window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru

Yongki Sanjaya · 24 Feb, 2023 14:30

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 01

Honda Jazz GK5 telah cukup lama pensiun dan kiprahnya kini digantikan oleh City Hatchback. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang lebih menyukai Jazz GK5 ketimbang hatchback lain seperti Suzuki Baleno. Padahal dari segi harga, Jazz bekas keluaran terakhir ini setara dengan Baleno baru. 

Sosok Honda Jazz begitu fenomenal karena sukses menjadi hatchback terlaris selama tiga generasi berturut-turut. Toyota pun kesulitan membendung reputasi Jazz walau telah merilis Yaris. Lantas kenapa masyarakat masih begitu menggandrungi Honda Jazz walau kini sudah ada City Hatchback sebagai produk penerusnya? 

"Merk Honda adalah mobil yang dianggap memiliki prestige. Memang harganya relatif lebih mahal dan tidak sedikit yang bilang “kemahalan” namun ini karena Honda memiliki Brand value yang cukup baik," tulis akun Simbah dalam forum Quora. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

Wajib Tahu, Inilah Detail Perbedaan Suzuki Baleno 2022 vs Model Lamanya

Suzuki Hadirkan S-Presso dan Baleno Baru di GIIAS 2022, Berapa Harganya?

Suzuki Baleno 2022 Kini Punya Fitur Keselamatan Lebih Lengkap Buat Para Wanita Mandiri

Walau kini tak lagi diproduksi, Honda Jazz GK5 bekas masih jadi opsi utama di sebagian masyarakat ketimbang beli Suzuki Baleno Baru. Padahal, beli mobil baru memiliki banyak benefit tersendiri seperti soal jaminan garansi dan kondisi unit yang fresh. 

Lantas, apa alasan mengapa masyarakat tetap terpikat Honda Jazz GK5 bekas daripada Suzuki Baleno baru? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Honda Jazz GK5 Suguhkan Performa Fun to Drive

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 01

Hal pertama yang membuat banyak orang langsung terpikat setelah mencoba berkendara dengan Jazz GK5 ialah karena mobil ini menawarkan sensasi fun to drive. Seperti sebuah paket komplit, kombinasi antara performa mesin oke, handling lincah, dan suspensi nyaman tapi tidak limbung berlebih. 

"Tapi sebagai pemilik Honda, ya saya puas dengan pengendaliannya, rasa senang mengendarai mobilnya. Tenaga juga dapat, enak dikendalikan," sebut akun tersebut. 

Jazz GK5 dipasarkan hanya dalam dua varian, Jazz dan Jazz RS. Kedua varian itu menggunakan mesin yang sama, 1.500 cc 4-silinder SOHC 16-katup i-VTEC. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 hp 6.600 rpm dan torsi tertinggi 145 Nm @4.600 Nm. Nah, masing-masing varian tersedia dalam pilihan transmisi CVT ataupun manual 5-kecepatan.

2. The Power Of Brand Honda

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 02

Poin kedua ini merupakan pengalaman subyektif dari pengguna mobil Honda. Mereka menyebut kalau pelayanan bengkel resmi Honda ini lebih menyenangkan, walau sebenarnya harga sparepart mobil Honda terkenal mahal. 

"Bahkan pengalaman saya masuk ke dealer H itu jauh lebih menyenangkan experience-nya dibandingkan masuk ke dealer S secara pelayanan," sebut akun Simbah tersebut membandingkan.

Implikasi antara poin pertama dan poin kedua ini kemudian berdampak pada harga jual kembali Honda Jazz yang tetap tinggi. Meskipun harga part cukup mahal, tapi prestise dan layanan aftersales Honda yang memuaskan sulit membuat penggunanya pindah ke lain merek. 

3. Preferensi Desain Honda Jazz Lebih Menarik

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 03

Soal desain, baik Jazz GK5 maupun Baleno baru punya kekhasan masing-masing. Jazz sebagai produk global, desainnya mengacu pada selera umum pengguna mobil hatchback di belahan dunia manapun, entah Amerika, Eropa, atau Asia. 

"Selera ini menurut simbah termasuk faktor utama, karena kita mengendarai mobil itu bukan hanya dipakai tapi juga dinikmati, dirasakan dan dipandangi," tulis akun tersebut. 

Pada versi facelift, desain Suzuki Baleno 2023 mengalami perubahan yang signifikan jadi lebih sleek. Penampilannya lebih kalem dan elegan layaknya desain hatchback Eropa. Padahal di edisi sebelumnya, Baleno masih begitu terasa aksen India sebagai negara asal produksi mobil tersebut. 

"Kalau kamu suka desain Honda Jazz, ya belilah Honda Jazz. Kalau suka desain Suzuki Baleno, ya belilah Suzuki Baleno. Jika rasa ini diabaikan, tidak menutup kemungkinan kamu akan merasa bosan setelah 1–2 tahun dan berpikir ganti mobil lain," saran akun Simbah. 

Alasan Suzuki Baleno Cocok Sebagai Alternatif Jazz

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 04

Hadir dengan harga baru lebih terjangkau, bukan berarti Suzuki Baleno ini punya banyak kelemahan. Justru sebaliknya, Baleno facelift kini punya penampilan dan performa kian menarik untuk bertarung di segmen hatchback. 

"Merk Suzuki dikenal sebagai merk yang Worth Of Money, value of money-nya dapat banget.
Kalau kamu bingung, sederhananya kamu pakai merk S ini tidak merasa kemahalan, tidak merasa kemurahan," sebut akun Simbah. 

Nah, soal harga lebih terjangkau ini konsekuensinya ada pada desain yang tak semenarik Honda Jazz. Peminatnya pun tak terlalu banyak sehingga membuat harga jual kembali yang anjlok. Padahal secara built quality dan fitur di Suzuki Baleno cukup oke. 

"Jika kamu mencari value of money, belilah Suzuki Baleno. Sudah dapat mobil baru, kualitas juga baik," saran akun tersebut.

Spesifikasi Menarik Suzuki Baleno 2023

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 05

Berevolusi menjadi sebuah hatchback, Suzuki Baleno kini sering dianggap underrated oleh banyak orang. Padahal secara spesifikasi, Baleno facelift yang meluncur pada GIIAS 2022 lalu membawa banyak pembaharuan yang menarik.

Bila melihat gaya desain Baleno ini sudah berkesan ala mobil Eropa. Desain fascia, grill, dan headlamp lekuknya mirip Peugeot 3008.

3 Alasan Kenapa Honda Jazz GK5 Bekas Lebih Disukai Daripada Suzuki Baleno Baru 06

Suzuki Baleno terbaru memakai mesin berkode K15B berkapasitas 1.500 cc yang memiliki tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm. Mesin ini sebelumnya telah digunakan pada New Ertiga, dengan karakter tenaga cukup handal dan responsif di putaran bawah. Pilihan transmisi yang ditawarkan kepada konsumen masih sama yakni manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Sejumlah fitur-fitur baru yang tak ada di Baleno lawas, kini hadir di versi facelift. Sebut saja, head up display, cruise control, auto dimming inside rear view mirror, head unit dengan koneksi Android Auto dan Apple Carplay, hingga kisi AC belakang ditambah USB port. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil