window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri

Yongki Sanjaya · 7 Feb, 2023 08:30

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri 01

Suzuki sebagai pabrikan mobil kerap dipandang remeh, karena menawarkan harga yang umumnya lebih murah dari merek Jepang lain. Meskipun demikian, jangan pernah anggap enteng soal durabilitas dan layanan aftersales Suzuki, inilah yang membuat pabrikan berlogo S ini bisa tetap bertahan di Indonesia. Salah satu model yang dianggap uderdog ialah Suzuki Grand Vitara. 

Baca juga:

Harga Suzuki Grand Vitara Bekas Dibawah 100 juta, Lebih Menarik Daripada Nissan X-trail T30?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Paten Nama Suzuki S-Presso Sudah Terdaftar di HAKI, Siap Masuk Indonesia?

Kenapa Nissan X-Trail T30 Lebih Layak Dipilih Daripada X-Trail T31?

Secara segmentasi, SUV medium 5-Seater ini merupakan lawan sepadan dari Nissan X-Trail dan Honda CR-V. Hanya saja, brand Suzuki yang terkenal dengan mobil angkot membuat Grand Vitara ini kurang bersinar dibanding SUV medium lainnya. Padahal, Grand Vitara tentu punya banyak hal positif yang membuatnya pantas untuk jadi pilihan mobil bekas under Rp100 jutaan.

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri 01

Suzuki Grand Vitara hadir di Indonesia pada tahun 2006 dan mengalami facelift di tahun 2009 dan 2012. Pada 2009, Suzuki Grand Vitara mendapat minor facelift berupa penambahan fitur-fitur unggulan baru sekaligus memiliki varian baru bermesin J24B 2.400 cc 

Karena life cycle yang terlalu lama, Grand Vitara harus diasapi jauh oleh CR-V. Kalian juga cukup familiar melihat Grand Vitara dengan plat nomor dinas Polri, karena memang menjadi mobil dinas para perwira saat itu. 

Dengan meluasnya jaringan aftersales Suzuki hingga kota kecil, apakah Grand Vitara ini layak untuk pilihan SUV murah bagi kalian yang baru mau punya mobil? Berikut ini tiga kelebihan yang perlu kalian ketahui dari Suzuki Grand Vitara.

1. Suzuki Grand Vitara Punya Desain Maskulin Ala SUV Modern

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri 02

SUV medium besutan Suzuki ini punya desain yang modern, dengan aksen sudut tegas. Kesan semi boxy ini dipadukan dengan ban serep konde yang tergantung di pintu belakang. Desain ini long lasting, karena gaya bahasa seperti ini juga hadir di small SUV seperti Toyota Raize, walau tanpa konde. 

Bagi penyuka SUV berdesain kotak, desain Suzuki Grand Vitara begitu maskulin. Ini membuat Suzuki Grand Vitara memiliki paras layaknya SUV petualang sejati. Bagaimana dengan dimensinya bila digunakan sebagai mobil keluarga?

Bicara soal dimensi kendaraan, Suzuki Grand Vitara ukurannya tak terlalu besar. Panjangnya mencapai 4,5 meter dengan lebar 1,8 meter. Tinggi mobil ini mencapai 1,6 meter dengan panjang sumbu roda di angka 2,6 meter. Ukuran segitu cocok untuk ukuran garasi di rumah minimalis modern yang ada saat ini. 

2. Rancangannya Nyaman Sebagai Mobil Keluarga

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri 03

Dimensinya proporsional untuk mobil keluarga berkonfigurasi 5-seater. Kabinnya lega, dimana untuk ruang kaki dan ruang kepala bagi di jok depan dan belakang ini cukup luas. Pengemudi maupun penumpang bisa mengatur sesuai selera posisi duduk yang diinginkan tanpa saling mengganggu.

Walau mobil ini berwujud SUV, namun soal kenyamanan masih patut diperhitungkan. Suspensinya bertipe independen yang karakter bantingannya tidak terlalu keras. Ayunan suspensi Grand Vitara juga stabil dan minim limbung.

Fiturnya juga canggih untuk ukuran mobil tua (spion retract, ac auto, heater, keyless, dan buka kunci pintu cukup klik tombol kecil di handel pintu).

3. Spesifikasi Mesin Perkasa dan Memakai Penggerak Roda Belakang

3 Kelebihan Suzuki Grand Vitara, Pernah Jadi Andalan Para Perwira Polri 04

Bila mencari SUV medium yang spesifikasinya mumpuni untuk medan berkontur di Indonesia, Grand Vitara ini lebih ideal ketimbang Nissan X-Trail atau Honda CR-V. Pasalnya, Grand Vitara mengandalkan penggerak roda belakang yang terbukti handal untuk tanjakan curam pegunungan.

SUV ini mengusung rancangan sasis dan mesin baru. Grand Vitara hadir dengan pilihan mesin 2.000 cc berkode J20A dengan besaran tenaga 144 dk pada 6.800 rpm dan torsi sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm. Mesin bensin berkode J20A yang dulu dipakai Escudo, sedikit di tune ulang oleh Suzuki. 

Kemudian untuk mesin berkode J24B menghasilkan tenaga 166 dk pada 6.000 rpm dan torsi 225 Nm di 4.000 rpm. Tenaganya mungkin kalah perkasa daripada Nissan X-Trail T30 yang mencapai 180 ps, tapi adanya penggerak roda belakang membuat pengguna Grand Vitara lebih percaya diri untuk berkendara di berbagai kondisi kontur jalan.

Kalian yang masih pemula sebagai pemilik mobil tidak usah terlalu cemas, karena mesin SUV ini bukan mesin yang cengeng. Soal ketersedian sparepart Grand Vitara juga menjadi sekian banyak kelebihannya. Suplai komponen termasuk melimpah, baik itu fast moving maupun slow moving. Pilihannya dari mulai part orisinal, aftermarket sampai ex Singapore.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil