window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1)

Yongki Sanjaya · 7 Jan, 2023 12:30

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 01

Adanya akses Tol Trans Jawa mempermudah bus antar kota antar provinsi (AKAP) untuk beroperasi serta waktu tempuh yang dibuat semakin singkat. Hal ini lantas mendorong Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia terus melakukan inovasi untuk mengembangkan layanannya. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan bus tingkat atau double decker kelas eksekutif yang lebih premium.

Pasalnya kondisi geografis dan kondisi jalan yang dilalui kini cukup baik, sehingga sangat ideal buat bus-bus berlantai dua itu. Dengan mengoperasikan bus double decker, dapat membawa jumlah penumpang yang cukup banyak. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Alasan Bus Malam Jarang Mematikan Mesin Saat Isi Solar atau Istirahat di Rumah Makan

Dikritik Penikmat Traveling Akibat Pakai Double Glass, Trend Bus Kaca Tunggal Akhirnya Kembali Hadir di Indonesia

Imbas Pandemi, Bus Legendaris PO Mandala Pamit Dari Jalur AKAP Bandung-Surabaya

Mundur ke belakang, bus tingkat sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Pada masa orde lama dan orde baru, bus double decker sudah beroperasi di kota-kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta sebagai bus kota. Namun sejak tahun 90-an akhir, eksistensinya meredup hingga sempat menghilang selama belasan tahun. 

Kini, bus double decker hadir sebagai kendaraan antar kota yang cukup mewah dengan kelas eksekutif, maupun super eksekutif. Fasilitas kursi dengan legrest dan monitor audio video on demand cukup lumrah tersedia untuk memanjakan penumpang sepanjang perjalanan. Dalam bus pun sudah tersedia toilet untuk buang air kecil, sehingga tak perlu sering-sering berhenti di rest area. 

Lantas apa saja perusahaan otobus yang mengoperasikan bus tingkat di Jawa? Berikut ini daftarnya. 

1. Rosalia Indah, Perusahaan Otobus Pemilik Bus Tingkat Terbanyak

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 01

Perusahaan Otobus yang satu ini berhasil meraih predikat sebagai operator pemilik bus double decker terbanyak di Indonesia saat ini. Hal itu bahkan ditasbihkan melalui rekor Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI). Total hingga saat ini ada 25 bus double decker. 

Perusahaan yang bermarkas di Palur, Karanganyar, mengoperasikan bus tingkat dari merek asal Swedia yaitu Volvo B11R dan Scania K410ib. Bus tingkat Rosalia Indah ini melayani rute ke Blitar, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Jember. 

Bus tingkat yang dimiliki oleh Rosalia Indah biasanya memberikan tiga kelas pelayanan. Pertama ada First Class dengan sleeper seat, kemudian Super Top dengan susunan dua kanan dan satu kiri (2-1) dan di dek atas ada Executive Plus. Makin istimewa, dalam bus tingkat ini memiliki pramugara atau pramugari untuk melayani kebutuhan penumpang sepanjang perjalanan. 

2. PO. Lorena-Karina, Penyedia Bus Tingkat Kelas Eksekutif ke Madura dan Malang

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 02

Perusahaan bus legendaris yang bermarkas di Tajur, Bogor, ini juga menjadi salah satu penyedia layanan bus tingkat kelas eksekutif dalam bendera Lorena atau Karina. Kini bus tersebut melayani rute ke Madura dan Malang, setelah sebelumnya sempat dioperasikan ke Jember. 

Perusahaan yang didirikan oleh GT Surbakti ini masih setia memakai produk asal Jerman, Mercedes-Benz untuk trayek AKAP mereka. Untuk bus tingkatnya, mereka memakai produk seri OC RF 2542 yang juga dijuluki sebagai Mercy Tronton.

3. PO. Harapan Jaya, Perusahaan Bus Kenamaan Jawa Timur

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 03

Bila Rosalia Indah membuka rute bus tingkat kelas eksekutif hingga first class ke Jawa Timur, maka untuk di wilayah ini ada Harapan Jaya sebagai perusahaan otobus pemain lokalnya. Bus ini melayani rute Tulungagung dan Surabaya ke Jakarta untuk armada double decker mereka. Semua unit bus double decker milik perusahaan asal Tulungagung ini berjalan di atas sasis Scania K410iB.

PO Harapan Jaya memiliki beberapa unit bus double decker garapan karoseri ternama, seperti Jetbus 2+ SDD dari Adiputro, Legacy SR2 Double Decker buatan Laksana dan Avante D2 dari karoseri Tentrem. Bus tingkat milik PO Harapan Jaya, terdiri dari dua kelas pelayanan, yaitu sleeper seat dan super luxury, dan kelas eksekutif.

4. Sinar Jaya, Operator Bus Tingkat Kebanggaan Masyarakat Ngapak Area

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 04

Buat kamu yang berasal dari kawasan Ngapak Area seperti Banyumas, Tegal, Brebes, dan wilayah Jawa Tengah bagian barat tentu sudah tidak asing dengan perusahaan otobus bernama Sinar Jaya. Tak cuma mengoperasikan bus single deck, bus yang memiliki garasi utama di Cibitung, Bekasi, juga mengoperasikan bus double decker untuk penumpang hingga ke Jawa Timur. 

Bus ini hadir dalam kelas eksekutif untuk penumpang yang akan menuju Surabaya, Malang, atau Yogyakarta. Sinar Jaya juga mengandalkan bodi Jetbus 2+ SDD buatan karoseri Adiputro dengan mesin Mercedes-Benz OC RF 2542. 

5. PO Agra Mas, Si Semut Merah

10 Perusahaan Otobus yang Mengoperasikan Bus Tingkat Kelas Eksekutif di Jawa, Semewah Apa? (Part 1) 05

L

Perusahaan bus Agra Mas ini mendapat julukan semut merah karena armada mereka yang umumnya berwarna merah cerah. 
PO Agra Mas memulai operasional armada bus double decker pada 2018. Bus tingkat Agra Mas ini melayani rute ke Solo-Wonogiri dan Yogyakarta. 

Sasis yang digunakan adalah Mercedes-Bez OC 500 RF 2542. Selain itu, PO Agra Mas juga punya bus double decker lain yang menggunakan sasis Scania K410ib. Seluruh armada bus tingkat milik Agra Mas merupakan garapan Karoseri Adiputro di Malang. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil