10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama?

Adit · 23 Sep, 2021 19:00

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 01

Perbandingan Honda BR-V 2022 dengan versi lama, bagus yang mana?

Honda BR-V 2022 menggebrak pasar lewat ubahan yang radikal dan signifikan. Honda seperti menjawab keinginan para konsumennya yang menghendaki Low SUV baru kaya akan fitur dan berpenampilan lebih gagah. 

BR-V generasi kedua ini juga jadi amunisi baru bagi pabrikan, karena permintaan model SUV yang cenderung mengalami peningkatan. Untuk itu, sekaligus sebagai upaya mengangkat pamor BR-V, Honda Prospect Motor merilis model penerusnya dengan revisi desain menyeluruh makanya disebut all new Honda BR-V. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 02

Honda BR-V 2022 punya tampilan yang lebih mewah sekarang.

Baca Juga: Honda BR-V 2022 Buatan Indonesia Bakal Diekspor Sampai ke Amerika dan Afrika

Redaksi AutoFun Indonesia sudah merangkum ragam ubahan pada Honda BR-V 2022. Banyak yang baru dibanding model sebelumnya. Mobil baru Honda ini juga membawa standar baru sebuah Low SUV 7-penumpang di Indonesia. Lalu apa saja bedanya dari versi lawas? 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Honda BR-V 2022 Pakai Platform Baru

Jadi mobil ini tak lagi pakai platform yang sama seperti Honda Mobilio. Wujudnya juga bukan sekadar Low MPV yang dipaksa menjadi Low SUV. Sebab rancang bangunnya sengaja didesain anyar untuk menyesuaikan kontur jalan di Indonesia. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 01

Honda BR-V 2022 pakai platform baru, tak lagi serupa Honda Mobilio.

"Yang sekarang pakai platform yang sama sekali baru, untuk menyesuaikan radius putar dan rigiditas mobil," jelas Product Planning & Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific, Yoshihiko Eguchi dalam sesi konferensi pers virtual saat peluncuran Honda BR-V 2022, Selasa (21/9).

Sayangnya tidak dijelaskan soal konsep platform anyar tersebut. Apa yang berubah dari platform sebelumnya dan apakah akan diterapkan pada model Honda lain, Eguchi tak merinci hal itu. 

2. Mesin Baru Seperti Honda City Hatchback RS

Yang namanya all new, tak afdal kalau sektor jantung mekanis tak ikut direvisi. Maka dari itu mesin Honda BR-V 2022 ini juga mengalami ubahan. Masih 1.500 cc, namun ada ubahan jeroan mesin dari sebelumnya SOHC menjadi DOHC. Profil mesinnya serupa Honda City Hatchback RS. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 02

Honda BR-V pakai mesin DOHC yang sama seperti Honda City Hatchback, tak lagi SOHC.

Di atas kertas mesinnya itu menjanjikan tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Dayanya dikawinkan pada transmisi manual 6-percepatan atau CVT. 

Klaim Honda, penggunaan mesin baru ini lebih hemat konsumsi bahan bakarnya. Sebab torsi puncak bisa diraih pada putaran mesin yang relatif rendah, jadi pengemudi Honda BR-V 2022 tak perlu injak gas lebih dalam lagi ketika akselerasi. 

3. Interior Lebih Mewah

Interior juga berubah drastis. Tak lagi serupa Honda Mobilio atau Honda Brio. Yang satu ini lebih kental aura elegan dan mewahnya. Dari dashboard, jok, hingga material pelapis lainnya dilapisi warna hitam. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 03

Interior Honda BR-V 2022 jadi lebih mewah dan elegan.

Di dalam Honda BR-V 2022 tersemat head unit layar sentuh dengan koneksi smartphone, tetap ada pengaturan AC digital, juga multi information display baru pada panel meter mobil. Desain jok depan dibuat ala bucket, sehingga bisa menopang bagian samping tubuh lebih sempurna.

4. Fitur Baru

Standar baru yang dimaksud di awal adalah ragam fitur yang ditawarkan pada mobil baru Honda ini tak dimiliki para kompetitornya. Misalnya ada remote engine alias menghidupkan mesin lewat pencetan tombol di remote, lalu walk away auto lock, hingga Honda LaneWatch. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 04

Honda BR-V 2022 punya fitur keselamatan yang tak dimiliki kompetitornya.

Tak ketinggalan, Honda BR-V 2022 juga dilengkapi fitur keselamatan Honda Sensing. Kumpulan fitur keselamatan aktif ini tak dimiliki Toyota Rush, Suzuki XL7, atau Mitsubishi Xpander Cross. Bahkan lebih lengkap ketimbang Honda CR-V, fitur tersebut meliputi:

  • Adaptive Cruise Control
  • Lane Keep Assist System
  • Road Departure Mitigation
  • Collision Mitigation Brake System
  • Auto High Beam
  • Lead-Car Departure Notification.

5. Dimensi Lebih Besar 

Karena penggunaan platform anyar dan desain baru, membuat ukuran Honda BR-V 2022 membengkak dari versi terdaulu. Dimensi Honda BR-V dulu memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, dan wheelbase 2.662 mm. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 05

Honda BR-V 2022 punya ground clearance yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Nah pada versi terbarunya punya panjang 4.490 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.685 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm. Lebih besar sedikit memang, tapi ada baiknya sebelum beli pastikan garasinya muat ya!

Baca Juga: Angka Penjualannya Terus Turun, Ini Dua Kekurangan Honda BR-V Yang Siap Berganti Model

6. Desain Lampu Sepenuhnya LED

Paling menarik dilihat adalah desain lampu utama Honda BR-V 2022. Sekarang sudah sepenuhnya LED. Kalau dulu meskipun proyektor tapi pancaran cahayanya masih dari lampu halogen. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 06

Lampu depan dan belakang Honda BR-V 2022 sudah pakai LED.

Selain itu juga memiliki daytime running light (DRL) yang jelas, bukan sekadar LED positioning light. Adapun lampu belakang juga berubah total, pakai LED garis yang lebih nyaman dipandang. 

7. Fascia Lebih Modern

Setuju atau tidak, fascia atau wajah Honda BR-V 2022 jadi terlihat lebih gagah. Karakter SUV pada mobil tersebut lebih terpancar karena posisi kap mesin yang dibuat lebih tinggi. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 07

Fascia Honda BR-V 2022 berubah total, mengusung konsep 'Jetliner'.

Desainnya dari depan minimalis dan sederhana. Namun karena banyak tarikan garis horizontal, membuatnya lebih modern dan dinamis. Secara keseluruhan, Low SUV ini tetap mempertahankan desain lamanya seperti penggunaan underguard, roof rail, serta over fender hitam. 

8. Ground Clearance Lebih Tinggi

Platform baru yang diaplikasikan juga membuat perawakan Honda BR-V 2022 lebih jangkung dari sebelumnya. Karena dulu basisnya Low MPV yang jarak terendah ke tanahnya cuma 201 mm, maka versi terbaru ini pakai velg baru dan naik menjadi 220 mm. Alias sama seperti Toyota Rush, tapi lebih rendah dari Mitsubishi Xpander Cross mencapai 225 mm. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 08

Ground clearance Honda BR-V 2022 220 mm, seperti Toyota Rush jadinya.

9. Fitur Power Outlet Baris Ketiga

Honda Indonesia tak mau setengah-setengah melansir mobil barunya dengan fitur yang nanggung. Oleh karena itu, pabrikan coba menawarkan kenyamanan berlebih bagi setiap penumpang Honda BR-V 2022. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 09

Power outlet pada Honda BR-V 2022 tersedia sampai baris ketiga.

Bila biasanya fasilitas pengecasan gawai cuma ada di baris depan atau tengah, maka fitur power outlet juga sudah tersedia pada BR-V terbaru ini. Bukan yang pertama memang, karena model lain sudah lebih dulu menerapkannya. 

10. Varian Honda BR-V Bertambah

Ya bertambah, sebelumnya cuma 4 varian yang dilepas ke pasaran. Namun pada Honda BR-V 2022 bertambah satu lagi jadi ada 5 tipe yang akan tersedia nanti. Tipe tersebut meliputi S M/T, E M/T, E CVT, Prestige, dan Prestige Honda Sensing. 

10 Perbedaan Honda BR-V 2022 dengan Model Lawas, Keren yang Baru atau Lama? 10

Dulu cuma 4, Honda BR-V 2022 sekarang punya 5 varian total.

Model yang disebutkan terakhir merupakan tipe yang paling tertinggi dan punya fitur terlengkap. Sayangnya HPM belum merilis harga resminya. Rencana pengumuman harga dilakukan tahun ini dan distribusi unit awal pada tahun depan. 

Namun demikian pemesanan sudah bisa dilakukan dengan harga mulai dari Rp 260 juta. Honda BR-V 2022 tahun depan selain diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, juga akan disuplai ke lebih dari 30 negara.  

Baca Juga: Sejarah Honda BR-V, Lahir Dari Basis Honda Mobilio hingga Munculnya Sosok N7X Concept

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru