Rahasia Ketangguhan Mesin Isuzu Panther, Kini Diwariskan ke Traga

Isuzu Panther terkenal sebagai mobil dengan mesin yang perawatannya mudah. Panther baik yang model terbaru atau lama digemari karena mesinnya tangguh. Setelah tidak diproduksi, apakah mesin Isuzu Panther ikut punah?

Tidak bisa dipungkiri, eksistensi Isuzu Panther terus menurun seiring perubahan selera masyarakat yang beralih ke SUV dan MPV yang lebih kaya fitur. Itulah mengapa Isuzu Panther juga sulit mengimbangi rivalnya yaitu Toyota Kijang yang semakin mewah dalam era Kijang Innova.

Keberadaan Isuzu Panther di Tanah Air mampu bertahan hingga 2 dekade karena berbekal teknologi yang relatif sederhana untuk ukuran MPV medium. Walaupun pamornya terus menurun, Isuzu tahun lalu menegaskan akan terus memproduksi Panther sampai memasuki era Euro 4.

Isuzu Indonesia hingga tahun lalu memasarkan Isuzu Panther dalam lima pilihan tipe, yaitu Grand Touring, Touring, LV, LS, dan Smart. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp279,1 juta hingga Rp332,3 juta. Artinya, cuma Indonesia saja sebagai negara terakhir yang masih menjual Panther karena masih memakai mesin dengan standar Euro 2. 

Pada akhirnya, kita memang harus mengucap perpisahan pada 'si kucing besar' ini. Sebab ada rumor yang menyebut kalau tim engineer dari Isuzu Jepang telah meminta Isuzu Indonesia menghentikan produksi Panther. Alasannya pun jelas, MPV tidak lagi masuk fokus dari Isuzu global.

Dikutip dari Otodriver, produk Panther sudah di luar pilar Isuzu. Prinsipal akan fokus pada Truck, Pick Up dan SUV derivative Pick Up (MUX dan DMax) serta Engine untuk OEM lain.

Mesin Isuzu Panther Diwariskan ke Isuzu Traga

Isuzu Panther mungkin telah pensiun, namun eksistensi mesin si kucing hitam sebenarnya terus berlanjut. Adalah Isuzu Traga, mobil light commercial yang jadi pewaris daput pacu Panther. 

Hadir sebagai model baru, Isuzu Traga menggunakan komponen-komponen dari model Isuzu yang sudah ada. Traga memakai mesin Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection yang selama ini jadi andalan Isuzu Panther.

Meski mesin Isuzu Traga statusnya juga masih Euro 2, namun untuk mobil yang diekspor statusnya sudah menggunakan mesin berstandar Euro 4. Bukan tidak mungkin kalau mesin Traga yang sudah Euro 4 itu bisa digunakan pada Isuzu Panther.

Namun demikian, perlu banyak penyesuaian yang harus dilakukan jika mesin Traga yang sudah Euro 4 disematkan pada Panther. Mesin 4JA1 bisa di-upgrade, mulai dari mechanical pump, dan harus ditambah common rail termasuk exhaust control device. Implementasi Euro 4 pada Isuzu Panther diklaim oleh pihak Isuzu akan membuat harganya tidak lagi kompetitif.

Mesin Isuzu Panther, Dari Komersial Untuk Mobil Penumpang 

Isuzu Panther menjadi salah satu mobil yang tetap mempertahankan mesin diesel konvensional. Pengembangannya cuma penambahan turbo tanpa ada ubahan pada sistem mesin secara keseluruhan.

Mesin berkode 4JA1 ini juga terkenal tangguh dan dapat diisi bahan bakar berkualitas rendah sekelas solar bersubsidi. Ketangguhan mesin Isuzu Panther ini karena prinsipal yang lebih banyak memiliki lini kendaraan niaga. Proses produksi mesin tentunya harus memiliki standar durabilitas untuk pemakaian kelas berat. 

Pastinya, Isuzu memilih komponen dengan material kualitas terbaik. Selain itu, safety factor yang diterapkan pada mesin-mesin Isuzu cukup tinggi. 

Karena basisnya dari truk, sehingga dituntut untuk bekerja dalam penggunaan jangka panjang, heavy duty, kilometer tinggi. Karena kosepnya untuk komersial maka Isuzu merancang mesinnya harus kuat. 

Teknologi mesin dieselnya pun cukup advance sehingga membuat Toyota Global membeli saham Isuzu sebesar 5,9% untuk bertukar pengetahuan soal mesin diesel.

Rahasia Ketangguhan Mesin Isuzu Panther: Andalkan Timing Gear

Desain mesin Isuzu memang mengedepankan durabilitas. Untuk itu, mekanismenya mengandalkan timing gear, bukan timing belt seperti mobil pada umumnya.

Mekanisme timing gear diklaim lebih kuat karena walaupun suatu mesin tersebut sudah berumur. Rantai tidak memiliki resiko seperti timing belt yang bisa putus hingga akhirnya dapat menyebabkan mesin rusak.

Mesin Diesel + Suspensi Empuk, Kunci Eksistensi Isuzu Panther

Kelebihan yang dicari dari sosok Panther yaitu: kapasitas penumpangnya banyak, mesin diesel yang tangguh, irit BBM, suspensinya empuk, tahan banjir, AC dingin, dan mudah perawatannya. Hal-hal tersebut menjadi alasan Isuzu terus mempertahankan Isuzu Panther yang legendaris ini.

Karakter mesin diesel dengan torsi melimpah membuat Isuzu Panther enteng saat melalui jalan menanjak. Perawatan Isuzu Panther tidak sesulit mobil bermesin bensin dan bisa dilakukan oleh orang yang cukup awam.

Kamu pun bisa melakukan perawatan teknis sendiri di rumah dengan bantuan tutorial dari YouTube atau forum-forum otomotif. Perawatan rutin yang bisa kamu lakukan sendiri yaitu memeriksa volume oli mesin dan filter solar. 

Sebaiknya luangkan waktu anda untuk rutin memeriksa ketinggian oli mesin mobil tiap 2 minggu atau 1 bulan sekali. Alasannya, kompresi mesin diesel Isuzu Panther ini tinggi dan oli sedikit demi sedikit ikut terbakar dan volumenya berkurang.

Karena kualitas bahan bakar Solar bersubsidi kurang baik maka bisa membuat filter solar cepat kotor. Bila tetap dibiarkan tidak diganti dalam waktu lama, berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar dan performa kurang bertenaga.

Kesimpulan 

Walaupun Isuzu Panther telah pensiun namun ketersediaan sparepart terutama mesin bakal sangat terjamin. Ini karena mesin diesel 4JA1-L digunakan pada Isuzu Traga. Memang secara spesifikasi ini Traga lebih baik karena versi ekspor memakai standar Euro 4.

Mesin legendaris ini cukup mudah perawatannya sehingga membuat Panther jadi primadona terutama di kota kecil. Tak kalah penting, mesinnya kuat minum solar bersubsidi sehingga tidak merepotkan urusan perawatan. Masalah yang biasanya timbul hanyalah filter solar yang lebih cepat kotor.

Jadi, masih tertarik miara Isuzu Panther versi bekas?  

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Isuzu Panther

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

178 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Lima Hal Menarik dari Isuzu Panther!

Isuzu Panther Bekas, Layak Jadi Alternatif Calya-Sigra?

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Isuzu Panther
Lihat