2019 Honda CR-V vs 2019 Mazda CX-5

Sangat jarang kami bisa mengendarai dua kendaraan dari kelas yang sama untuk perbandingan head-to-head klasik. Berkat popularitas SUV ukuran menengah, Honda CR-V dan Mazda CX-5 keduanya merupakan pilihan bagi pembeli yang lebih menyukai kenyamanan dan penyempurnaan di atas segalanya.

Kedua pilihan ini yang dilengkapi dengan powertrain diesel dan all wheel drive, bisakah Honda, favorit masa kecil mengalahkan Mazda, salah satu yang terbaik di segmen ini? Baca sampai habis.

Honda CR-V vs Mazda CX-5 2019: Eksterior 

Desain CR-V telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari tampilan kotak generasi pertama, eksterior Honda CR-V sudah menjadi lebih lembut, bulat, dan lebih halus selama beberapa dekade. Sehingga estetika fungsionalnya agak berantakkan dan tidak minimalis — yang terkadang menjadi barometer untuk kesan premium yang menjadi tren saat ini.

Dengan begitu, Mazda memenangkan ronde ini. Kap yang panjang, garis yang bersih, dan lekukan yang ramping membuat CX-5 terlihat lebih premium dari harganya. Model generasi kedua, dengan grille sayap besar dan headline yang ramping memberikannya fasia yang klasik namun sporty.

Pemenang: Mazda CX-5

Honda CR-V vs Mazda CX-5 2019: Interior  

Keduanya bertarung sengit dalam hal yang satu ini, tetapi pada akhirnya, Mazda CX-5 menang dengan keunggulan tipis. Keduanya merupakan varian top-of-the-line, tidak ada keraguan dalam hal finishing interior. Keduanya memiliki kursi kulit yang ergonomis dan mewah, dan panel instrumen menyenangkan yang mudah dipahami dan digunakan.

Yang membuat CX-5 menang adalah kabin terasa lebih premium. Seperti eksteriornya, Mazda telah menyelesaikan tugasnya dalam membuat interiornya terlihat dan terasa satu kelas di atasnya. Ini menjadi lebih jelas ketika Anda mulai melihat bagaimana rasa penekanan tombolnya terasa lebih tajam dan aksen logam terasa jauh lebih meyakinkan.

Pemenang: Mazda CX-5

Honda CR-V vs Mazda CX-5 2019: Ruang dan Praktikalitas  

Di sinilah Honda menang telak. Jika ada satu hal yang merupakan keahlian Honda selama bertahun-tahun, itu adalah mereka dapat memaksimalkan ruang kendaraan; CR-V tidak terkecuali. Ada banyak ruang di setiap baris, bahkan hingga ruang kargo. Yang lebih baik adalah CR-V dikonversi menjadi 7 kursi untuk perjalanan cepat, meningkatkan kepraktisannya dibandingkan dengan 5 kursi di CX-5.

Lebih dari sekadar ruang yang banyak, CR-V juga memberikan visibilitas menyeluruh yang lebih baik daripada CX-5. Sementara Mazda memilih untuk membungkus pengemudinya dengan sabuk tinggi, CR-V melakukan hal sebaliknya. Ini menjadikan CRV pilihan yang jauh lebih baik untuk keluarga yang mungkin memiliki anak yang takut dengan tempat sempit.

Pemenang: Honda CR-V

Honda CR-V vs Mazda CX-5 2019: Performa dan Ekonomi Bensin  

Dengan keunggulan mesin yang cukup besar, CX-5 sekali lagi mengalahkan CR-V. Tanpa drive back-to-back, output 120-horsepower CR-V mungkin terasa cukup, tetapi begitu Anda mencoba Skyactiv-D 175 horsepower, semuanya berubah.

Ada sesuatu dari Mazda yang tidak bisa ditandingi Honda. Pada setiap upaya akselerasi, CR-V akan berhenti selama sepersekian detik sebelum tenaga masuk, seolah-olah memutuskan apakah akan merespons input throttle pengemudi atau tidak. Di sisi lain, CX-5 memberikan gelombang yang terus menerus.

Selain itu, CX-5 jelas lebih tenang dari keduanya. Kedua mobil ini memiliki bunyi diesel clatter, tetapi pada Honda, lebih terdengar, kadang-kadang bahkan mengalahkan suara radio. Sebagai perbandingan, Mazda tetap tenang hanya dengan suara rendah yang sama sekali tidak mengganggu.

Dalam hal mengemudi dan handling, CR-V jelas lebih nyaman dengan suspensi yang lembut. Ini menghasilkan pengalaman mengemudi kecepatan rendah yang baik, tetapi terasa agak aneh pada kecepatan yang lebih tinggi. Di sisi lain, CX-5 mungkin memiliki suspensi lebih kencang, tetapi dia lebih netral, responsif, dan lebih halus pada kecepatan apa pun.

Pemenang: Mazda CX-5

Honda CR-V vs Mazda CX-5 2019: Nilai untuk Uang  

Dengan perbedaan harga kecil diantara mereka, CR-V adalah pilihan yang lebih hemat, terutama jika seseorang menilai sepenuhnya hanya dari lembar spesifikasi. Andalannya tentu adalah Honda SENSING yang mengintegrasikan hal-hal seperti Forward Collision Mitigation dan Adaptive Cruise Control — hal-hal yang tidak Anda dapatkan di CX-5. Lalu ada moonroof dua panel yang lebih besar dan juga tujuh kursi.

Di sisi lain, CX-5 juga memberi perlawanan, tetapi sebagian besar melalui kemewahan. Dengan sistem suara Bose, kursi depan bertenaga (CR-V hanya memiliki penyesuaian listrik untuk pengemudi), dan indikator titik buta (CR-V memiliki kamera Honda Watch Lane). Sementara fitur-fitur ini bagus untuk mereka yang mencari hal-hal yang lebih baik, bagi orang Filipina biasa, ini mungkin terasa seperti fitur yang kurang berguna.

Pemenang: Honda CR-V

Kesimpulan

Memilih pemenang sangat sulit. Kedua crossover kompak ini mewakili yang terbaik dari segmen ini, tetapi pada dua bidang yang berbeda.

Di satu sisi, ada CX-5 yang menawarkan tampilan dan nuansa berkelas atas dengan dinamika berkendara yang setara. Di sisi lain, ada Honda CR-V yang mungkin tidak sebagus atau semewah Mazda CX-5, tetapi mencatatkan skor tinggi dalam hal kepraktisan.

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Berita Terbaru

Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Panduan Membeli
Mengetahui Konsumsi BBM Suzuki Jimny, Pantaskah Dibilang Irit? Pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, sempat dihebohkan salah satu jenama mobil asal Jepang, di mana Suzuki kembali memperkenalkan Jimny terbaru.Sebagai mobil petualang, SUV dengan Wheelbase pendek dan bermodelkan sasis tangga ini, sudah tidak lagi menggunakan mesin kecil 1.000 cc yang dianggap kurang bertenaga.Pada Jimny generasi keempat, Suzuki telah menanamkan mesin baru berkodekan K15B pada SUV berkonfigurasi empat penumpang ini. Yang mana diketahui mesi
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Reviews
Sensasi Berkendara Toyota C-HR, Apakah Lebih Asyik daripada Honda HR-V? Toyota C-HR mungkin kalah pamor dengan beberapa crossover merek lain yang ada di Indonesia. Mungkin bagi banyak orang, mobil seharga Rp509 jutaan ini kemahalan. Untuk model yang lebih valuable, masih ada Honda HR-V yang tak kalah keren.Sekalipun mahal, Toyota C-HR bukan berarti tidak menarik. Mobil ini menawarkan suatu kenikmatan fun to drive ala Toyota. Penampilannya lebih agresif dengan sudut-sudut tegas.Sebelum membahas soal impresi berkendara, kita harus tahu juga spesifikasi Toyota C-HR yan
 Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Berita
Toyota Corolla Cross Resmi Debut di Thailand! Bukan Sedan apalagi Hatchback Toyota Corolla Cross akhirnya resmi meluncur di Thailand. Belakangan ini kabar mengenai calon mobil baru Toyota ini memang cukup menghebohkan dunia maya. Selain menjadi mobil dengan model baru, produk SUV ini juga heboh karena menggunakan sebuah nama yang sudah eksis dan sukses akan model sedan Toyota. Nyaris tak ada DNA Corolla sedan pada mobil ini. Wajar saja karena mobil baru ini adalah SUV. Hanya saja, kesamaannya adalah rancang bangun yang menganut Toyota New Global Architecture (
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Berita
Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis Mercedes-Benz S-Class yang merupakan sedan flagship merek three pointed star ini memiliki infotainment canggih. Bernama Mercedes-Benz User Experience atau disingkat MBUX, fitur ini sudah menjadi gebrakan saat pertama kali diperkenalkan saat 2018 silam.Nah, baru saja Mercedes-Benz memperkenalkan generasi terbaru dari MBUX. Walau teknologi MBUX generasi pertama masih jauh dari kata usang atau bahkan ketinggalan zaman, namun pabrikan asal Jerman ini tetap memberikan peningkatan kemampuan infotainmn
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Panduan Membeli
Perbandingan Spesifikasi Wuling Confero S dan Suzuki Ertiga, MPV Keluarga Masa Kini Sejak Wuling Confero diperkenalkan pada 2017 silam, kehadirannya langsung menggebrak segmen MPV keluarga Tanah Air. Bersaing dengan Ertiga dengan harga mulai dari Rp205 jutaan, spesifikasi Wuling Confero S yang dibanderol Rp197 jutaan hampir sama baiknya.DimensiMobil Wuling Confero masuk ke dalam segmen Low MPV dengan dimensi yang hampir sama dengan Ertiga. Tapi kabin Confero cukup lapang dengan wheelbase 2.720 mm. Namun keunggulan Confero S adalah kapasitas bagasi yang terbaik dibandingkan segm

Lebih

Rekomendasi Mobil

Terbaru Populer
Mazda CX 8
Rp 664,80 - 746,80 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Mercedes-Benz A-Class Sedan
Rp 899,00 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Avanza
Rp 191,10 - 221,25 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Brio
Rp 147,00 - 199,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Kijang Innova
Rp 312,05 - 414,75 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Jazz
Rp 249,50 - 292,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Civic
Rp 527,90 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Toyota Agya
Rp 138,20 - 158,60 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Nissan Livina
Rp 205,30 - 269,10 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Mobilio
Rp 203,00 - 258,50 TBC Juta
Dapatkan Harga Terbaik