Beli Mobil Bekas Taksi, Toyota Vios Cuma Rp 80 Jutaan Dapat Mulus? 

Membeli mobil bekas jadi pilihan yang rasional bagi sebagian orang. Dengan harga yang lebih terjangkau, kita bisa mendapat mobil sesuai keinginan. Bila mencari mobil bekas tahun muda, pilihan yang ada cuma LCGC seperti Toyota Agya atau mobil bekas taksi seperti Toyota Vios.

Seperti kita ketahui, mobil taksi ini akan mengalami peremajaan minimal setiap lima tahun sekali. Harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari harga pasaran pada umumnya. Pilihannya juga beragam, mulai dari Toyota Limo, Mercedes-Benz E200 dan C200, sampai Toyota Alphard, serta Honda Mobilio

Membeli mobil bekas taksi tidak sama seperti mobil bekas lainnya. Ada beberapa hal teknis yang perlu lebih diperhatikan calon pembeli. 

Sebab, taksi sewaktu menjadi kendaraan umum telah berjalan dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Sehingga, kondisinya tentu berbeda dibandingkan mobil bekas pribadi. Banyak juga yang menyebut kalau mobil bekas taksi ini mobil capek. 

Satu keuntungan ketika kita membeli mobil bekas taksi adalah soal jaminan dan harga yang kompetitif. Kita juga tidak perlu repot mengurus migrasi perpindahan dari pelat kuning ke hitam, karena semua sudah ditangani oleh perusahaan taksi. 

Dengan kondisi yang masih cukup mulus, Toyota Limo bekas taksi bisa kita beli dengan harga di bawah Rp 90 jutaan. Tentu selisihnya cukup jauh bila dibandingkan dengan Toyota Vios bekas non taksi yang harganya hampir Rp 150 jutaan. 

Perusahaan taksi besar seperti Blue Bird bahkan juga menjual Toyota Limo yang sudah di-convert sebagai Vios. Kerennya lagi, taksi yang selama ini pakai transmisi manual pun saat kita beli unit bekasnya bisa minta diubah jadi metik. 

Perbedaan Toyota Vios dan Limo, Mirip Tapi Tidak Sama

Ada perbedaan mendasar dari mapping ECU pada Toyota Limo yang kurang lari daripada Vios.

Mungkin, ada perusahaan taksi yang menawarkan unit bekasnya sebagai Vios atau istilahnya convert ke Vios. Tapi sebenarnya, unit tersebut tetaplah Toyota Limo sebagai basisnya. Sekalipun keduanya memakai basis yang sama, ada beberapa perbedaan mendasar yang membuat kasta Toyota Limo di bawah Vios. 

Pedagang yang nakal kadang menutupi bila unit mobil yang ia jual sebenarnya bekas taksi. Ini terjadi bila mobil tersebut bukan dijual langsung oleh perusahaan taksi, tapi sudah oleh dealer mobkas.

Pada dasarnya Limo hanya dibekali aksesori yang tak selengkap Vios. Tetapi bagian mesin, bodi dan sasis sama persis dengan Vios. ECU di Toyota Limo juga berbeda setelannya karena dirancang supaya mengejar irit untuk jarak tempuh tinggi.

Secara fisik luar, grill Toyota Vios terdapat aksen krom, sedangkan Limo masih menggunakan grill berkelir standar. Kemudian untuk handle pintu, Toyota Vios dilengkapi dengan handle berbahan krom. Sementara itu, handle pintu luar limo masih sewarna dengan bodi mobil.

Perbedaan mencolok dari keduanya yaitu dari jarak tempuh. Apabila spidometer masih bawaan, jelas terlihat bila jarak tempuh Limo jauh lebih tinggi. Dalam lima tahun, mobil bisa menempuh hingga lebih dari 300 ribu kilometer.

Bila kita bandingkan dengan mobil pribadi, selisihnya jauh sekali. Dengan tahun pemakaian yang sama, biasanya jarak tempuh mobil pribadi masih sekitar 100-150 ribu kilometer. Dengan kata lain, Toyota Limo rata-rata mobil capek karena jarak tempuh yang tinggi.

Mobil Bekas Taksi Apakah Terjamin Soal Perawatan?

Poin inilah yang jadi pikiran banyak orang saat akan beli mobil bekas taksi seperti Toyota Vios. Namanya mobil capek, kita harus tahu bagaimana soal perawatannya. Pihak Blue Bird selaku perusahaan taksi memastikan sebelum unit bekas taksi dipasarkan, sudah menjalani serangkaian proses perbaikan dan jaminan perawatan berkala.

Dengan uang Rp 80 jutaan, kita bisa membeli Toyota Limo bekas taksi yang sudah full convert sebagai Vios. Harga tadi nyaris setengah harga normal Toyota Vios bekas di kisaran Rp 150 jutaan.

Bila ingin yang lebih murah juga ada, tapi kondisi fiturnya juga tidak istimewa, khas taksi. Taksi umumnya memakai mobil tipe terbawah, maka belum dilengkapi dengan power window, central lock, dan sistem audio radio/cd standar.

Jaminan Dari Perusahaan Taksi, Mobil Jelek Ganti Unit Lain 

Apabila membeli mobil langsung di perusahaan taksi, biasanya ada garansi tertentu. Bila mobil yang kamu pilih terasa tidak enak, bisa ganti pilihan ke mobil lain. Kita diperbolehkan test drive sampai benar-benar mendapat mobil yang nyaman dikendarai dan kondisinya sehat.

Misalnya dari sekian banyak mobil, ada satu unit yang menurut kamu yang paling bagus tapi kondisinya sedikit kurang enak, kita bisa langsung komplain ke perusahaan taksi agar segera diperbaiki. Pihak perusahaan taksi besar seperti Blue Bird juga memberikan garansi atau gratis perawatan selama sebulan pertama apabila muncul keluhan.

Kesimpulan

Untuk kamu pengguna motor yang ingin beralih ke mobil, memilih unit bekas taksi mungkin cukup menarik dari harga yang ditawarkan. Kalian cukup membawa rekan yang paham kondisi mobil, untuk membantu memilihkan unit yang kondisinya paling sehat. 

Memang, biaya perawatan dari mobil bekas taksi berpotensi akan sedikit mahal karena kondisinya sebagai mobil capek. Pastikan part seperti shockbreaker dan kaki-kaki hingga mesin dalam kondisi sehat sehingga terbebas dari servis besar.

Jadi dengan kocek terbatas, kita bisa dapat sedan mulus dong?  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Vios

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2018 Honda ACCORD VTI-L 2.4

Rp 365,00 Juta
Rp 7,44 Juta/bln

73.224 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

New 2021 Toyota Vios sedan with new exterior and interior design || Design & Interior

New 2021 Toyota Vios GR Sport is one good looking sedan | Design & Interior

2021 Toyota Vios GR-S Review: Drive, Interior & Exterior

ALL NEW 2021 Toyota Vios Affordable Sedan

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Toyota Vios
    Rp 252,40 Juta
    VS
    Honda City
    Rp 337,00 Juta
    Vios vs City
  • Toyota Vios
    Rp 252,40 Juta
    VS
    Mazda 2 Sedan
    Rp 333,80 Juta
    Vios vs 2 Sedan
Toyota Vios
Lihat