window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono

Yongki Sanjaya · 3 Feb, 2023 20:00

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 01

Siapa yang tidak kenal perusahaan bus Sumber Kencono. Ya, perusahaan yang bermarkas di Krian, Sidoarjo ini terkenal akan kecepatan yang barbar dan ketepatan waktunya. Demi menjaga kualitas ketepatan waktunya, Sumber Kencono dulu pernah mencoba kemampuan sasis bermerek DongFeng asal China.

Bus ini menjadi yang paling diingat di jalur Surabaya-Jogja  karena dikenal sebagai pelari. Tahun 2008 sampai 2011 menjadi masa kejayaan Sumber Kencono. Julukan kencang sekaligus ugal-ugalan melekat, hingga akhirnya pihak perusahaan mengganti nama jadi Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu karena kerap mengalami kecelakaan. 

Baca Juga: Volvo Indonesia Luncurkan Bus B11R dan B8R Euro 5 Rakitan Dalam Negeri

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP

Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

Sumber Kencono (SK) merupakan perusahaan otobus yang dibenci sekaligus dicintai oleh masyarakat di lintasannya. Dibenci karena perilakunya sering ugal-ugalan di jalan dan memacu busnya terlalu kencang. Namun SK juga dicintai karena bus ini cepat, tepat waktu, dan tarifnya standar, sehingga sangat bisa diandalkan bagi para penumpangnya untuk mengejar waktu. 

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 01

Kiprah DongFeng tetap melekat sebagai bagian dari sejarah Sumber Kencono karena performa mesin yang di atas merek Jepang atau Eropa. Produk bus bermesin depan ini mulai dikenalkan pada tahun 2008, melalui PT Indo Dongfeng Motor dengan panjang 12 meter. 

Pada 2008 Sumber Group mengambil banyak sekali produk sasis Dongfeng EQ6120KSD yang digunakan untuk bus kelas ekonomi trayek Surabaya-Jogja dan Surabaya-Semarang via Madiun. Kabarnya untuk kelas big bus front engine, hanya SK saja yang menggunakannya. 

Seperti apa sih sosok DongFeng yang dikenal sebagai 'bus balap' itu? Berikut ini ulasannya. 

1. Ciri Khas Bus DongFeng milik Sumber Kencono

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 02

Bus Dongfeng yang digunakan oleh Sumber Kencono mudah dikenali dari kaki kakinya yang menggunakan baut 10. Saat kita masuk ke dalam kabin, bakal melihat besarnya ukuran engine bay di samping sopir. saking besarnya engine bay ini sering disebut juga dengan peti mati berjalan karena bentuknya seperti peti mati di film barat. 

Karena engine bay yang terlalu besar, maka untuk kursi baris paling depan sisi kiri hanya ada satu. Suara mesinnya juga khas, karena lebih keras dibanding mesin Hino AK yang juga mereka pakai. Suaranya makin bising ketika knalpotnya sudah dibobok, sehingga dari jauh juga sudah terdengar. 

2. Performa Bus DongFeng Sumber Kencono Paling Gahar

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 03

Armada dongfeng ini sangat fantastis, mesinnya sangat powerful dan memiliki top speed di atas rata-rata bus pada saat itu bisa dibilang PO Sumber Kencono menjadi armada paling kencang. 

Chasis dongfeng EQ6120KSD menggunakan mesin diesel bermerek Yuchai YC6G270-20. Konfigurasinya 6 silinder inline 7800 cc, dan sudah dilengkapi dengan turbocharger keluaran Honeywell+ intercooler. Lawan yang bisa melampaui kemampuannya hanyalah brand premium Eropa seperti Scania. 

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 04

Tenaga maksimal yuchai ini adalah 270 ps @2500 rpm atau 55 ps lebih besar dibanding Hino AK215 yang jadi armada mayoritas di Sumber Kencono saat itu. Hal yang istimewa dari mesin ini adalah torsi raksasanya yang mencapai 1080 Nm @1500 rpm. Torsi ini bahkan masih jauh lebih besar jika dibanding Hino RK 260 sekalipun yang hanya bertorsi 750 nm. 

Tak heran bila bus ini mudah dipacu hingga 145 km/jam, dimana jadi suatu rekor kecepatan tak tertulus yang cukup fantastis untuk saat itu bahkan hingga sekarang. Konon, bus-bus keluaran Hino di masa tersebut 'hanya' kuat maksimal 140 km/jam. 

3. Kinerja Rem Paling Menyedihkan

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 05

Rem yang dimiliki Dongfeng kinerjanya payah, karena tidak bisa mengimbangi performa mesin yang luar biasa. Apalagi bus kerap dipacu dalam kecepatan tinggi, untuk kejar waktu. Kelemahan ini makin terlihat saat musim hujan, dimana bus sering mengalami selip atau ngeloss. 

Sebetulnya Chasis Dongfeng sudah mengaplikasikan rem full air brake dan ukuran teromol yang lebih besar dibanding Hino. Hanya saja material non asbestos untuk kamlas rem DongFeng dikenal kurang pakem ketika musim hujan. Menurut diskusi di grup Facebook Sejarah Transportasi, material asbestos tersebut jadi kurang optimal saat terkena banyak air. 

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 06

Penyebab lainnya karena rancangan chasis yang terlalu rigid dan juga per terlalu keras, yang ternyata juga berpengaruh ke daya cengkeram ban ke aspal. Supaya handling sisi belakang tidak makin liar, para crew bus sempat menambah karung pasir di bagian bagasi belakang untuk beban tambahan. 

Pihak mekanik Sumber Kencono sebenarnya sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah ini, mulai dari penambahan retarder, serta mencoba penggantian tromol rem dari produk lain namun memang rancangannya tidak bisa saling substitusi. 

Puncak tak terkendalinya rem milik Dongfeng terjadi tahun 2010. Bus Sumber Kencono dengan nopol W 7113 UY hendak menuju Yogyakarta, dan menabrak 2 pengendara motor didaerah Geneng, Ngawi, Jawa Timur. Dalam peristiwa kala itu, satu korban tewas di TKP dan satu orang kritis, warga yang emosi pun merusak bahkan membakar bus tersebut. 

Akhir Kiprah DongFeng, Pensiun Dini dan Dijual ke Perusahaan Lain

3 Fakta Penting Sasis Bus 'Balap' DongFeng, Pernah Jadi Andalan Sumber Kencono 07

Karena beban kerja tinggi namun tidak diimbangi performa rem mumpuni, maka sasis ini terpaksa pensiun dini. Oleh pihak Sumber Kencono, sasis Dongfeng dijual ke beberapa perusahaan otobus.

Sebagian besar bus Dongfeng milik Sumber Kencono dijual kepada Po Parahyangan di Jawa Barat dan dioperasikan hingga kini sebagai bus antar jemput karyawan. Sebagian unitnya lagi jatuh ke tangan Po Ladju untuk armada ekonomi trayek Surabaya-Jember. 

Ada juga beberapa PO lokal di Jawa Tengah bagian selatan yang memakai bus bekas Sumber Kencono untuk armada bus ekonomi non AC, beberapa diantaranya mengisi trayek Magelang-Wonosobo. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil