dan Honda Brio Satya, keduanya sudah dilengkapi dengan tailgate spoiler baru yang senada dengan desain sporty yang diusung bagian wajah. Kedua varian Honda Brio ini juga sudah dilengkapi fog lamp di bagian depan.

Pada bagian belakangnya, bisa kita lihat bahwa Honda Brio 2020 ini mengadopsi desain rear combi lamp. Sayangnya, semua lampu yang dimiliki Honda Brio Satya belum menggunakan lampu LED.

Berbeda dengan Honda Brio Satya, Honda Brio RS sudah menggunakan lampu LED untuk memberikan pencahayaan yang lebih optimal. Selain itu, yang unik dari varian ini juga spionnya yang bisa dilipat secara otomatis, dan dilengkapi dengan LED Turning Signal.

Dari bagian eksterior, kita beralih ke bagian interior. Honda Brio mengadopsi dashboard dengan bahasa desain yang sporty dengan aksen orange lining. Pada bagian tengah dashboard ini juga terdapat sebuah head unit berupa Touchscreen Display Audio berukuran 6,1 inci yang lengkap dengan fitur konektivitas seperti Bluetooth, HFT Function, serta USB Connection. Head unit ini juga dilengkapi dengan fitur handsfree telephone yang bisa mempermudah pengemudi mengangkat telepon tanpa harus kehilangan fokus saat mengemudi.

Untuk mendukung kualitas audionya, Honda Brio 2020 ini sudah dilengkapi dengan Tweeter Speaker. Demi memberikan kepraktisan yang lebih, Honda Brio juga sudah dilengkapi dengan AC yang memiliki pengaturan digital.

Tidak hanya itu, mobil ini pun sudah menggunakan setir yang dilengkapi dengan teknologi electric power steering, serta fitur tilt steering yang membuat setir lebih fleksibel dan mudah diatur sesuai kebutuhan. Lalu untuk joknya sendiri, Honda Brio menggunakan jok yang dilengkapi dengan adjustable headrest yang memudahkan pengguna untuk mengatur tinggi rendahnya headrest sesuai kebutuhan.

Sekarang mari kita bahas mengenai fitur yang dimiliki Honda Brio 2020. Untuk fitur keselamatan aktifnya, Honda Brio 2020 memiliki Anti lock Braking System, Electronic Brake Distribution, dan sensor parkir.

Sedangkan untuk fitur keselamatan pasifnya, Honda Brio 2020 ini dilengkapi dengan airbag system, dan sabuk pengaman tiga titik. Dan untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak, terdapat pula fitur child safety locks dan ISOFIX. Sementara itu, untuk fitur keamanan standarnya, Honda Brio 2020 dilengkapi dengan sistem alarm dan engine immobilizer.

Artikel bersumber dari autosoftautos.com

Komentar

Mobil Terbaru