Ini 5 Fakta Menarik Ferrari Portofino M, Penyegaran Supercar Harian Ferrari

Dibuat lebih cepat, lebih nyaman, dan lebih efisien dibandingkan sebelumnya, facelift Ferrari Portofino M membawa berbagai revisi yang menyenangkan. Aerodinamika dan desainnya masih tetap mengesankan, tapi ada berbagai teknologi baru meski tak semuanya bisa dilihat dengan mata telanjang. Berikut beberapa fakta menarik mengenai supercar Ferrari dengan tampilan unik ini.

1. Asal nama Portofino

Ferrari memang dikenal menghasilkan berbagai model terbaik dengan nama yang unik, tak terkecuali Portofino. Di Ferrari, hak untuk menamai mobil sport diberikan kepada Departemen Pemasaran Produk. Dalam video YouTube-nya, Marco Bai selaku Manajer Pemasaran Produk Ferrari menjelaskan tentang arti nama Ferrari Portofino.

Sebagai model entry-level anyar Ferrari, Portofino M merupakan versi grand tourer convertible dari model asli yang dirilis di pasar empat tahun lalu. Namanya diambil dari salah satu kota terindah di Italia. Portofino yang dikenal karena wisata pelabuhannya yang menawan identik dengan keanggunan, sportivitas, dan eksklusivitas, sama seperti versi mobilnya.

Portofino merupakan lokasi keempat di Italia yang dikaitkan dengan mobil sport Ferrari. Menariknya, kota dan daerah seperti Maranello, Modena, dan Fiorano berkaitan dengan asal usul Ferrari. Namun hanya Portofino yang diambil berkat popularitasnya dan cocok digunakan sebagai nama mobil sport.

Bai menjelaskan bahwa Portofino, begitu juga California dan California T, menawarkan elemen yang sama, yaitu fungsionalitas. Inilah yang diberikan kepada pengemudi: kepraktisan yang memungkinkan atap membuka secara otomatis, mampu menampung dua anak di kursi belakang, serta dimensinya yang ringkas untuk perjalanan harian di perkotaan.

Menurut Ferrari, Portofino M mendapatkan modifikasi teknis. Selain sejumlah revisi eksterior, sejumlah peningkatan tenaga dihadirkan. Sedangkan bagian interior tak begitu banyak berubah. Masih sama dengan model pendahulunya, tapi dengan beberapa logo M tersebar di dalam kabin.

Nama baru dari edisi facelift yang meluncur akhir tahun lalu adalah penambahan huruf “M” di belakang Portofino. Diambil dari kata ‘Modificata’ atau modifikasi, ubahan terbaru ini dibedakan berkat evolusi kinerja dan performa yang digunakan.

2. Ventilasi pada fender depan

Bibir atau fasia depan Ferrari memang bukan hanya hiasan semata. Tapi bagian depan merupakan alat untuk menghasilkan pengendaraan yang lebih baik dengan sistem aerodinamika khas pabrikan Italia ini. Begitu pula dengan ventilasi yang terdapat pada spatbor depan Portofino.

Bersandingkan dengan port yang ada di setiap unit lampu depan, ada beberapa manfaat yang diberikan. Yang pertama yaitu meningkatkan pendinginan rem depan. Udara berkecepatan tinggi disalurkan melalui celah lampu depan, mengalir ke roda, melewati rem cakram, dan keluar dari ventilasi di spatbor.

Memang ventilasi ini mengurangi daya hambat secara signifikan. Pasalnya aliran udara biasanya cenderung terkumpul di sekitar lubang roda. Para insinyur Ferrari menyebutkan udara mengalir ke sisi samping dengan lebih baik, menjadi salah satu contributor mengurangi hambatan sebesar 6% dibandingkan Ferrari California T.

3. Tampilan video untuk penumpang

Mobil-mobil baru menghadirkan layar infotainment yang semakin besar. Oleh karena itu, tim pengembang Portofino M sepertinya merasa bahwa mobil ini perlu mendapatkan peningkatan layar di dashboard. Namun alih-alih menghadirkan layar berbentuk portrait layaknya mobil Tesla, Portofino M mendapatkan revisi layar yang tidak biasa.

LCD berukuran 8.8 inci terpampang pada dashboard, tepat pada kursi penumpang. Desainnya pun unik, tersembunyi di atas glove box yang biasanya digunakan untuk menempatkan aksen trim, entah kayu ataupun chrome.

Layar ini memungkinkan penumpang untuk menampilkan informasi data yang terpisah dari kluster instrument di depan pengemudi. Mulai dari pengukur performa seperti kecepatan jalan dan RPM hingga petunjuk navigasi. Bahkan bisa digunakan untuk memutar video atau pilihan hiburan lainnya. Jadi pengemudi tak bisa lagi berbohong seberapa cepat ia melaju.

4. Peningkatan sistem mesin

Nama Modificata terasa ketika berbicara tentang mesinnya. Peningkatan teknologi yang signifikan bisa ditemukan pada Portofino M, termasuk profil camshaft yang baru. Revisi manifold buang mampu meminimalisasi turbo lag, menghadirkan perputaran tenaga yang lebih mulus, serta memaksimalkan suara mesin yang sesuai dengan jiwa Ferrari.

Penyesuaian lainnya adalah mesin V8 3.9L twin-turbo yang dipasang di depan. Outputnya bertambah dari 600 PS menjadi 620 PS. Selain itu, gas buang mengalir melalui serangkaian knalpot aktif yang lebih keras, sehingga semakin baik dengan efek peredam yang baru.

Tombol pemilih mode berkendara yang dipasang pada roda kemudi Portofino M mendapatkan beberapa penambahan, mulai dari pengaturan mode Race, Wet, Comfort, Sport, dan ESC-Off. Setiap mode menawarkan pengaturan sistem penggerak, termasuk kontrol stabilitas, diferensial elektronik, dan sistem Slide Slip Control Ferrari, yang berbeda.

Terakhir, Ferrari menyebutkan bahwa pengaplikasian pedal rem Ferrari Portofino M lebih pendek dan menjadi lebih mudah untuk dimodulasi. Selain beberapa pengaturan tuning minor yang diperbaharui, suspensi Portofino yang dipasangkan pada model pertamanya tak berubah.

5. Rangka kursi magnesium

Selain peningkatan mesin, ada beberapa perubahan baru yang ditawarkan pada edisi facelift Ferrari Portofino M, yaitu penggunaan rangka kursi magnesium. Sebelumnya, paduan magnesium memang sudah pernah digunakan sejak tahun 1950-an, seperti casing Volkswagen Beetle.

Bahan magnesium digunakan kembali mulai tahun 2000-an, berkat kemajuan fabrikasi. Biasanya digunakan untuk mobil kelas atas. Dengan bobot yang lebih ringan 35% dibandingkan aluminium, tapi biaya 80% lebih tinggi dibandingkan aluminium masih menjadi penghalang bahan ini digunakan pada mobil produksi massal.

Tapi Ferrari tetap menggunakan magnesium alloy untuk memangkas bobot mobil. Bahan ini digunakan pada bingkai kursi, sehingga mampu mengurangi bobot 24 kg pada interior Ferrari Portofino M. Memang tak banyak, tapi berdampak pada power-to-weight yang lebih baik serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

Bingkai magnesium juga memungkinkan sandaran kursi yang jauh lebih tipis, dan membantu meningkatkan ruang lutut di pada bangku baris belakang 50 mm dibandingkan dengan Ferrari California T. Walaupun secara keseluruhan, ruang belakang tak begitu lapang bagi penumpang dewasa.

Dari sekian banyak detail menarik yang ditawarkan pada mobil ini, tentu saja berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Ketika diperkenalkan September lalu, harga Ferrari Portofino M diprediksi mulai dari $ 244.000, atau sekitar Rp 3.5 miliar. Beberapa laporan menyebutkan bahwa mobil ini siap dipasarkan pertengahan 2021 mendatang, dimulai di Eropa.

Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ferrari Portofino

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Temukan Ibiza Dengan Ferrari Portofino M

Ferrari Portofino M Sebuah Perjalanan Penemuan Kembali

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Ferrari Portofino
Lihat