window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL

Yongki Sanjaya · 12 Mei, 2023 15:00

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL 01

Hyundai beberapa waktu lalu telah meluncurkan update untuk Stargazer Active. Tipe terbawah itu mendapat tambahan fitur berupa AC double blower dan velg alloy yang dulunya ada di tipe Trend. Dengan update yang cuma segitu, tentu Stargazer Active masih punya banyak kelemahan yang harus dibenahi.

Pasalnya, harga Stargazer Active sebagai tipe terbawah ini cukup tinggi untuk sebuah low MPV. Mobil ini dibandrol Rp247,2 juta dengan transmisi manual dan Rp260 juta untuk varian matic IVT. Di rentang harga segitu, bisa mendapat varian menengah di low MPV keluaran Toyota maupun Suzuki dengan transmisi manual.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Gelar Media Test Drive Surabaya-Malang-Solo, Hyundai Stargazer Ditantang Taklukkan Berbagai Kondisi Jalan!

Pakai Kompresi Tinggi, Hyundai Stargazer 'Diperbolehkan' Minum Pertalite Tanpa Gugurkan Garansi

Test Drive Hyundai Stargazer: MPV dengan Handling Lincah dan Performa Memuaskan

Artinya dengan budget yang sedikit lebih mahal dari Stargazer Active MT, kita bisa mendapat low MPV Jepang yang fiturnya lebih baik. Lantas apa saja kelemahan yang harus dibenahi dari Hyundai Stargazer Active agar bisa lebih menggoda? Berikut ini ulasannya.

1. Pengaturan AC di Hyundai Stargazer Active masih manual dan Belum Teleskopic Steering

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL 01

Dengan harga di kisaran Rp250 juta, fitur yang ada pada Stargazer Active kurang jor-joran. Dengan status sebagai tipe terbawah, Stargazer Active hanya memakai pengaturan ac manual memakai knob jadul seperti radio.

Padahal di Toyota Avanza 1.5 G maupun Suzuki Ertiga GL pengaturan AC di mobil tersebut sudah digital memakai tombol. Lebih lanjut, AC pada Ertiga GL sudah memakai model digital namun belum menggunakan teknologi auto climate with heater.

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL 02

Pada Toyota Avanza G 1.5 MT yang dibandrol Rp257.800.000 bahkan telah memiliki fitur Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang memudahkan penggunanya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.  

Stargazer Active yang Rp10 jutaan lebih murah hanya ada pengaturan tilt steering. Fitur tersebut cenderung mirip seperti Ertiga GL MT seharga Rp251.600.000. 

2. Tidak Punya Sensor Parkir dan Wiper Belakang

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL 03

Hal berikutnya yang terpaksa dilucuti dari Stargazer Active agar harganya terjangkau ialah fitur sensor parkir serta wiper belakang. Padahal, kedua fitur ini sudah umum tersedia di mobil murah kelas LCGC tipe teratas sekalipun. 

Tentu hal tersebut membuat Stargazer Active jadi inferior dibandingkan para kompetitor terutama Toyota Avanza yang sudah memiliki fitur sensor parkir dan wiper belakang. Sementara itu, Ertiga GL hanya minus sensor parkir namun sudah memiliki wiper belakang. 

3. Masih Pakai Anak Kunci dan Fitur Keselamatan Pas-pasan

3 Kelemahan Hyundai Stargazer Active, Bikin Sulit Lawan Toyota Avanza G dan Suzuki Ertiga GL 04

Hal terakhir yang perlu kalian ingat ketika akan memilih Stargazer tipe terbawah ialah fitur keselamatan dan keamanan yang bersahaja. Sebagai tipe terendah, Stargazer Active memiliki fitur keselamatan berupa ABS, EBD ISOFIX, dan dua buah airbags di bagian depan. Sedangkan untuk keamanannya masih memakai kunci immobilzer dan alarm. 

Fiturnya masih lebih oke yang ada di Suzuki Ertiga GL. Mobil ini didukung ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning dan ISOFIX. Untuk keamanannya, Ertiga GL dilengkapi immobilizer dan alarm. 

Bandingkan dengan Toyota Avanza 1.5 G MT dilengkapi tombol Start/Stop engine dengan tambahan lampu yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap. Bicara fitur keselamatan, Avanza generasi ketiga sudah ada Antilock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assits (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assits (HSA), serta Dual SRS Airbags.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil