Sempat Kena Recall, Intip Keunggulan Supercar Lamborghini Aventador SVJ

Terkadang mobil seharga miliaran rupiah pun tak lepas dari kesalahan. Seperti yang dialami Lamborghini Aventador SVJ yang mendapatkan recall akibat masalah kap mesin yang bisa terlepas tiba-tiba ketika mobil sedang berjalan. Tapi terlepas dari recall yang diberikan pada Aventador SVJ, mari kita lihat apa saja keunggulan supercar maskulin milik Lamborghini ini.

1. Keunggulan Aerodinamika

Ketika diperkenalkan pada 2017 silam, Aventador SVJ merupakan model Lamborghini pertama yang mendapatkan sistem Aerodinamica Lamborghini Attiva 2.0 (ALA), menawarkan “supremasi aerodinamis” yang berbeda dibandingkan mobil lainnya di seluruh dunia.

Lamborghini membentuk keunggulan aerodinamika mobil ini dengan serangkaian flap yang membuka atau menutup, secara langsung berdampak pada efisiensi aerodinamis mobil. Sistem ini bekerja berkat actuator elektronik yang membuka atau menutup flap untuk mempengaruhi downforce dan keseimbangan aktual antara sisi depan, belakang, kanan, dan kiri mobil.

ALA 2.0 bekerja selaras dengan Lamborghini DInamica Veicolo Attiva 2.0 yang mampu mengubah downforce 0 menjadi 100% dalam waktu kurang dari 500 milidetik. Semua ini dilakukan hanya dengan menggerakkan flap, splitter, dan sayap belakang.

Eksterior dan bodi kit tambahan pada mobil ini direvisi untuk meningkatkan downforce keseluruhan Aventador SVJ di atas Lamborghini Aventador SV sebesar 40% di gardan depan dan 40% di belakang. Membantu memberikan performa yang lebih mengesankan di jalanan.

2. Kinerja Maksimal

Aventador SVJ menawarkan ekspresi paling ekstrim dari ideologi mesin V12 pabrikan Sant’Ataga Bolognese ini. Mesin yang digunakan sama dengan Lamborghini Centenario edisi terbatas. Mampu menghasilkan tenaga maksimal 770 PS dan torsi puncak 695 Nm. Semuanya dikirimkan ke empat roda.

Lamborghini menyebutkan bahwa Aventador terbaru memiliki respons throttle yang sangat baik, sehingga bisa meluncurkan supercar ini dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 2,8 detik. Lambo mengatakan bahwa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai pada 350 km/jam, namun tak menutup kemungkinan bisa melaju lebih kencang lagi.

Dengan tenaga dan segala sistem yang digunakan, performanya di lintasan balap tak kalah dibandingkan supercar lainnya. Mampu melibas lintasan balap Nürburgring dalam 6 menit 44,97 detik pada 2017 lalu. Mencatatkan nama Aventador SVJ sebagai mobil produksi tercepat kala itu.

3. Pengereman Mumpuni

Fakta menakjubkan dari Lamborghini Aventador Super Veloce Jota (SVJ) ini adalah kemampuan mengerem dari kecepatan 100 km/jam ke nol hanya dalam 30 meter. Sebagai perbandingan, Porsche 911 GT3 membutuhkan jarak lebih dari 31 meter. Padahal, Aventador SVJ memiliki bobot 1.5 ton, sedangkan 91 GT3 hanya berbobot 1,4 ton.

Untuk mencapai hasil pengereman yang mengesankan tersebut, ada beberapa hal yang dilakukan. Yang pertama yaitu penggunaan ban Pirelli P Zero Corsa yang dikembangkan khusus untuk cengkraman tambahan pada ban, dan akibatnya menghasilkan kinerja pengereman yang lebih baik.

Pembaharuan kedua yaitu penggunaan sistem ALA 2.0. Sistem ini paling membantu pada saat kondisi pengereman berat dan menikung secara bersamaan. Performa ini menjadi salah satu faktor penting kinerja dan performa SVJ di lintasan balap.

Namun bagian terpenting adalah rem yang digunakan. Cakram keramik karbon besar di belakang memberikan tenaga pengereman yang sangat besar. Untuk penggunaan di jalanan perkotaan, pilihan ban Pirelli P Zero Trofeo R bisa dipertimbangkan.

4. Suspensi Kokoh

Untuk menjaga mobil ini tetap mencengkram tanah dan memiliki performa di lintasan yang mengesankan, Lamborghini membawa peningkatan suspensi pada Aventador SVJ. Dilansir dari Top Speed, pihak Lamborghini fokus meningkatkan bagian dari sejumlah komponen untuk memanfaatkan kemudi, penggerak, dan menambahkan kemampuan aerodinamis mobil.

Lamborghini meningkatkan kekakuan suspensi hingga 50% dibandingkan Aventador SV. Peningkatan ini juga berdampak pada downforce SVJ dibandingkan Aventador lainnya. Karena itu, peredamnya dibuat 15% lebih kaku serta revisi dalam sistem suspensi mobil.

Sistem kemudi roda belakang (Rear-wheel steering) juga telah dikerjakan ulang. Membantu pengemudi ketika menikung atau berbelok. Kemudi dibuat lebih presisi berkat downforce dan sistem kemudi roda belakang yang lebih baik. Memungkinkan kalibrasi ulang sistem All-Wheel Drive (AWD) mengirimkan torsi 3% lebih banyak ke belakang.

5. Eksklusivitas Lamborghini

"Aventador SVJ adalah mobil inovatif dan mewakili puncak mutlak dari rangkaian produk mobil sport super kami," kata Ketua dan CEO Automobili Lamborghini, Stefano Domenicali. "Aventador SVJ mengambil langkah lain ke masa depan, membentuk potensi pengembangan mobil sport super.”

Lamborghini meluncurkan dua versi mobil, yaitu Aventador SVJ dan Aventador SVJ 63. Model kedua adalah edisi khusus yang hanya diproduksi sebanyak 63 unit. Ini adalah penghormatan pada tahun 1963, dimana Ferruccio Lamborghini mendirikan perusahaan dan meluncurkan Lamborghini Miura yang fenomenal.

Untuk membawa tampilan yang lebih gagah sebagai supercar perkotaan, varian roadster dari SVJ diresmikan di Geneva Motor Show 2019. Model ini juga diproduksi terbatas sebanyak 800 unit. SVJ Roadster memiliki atap hardtop yang bisa dilepas dan dari dua bagian berbeda yang terbuat dari serat karbon. Performanya kurang lebih sama dengan edisi standar mobil ini.

Edisi baru yang diperkenalkan April 2020 adalah Aventador SVJ Xago. Nama Xago berasal dari bentuk geometris, seperti segi enam. Sesuai dengan namanya, ada banyak desain dengan pola segi enam bisa ditemukan pada eksterior hingga bagian interior Lamborghini Aventador SVJ ini. Hanya ada 10 unit yang diproduksi dengan sistem mekanis sama dengan SVJ Roadster.

Dengan sistem pengereman yang mengesankan, aerodinamika mengagumkan, suspensi yang kaku, Aventador SVJ sempat dinobatkan sebagai model produksi tercepat. Mobil ini juga sudah bisa didapatkan di Indonesia. Harga Lamborghini Aventador SVJ menyentuh Rp 22,5 miliar. Sungguh harga yang mencengangkan, namun salah satu model yang memberikan pengalaman berkendara supercar terbaik khas Italia.

Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Lamborghini Aventador

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Lamborghini Aventador
Lihat