window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Prasetyo · 3 Jun, 2021 19:00

Daihatsu Rocky Interior

Daihatsu Rocky datang dengan dibekali beberapa fitur unggulan. Termasuk keberadaan Advanced Safety Assist (ASA) untuk membantu pengemudi menghindari risiko kecelakaan di jalan raya.

Ada pun fitur A.S.A di Daihatsu Rocky Indonesia terbagi menjadi enam bagian, diantaranya Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Sebagai pengemudi, tentunya Anda harus memahami keberdaan fitur Daihatsu Rocky tersebut. Dan sebenarnya, sebagian fitur-fitur pada sebuah mobil dapat diketahui juga melalui indikator yang ada di meter cluster. Termasuk juga pada meter cluster Daihatsu Rocky.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berikut ini adalah setidaknya 10 indikator fitur Daihatsu Rocky yang bisa Anda ketahui melalui panel meter cluster di sisi pengemudi.

Baca juga : Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

 

Check engine indicator

Kalau menyala berarti ada masalah di mesin atau sensor

1. Check Engine

Memiliki logo seperti bentuk mesin, apabila menyala mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin. Atau bisa pula diakibatkan adanya beberapa hal lain seperti soket yang kendor dan sensor yang kotor.

Indikator Aki

Kalau menyala artinya alternator rusak atau aki soak

2. Pengisian Aki

Ketika lampu indikator menyala, menunjukkan adanya masalah pada sistem pengisian arus listrik dari altenator ke aki. Ini berdampak kendaraan tidak dapat distarter serta lampu dan semua sistem kelistrikan tidak dapat dioperasikan.

ABS Indicator

Jika menyala, rem masih tetap beroperasi tapi tidak sebagai ABS

3. ABS (Anti-Lock Braking System)

Lambang berbentuk lingkaran dengan tulisan ABS pada bagian tengahnya menunjukkan ada masalah pada sistem pengereman tersebut. Namun ketika sistem ABS bermasalah, rem tetap berfungsi dengan tipe konvensional, sehingga tidak perlu di khawatirkan rem tidak beroperasi.

Automatic Transmission Indicator

Bisa jadi oli transmisi kurang atau matik bermasalah

4. AT (Automatic Transmission)

Mengingat Daihatsu Rocky terdapat juga varian transmisi otomatis CVT, maka apabila lambang ini menyala dapat menunjukkan adanya masalah pada sistem transmisi di mobil tersebut.

VSC indicator

Lambang indikator VSC

5. VSC (Vehicle Stability Control)

Dengan gambar kendaraan dan alur jalan slip, jika indikator ini menyala menadakan VSC sedang di non aktifkan pengemudi atau sedang ada malfungsi pada sistem tersebut.

Baca juga : Adu Spesifikasi Daihatsu Rocky Vs Suzuki Vitara Brezza, Mana yang Cocok Untuk Kaum Milenial?

Traction Control Indicator

Daihatsu Rocky juga punya fitur Traction Control

6. TRAC (Traction Control)

TRAC/off ini menyala menandakan fitur traction control sedang di non aktifkan pengemudi atau sedang ada masalah pada sistem tersebut.

Power Steering Indicator

Apabila menyala, ada masalah di sistem kemudi

7. EPS (Electric Power Steering)

Mengingat fitur Daihatsu Rocky satu diantaranya adalah keberadaan EPS, maka jika lambang ini menyala menandakan adanya malfungsi pada sistem, yang ditandai dengan steering terasa berat.

Airbags Indicator

Waspada jika lampu indikator ini menyala

8. Air Bags

Berupa gambar penumpang dan kantong udara didepannya. Jika indikator ini menyala menandakan adanya malfugnsi pada sistem air bag.

Immobilizer Indicator

Indikator menyala saat mesin sudah dinonaktifkan

9. Immobilizer

Gambar indikator merah akan menyala dan mengedip ketika kunci dilepas atau saat ada masalah pada sistem immobilizernya.

Keyless Indicator

Jika indikator berkedip padahal mesin hidup, maka ada masalah

10. Key Free

Untuk Daihatsu Rocky yang sudah bersistem keyless entry, apabila ada indikator gambar kunci dengan sinyal warna kuning menyala mengedip pada saat keadaan mesin masih hidup maka kemungkinan ada masalah pada sistemnya.

Baca juga : Daihatsu Rocky vs Suzuki Ignis: Profilnya Mirip Tapi Harga Beda Jauh, Pilih yang Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil