window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya

Prasetyo · 31 Des, 2021 12:01

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya 01

Merawat mobil di musim hujan jangan sampai malas
  • Merawat mobil di musim hujan tetap harus rutin dilakukan
  • Mobi dibiarkan kotor bisa timbul karat hingga ke bagian mesin
  • Beri proteksi tambahan pada cat mobil

Penghujung tahun biasanya memang diselimuti musim penghujan. Bahkan tak jarang pada pagi hari cuaca cerah, sementara beranjak siang tiba-tiba awan berubah mendung dan langsung turun hujan deras.

Kalau sudah begini pasti paling mager buat merawat mobil. Capek-capek dicuci pagi, eh siangnya kotor lagi kena hujan. Padahal kalau kondisi mobil dibiarkan kotor terkena air hujan, dapat dengan murha merusak lapisan permukaan cat mobil. Yang pada akhirnya tampilan kendaraan kesayangan Anda gak kinclong lagi.

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya 02

Air hujan memicu timbulnya karat di bagian bodi mobil

Yang lebih parahnya, kalau kondisi mobil dibiarkan kotor cukup lama, maka bisa timbul karat dan kerusakan di beberapa bagian. "Tingginya kadar kelembaban dan kandungan zat asam air hujan yang menempel pada bagian mobil bisa merusak cat mobil dan menyebabkan karat. Bukan hanya bisa merusak sisi penampilan, air hujan yang masuk ke dalam komponen mesin mobil juga bisa mengganggu kinerjanya," kata Stephen Setyadi, Marketing Manager Autoglaze.

Untuk itulah, kata Stephen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan merawat mobil sata musim hujan cukup ekstrim seperti ini. Apa saja itu? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Waspada Musim Hujan Hewan Sembunyi di Dalam Mobil, Bukan Cuma Kabel, Fan Belt Juga Bisa Putus!

1. Jangan Menunda Cuci Mobil

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya 01

Cuci mobil sampai ke bagian kolongnya

Satu cara merawat mobil di musim hujan yang cukup mudah dan murah adalah selalu rutin mencucinya. Jangan takut merasa sia-sia mobil yang telah dicuci akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air. 

Faktanya, Anda tidak boleh membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur. Sebab jika sudah muncul jamur dan permukaan cat jadi kusam, maka butuh teknik pengerjaan lebih kompleks dan biaya yang juga mahal untuk menghilangkannya.

2. Jangan Lupa Bersihkan Juga Komponen Mesin

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya 02

Tak perlu disemport air, cukup lap kering bagian mesin

Selain mengenai permukaan bodi dan kaca mobil, air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil. 

Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan. Anda wajib membersihkan ruang mesin bersamaan dengan Anda mencuci mobil terbeut. Tidka perlu disemport, capi cukup dilap kering untuk menghilangkan adanya bekas-bekas air hujan yang masuk ke ruang mesin.

Baca juga : Jangan Pernah Takut Cuci Ruang Mesin Mobil, Ini Rahasianya Supaya Tidak Bermasalah

3. Berikan Mobil Proteksi Tambahan

3 Cara Mudah Merawat Mobil di Musim Hujan, Kalau Mager Siap-siap Terima Efek Buruknya 03

Lapisan coating akan melindungi permukaan cat dari jamur

Cara merawat mobil di musim hujan supaya lebih mudah adalah dengan memberikan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Anda dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating.

Material coating mobil diformulasikan khusus untuk meningkatkan efek kilappada bodi mobil, serta perlindungan maksimal dari air hujan dan residu yang dapat menimbulkan water spot. Tidak hanya melapisi bagian permukaan mobil, coating juga bisa dilakukan secara menyeluruh hingga bagian kaca, lampu-lampu dan velg mobil.

Nah, jangan mager lagi buat merawat mobil meskipun lagi musim hujan ya!

Baca juga : Ketahui Bahaya Cuci Mobil Pakai Steam, Jangan Terlena Karena Praktis dan Cepat

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil