2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini

Prasetyo · 11 Jan, 2022 12:01

2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini 01

 Teaser dua mobil baru Toyota Gazoo Racing
  • Dua produk baru Toyota Gazoo Racing ini diperkenalkan di Tokyo Auto Salon 222
  • Ada Toyota GR GT3 Concept 2022
  • Satunya lagi Toyota GRMN Yaris yang rencananya cuma diproduksi 500 unit

Toyota Gazoo Racing (TGR) baru saja mengumumkan bakal merilis mobil konsep yang dinamai Toyota GR GT3. Mobil ini akan diungkap bertepatan dengan perhelatan Tokyo Auto Salon 2022 yang diselenggarakan 14-16 Januari di Makuhari Messe International Convention Complex Int'l Exhibition Halls, Jepang.

Sebagai divisi motor sport Toyota, TGR mengungkapkan siap tampil dengan kekuatan penuh di pameran modifikasi tahunan itu. Bahkan bukan cuma bakal menampilkan Toyota GR GT3 Concept, namun Toyota GRMN Yaris juga akan resmi dirilis.

Seperti apa dua mobil baru dari Toyota GR ini? Mari kita ulas lebih rinci.

Toyota GR GT3 Concept Berwujud Sport Car 2 Pintu

2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini 02

Teaser Toyota GR GT3 Concept

Toyota belum membocorkan informasi apapun terkait GR GT3 Concept. Hanya ada satu gambar teaser yag disebar melalui media sosial. Foto ini memperlihatkan siluet tubuh GT3 dari arah samping.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Modelnya terlihat seperti sport car coupe 2 pintu dengan bonet panjang. Dibagian depannya terlihat seperti ada lampu DRL LED berbentuk L. Kemudian lengkung fendernya terlihat mesar mendekati kap mesin. Sementara kap mesin sendiri seperti ada kisi-kisi udara.

Baca juga : Ditawarkan Rp2,2 Miliar, Ini Kehebatan Toyota GR Supra yang Dijual di Indonesia

Bagian atapnya rendah dengan kaca jendela kemungkinan model frameless. Lantas di bagian belakang struktur bodi menukik. Tapi ada spoiler besar disana yang sepertinya ingin mencirikan jika GR GT3 akan menjadi sportcar bertenaga hardcore.

GR GT3 Akan Lebih Kuat dari Toyota GR Supra?

2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini 01

Diyakini inilah sosok GR GT3 Concept

Tidak dijelaskan apakah model ini nantinya akan menggunakan mesin pembakaran internal. Atau apakah akan jadi model GR hybrid berikutnya. Bahkan bisa saja Toyota mengembangkan sport car hidrogen.

Namun sejumlah kalangan menilai jika GR GT3 adalah versi lebih kuat dari GR Supra. Tenaganya diperkirakan diatas 400 PS. Tapi apakah itu benar juga belum ada yang bisa meyakinkan dengan fakta lanjutan.

Baca juga : Siapkan Kocekmu, Toyota GR Yaris Versi Lebih Kencang Dirilis Januari 2022

Toyota GRMN Yaris Juga Akan Dirilis

2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini 02

Teaser Toyota GRMN Yaris

Selain GR GT3 Concept, Toyota juga akan merilis GRMN Yaris di pameran tersebut. Sebagai informasi, mobil ini akan dijual sangat terbatas, yaitu 500 unit saja yang diprediksi bakal jadi rebutan penggemarnya dari seluruh dunia.

Menggunakan basis model dari GR Yaris RZ High Performance, GRMN Yaris akan menjadi tipe yang lebih kuat dari GR Yaris. Tim Toyota Gazoo Racing sudah memastikan kalau hot hatch ini dikembangkan bersama beberapa pembalap profesional Toyota untuk menjamin terciptanya akselerasi dan performa kendaraan yang maksimal baik di jalan raya maupun di atas trek sirkuit.

 

2 Mobil Baru Toyota Gazoo Racing Edisi Sangat Terbatas Dirilis Pekan Ini 03

Toyota GRMN Yaris saat diuji coba

Toyota pun sudah membagikan gambar teaser dari GRMN Yaris. Lihat saja bagaimana mobil ini akan punya kap mesin dengan lekuk lebih agresif. Kemudian di bemper depan juga terlihat seperti ada sayap tambahan pada bagian sisinya. Sementara di belakang ditambah pula spoiler berukuran cukup besar.

Untuk mesinnya diperkirakan tetap pakai engine 1.6-liter tiga silinder Turbocharged yang kini ada di GR Yaris. Tapi diprediksi ada peningkatan poer dan torsi sekitar 275-300 PS dan 390-400 Nm.

Baca juga : First Drive Toyota GR Yaris: Sensasi Mendebarkan Saat Menjinakkan Si Hatchback Seksi Pelahap Medan Reli

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru