window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh

Herdi · 27 Des, 2022 10:02

10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh 01

Konsentrasi mengemudi sudah seharusnya tetap dijaga agar perjalanan bisa aman dan nyaman. Terlebih lagi saat melakukan perjalanan jauh seperti di momen libur Natal dan tahun baru. Karena pengemudi bertanggung jawab juga pada keamanan dan kenyamanan penumpang lainnya.

Kewajiban mengenai konsentrasi mengemudi ini juga dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tepatnya di pasal 106 ayat 1, yang berbunyi:

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi."

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

10 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Konsentrasi Mengemudi Meski Perjalanan Jauh 01

Jika lelah beristirahatlah di rest area

Dengan konsentrasi saat mengemudi, tentunya ini dapat menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Sudah Tahu Belum, Ini Alasannya Sehabis Makan Kemudian Mengemudi Malah Ngantuk

Tips Menjaga Konsentrasi Mengemudi

Nah, untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi, sudah seharusnya Anda melakukan beberapa hal seperti berikut.

1. Pastikan mengemudi dengan kondisi nyaman. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur posisi tempat duduk dan juga lingkar kemudi agar tetap nyaman.

Lelah saat mengemudi

Beberapa obat bisa menimbulkan kantuk

2. Jangan minum obat jika ingin mengemudi. Sebab, beberapa obat seperti flu, batuk, hingga sakit kepala ada yang mengandung senyawa antihistamin, sehingga dapat menimbulkan rasa kantuk dan sulit berkonsentrasi.

3. Hindari menggunakan perangkat lain atau aktivitas multitasking. Beberapa hal ceroboh yang biasa dilakukan seperti bermain handphone, melakukan pengaturan head unit dan lain-lain. Sebab, tak jarang pengemudi yang sibuk melakukan aktivitas di luar mengemudi bisa berakhir kecelakaan. 

Wanita make up saat mengemudi

Wanita make up saat mengemudi

Baca juga: 8 Hal Supaya Lancar Belajar Mengemudi Mobil, Jangan Anggap Remeh Walau Terlihat Mudah

4. Jangan merias diri saat mengemudi. Khusus perempuan, jika Anda mengemudi dan terburu, jangan sekali-sekali sambil merias diri. Sebaliknya, lakukan merias saat sebelum berangkat atau sesampainya di lokasi. Sebab, hal tersebut akan sangat mengganggu konsentrasi. Bahkan bisa sangat berbahaya.

5. Fokus melihat ke arah depan. Boleh sesekali melirik ke kaca spion kanan, tengah dan kiri, namun Anda harus tetap fokus menatap ke depan. Pasalnya, tak sedikit pengemudi yang hilang fokus saat berkendara, karena melihat kanan-kiri jalan, lantaran merasa hanya ingin tahu kondisi di luar sana. 

@autofun.indonesia Smart Key Habis Baterai, Masih Bisa Nyalain Mesin Gak Ya? #reviewmobil #autofact #funfact #tipsmobil ♬ original sound - AutoFun Indonesia

6. Pastikan rute yang hendak dituju adalah benar. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah mempelajari lokasi yang dituju. Jika menggunakan GPS, pastikan lokasi yang dituju benar. 

7. Hindari makan sampai kenyang. Dengan makan kenyang, maka biasanya akan membuat Anda mengantuk. Selain itu, Anda juga jangan mengemudi sambil makan. Ya,hal tersebut bisa membuat Anda hilang konsentrasi mengemudi.

Baca juga: Merasa Gampang Ngantuk dan Jenuh Saat Mengemudi Jarak Jauh di Tol? Waspadai Gejala Highway Hipnosis

Tertidur saat mengemudi

Tertidur saat mengemudi

8. Jika mengantuk sebaiknya beristirahat. Ya, Anda bisa meregangkan otot dan pikiran di tempat yang aman seperti rest area, rumah makan atau pengisian bahan bakar. Pasalnya menurut sejumlah penelitian, penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di jalan raya adalah mengantuk. Bahkan mengemudi sambil mengantuk resiko kecelakaannya 4 kali lebih tinggi. 

9. Jika menjatuhkan barang atau sesuatu di bawah, disarankan tidak langsung mengambilnya. Karena hal tersebut bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi. Sebaiknya Anda menepi terlebih  mengambilnya.

10. Pastikan benda-benda penting mudah dijangkau, seperti kartu e-toll saat ingin membayar tol, hingga air minum jika ingin haus langsung mudah diteguk.

Nah, gak susah kan menjaga konsentrasi selama berkendara...

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil