window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong

Ilham · 28 Jun, 2022 15:07

17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong 01

  • 17 mobil ringsek karena kecelakaan beruntun di Tol Cipularang.
  • Kejadian berlangsung Minggu (26/6/2022) di KM92 arah Jakarta.
  • Tak ada korban meninggal dunia di kecelakaan ini.

Kecelakaan beruntun kembali terjadi di Tol Cipularang. Kali ini insiden yang terjadi pada Minggu (26/6/2022) malam tersebut bukan hanya melibatkan 3-5 mobil, namun 17 kendaraan sekaligus!.

Dilansir pihak Jasa Marga, titik kecelakaan Tol Cipularang kali ini ada di Plered KM 92 arah Jakarta. Saat penanganan, arus lalu lintas dari Bandung ke Jakarta macet hingga dilakukan pengalihan lalu lintas keluar di GT Padalarang Timur.

Baca Juga: Permintaan Daihatsu Sigra Lagi Tinggi-Tingginya, Tapi Konsumen Harus Rela Nunggu Selama Ini?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Libatkan 17 Mobil dan Belasan Orang Terluka

Kejadian tersebut juga viral dari video yang tersebar di berbagai jejaring sosial media. Diantaranya video yang tersebar di Twitter pada Senin dini hari (27/06/2022), yang memperlihatkan mobil-mobil dalam kondisi rusak.

17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong 01

Libatkan banyak mobil

Selain itu, ada juga wanita yang menjelaskan situasi kecelakaan dengan penyebabnya adalah bus yang mengalami rem blong.

"Alhamdulillah, aku, bapakku, suamiku dan adikku selamat. Kita berempat habis nengok anak dari Bandung, Alhamdulillah selamat. Ini tabrakan beruntun di KM 92 ada 15 mobil. Awalnya bis ini kayaknya remnya blong dan sekarang kayaknya supirnya kabur. Nih kecelakaan di KM 92 Bandung menuju Jakarta," katanya.

Dilansir dari NTMC Polri, dalam kecelakaan ini, 4 orang mengalami luka berat. Sedangkan beberapa korban lainnya mengalami luka ringan. Para korban dilarikan ke RS Abdul Rajak dan Siloam.

Baca juga : Pakai Sopir Cadangan, Bus Pariwisata Alami Kecelakaan Maut di Mojokerto, 14 Penumpang Tewas

Bus Rem Blong Jadi Penyebabnya

Dalam kronologi kejadian, para saksi mata dan korban selamat menuturkan jika kondisi lalu lintas di KM 92 saat itu cukup tersendat. Tiba-tiba, dari arah belakang terdengar suara tabrakan.

17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong 02

Kondisi mobil korban hancur

"Kondisi laju jalan itu lagi agak tersendat. Tiba-tiba dari belakang ada suara duar. Kemudian nabrak bus. Paling depan ringsek,” kata Bayu korban selamat di lokasi kejadian.

Lebih lanjut, mobil yang dikendarainya juga terimbas kecelakaan beruntun tersebut. Kendaraannya terhenti setelah menabrak tembok. “Saya terhenti karena menabrak tembok sebelah kanan. Jadi dempet sama bus,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang, AKP Denny Catur menyebutkan jika kecelakaan beruntun terjadi bermula ketika bus Laju Prima bernomor polisi B 7602 XA meluncur dari Bandung ke Jakarta dalam kondisi rem blong. Kemudian bus tersebut menghantam beberapa kendaraan di depannya.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong. Sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya. Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus karena memang saat kejadian situasi lalu lintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalu lintas," katanya seperti dilansir dari Antara.

Tol Cipularang Banyak Turunan dan Tanjakan Panjang

Seperti diketahui, lokasi kejadian merupakan salah satu titik rawan di Tol Cipularang, yakni KM 101-87 dari Bandung ke Jakarta. Di lokasi tersebut, kerap terjadi kecelakaan karena konturnya menurun dan berkelok.

17 Mobil Kecelakaan di Tol Cipularang, Lagi-lagi Akibat Bus Rem Blong 03

Bus seruduk belasan mobil lain

Tak sedikit kecelakaan di area tersebut yang diakibatkan rem blong dari bus atau truk. Sehingga para pelintas di titik tersebut wajib ekstra hati-hati dan menambah kewaspadaan.

Baca juga : Salah Pasang Karpet Mobil Bisa Bikin Kecelakaan, Apa Iya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil