3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik

Evan · 22 Sep, 2021 09:36

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 01

Kembalinya pabrikan asal Cina Chery tentu saja akan membuat persaingan di industri otomotif nasional semakin sehat. Karena dengan kompetisi yang semakin ketat pabrikan sudah pasti terus berinovasi serta menghasilkan kendaraan yang lebih baik dan menguntungkan bagi konsumen.

Pabrikan yang sempat eksis di Indonesia ini mengumumkan comeback melalui unggahan di akun Instagram @Cherymotorsindonesia yang menyebut kehadiran Chery di Tanah Air akan terjadi pada kuartal keempat tahun ini. Bahkan perusahaan juga mengumumkan bakal membangun pabrik serta fasilitas R&D disini.

Hingga saat ini memang belum ada bocoran soal mobil apa saja yang akan dibawa Chery ke Indonesia. Tetapi bisa kita asumsikan lewat akun media sosial Instagram mereka yang sering memajang model  sama secara terus-menerus sebagai indikasi kuat tipe mana akan masuk pertama kali.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lalu mobil Chery apa saja yang kemungkinan besar akan diboyong ke Indonesia? Berikut prediksi tiga model yang boleh jadi siap meluncur tahun ini.

Baca Juga : Akan Kembali ke Indonesia, Chery Tiggo E Berani Tantang Hyundai Kona Electric?

Chery Tiggo 8 Pro, SUV Penantang Toyota Fortuner

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 01

Tiggo 8 Pro

Tampilan depan Chery Tiggo 8 Pro terlihat modern tidak kalah dari calon pesaingnya Toyota Fortuner. Lampu utama yang terintegrasi DRL juga dikombinasikan dengan gril berukuran besar yang berbentuk heksagonal dan dengan motif dot-dot kecil berwarna krom.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 02

SUV tujuh penumpang

Dari samping bentuk mobil terlihat sangat besar, mengingat panjangnya yang lebih dari 4,7 meter dan mampu menampung tujuh penumpang.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 03

Modelnya modern

Bagian belakang lampu rem menggunakan LED dan ada ejaan emblem Chery sebagai pemanis. 

Interior juga sangat modern lewat layar satu frame layar besar yang terbagi atas layar instrument dan fitur hiburan. Soal fitur keselamatan juga termasuk lengkap, seperti ABS, EBD, BA, 6 Airbags dan Traction Control.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 04

Interior dual tone mewah

Untuk mesinnya, Chery Tiggo 8 Pro dibekali mesin turbo 1.6L yang mampu memproduksi daya hampir 200 PS dengan torsi 290 Nm. Mesin ini lantas dikombinasikan gearbox Dual-Clutch (DCT) 7 percepatan.

Di Cina, Chery Tiggo 8 Pro dijual mulai dari 129.000 Yuan atau sekitar Rp274 jutaan.

Baca Juga:Merek Mobil China Chery Semakin Serius Kembali ke Indonesia, Siapkan Pabrik dan Banyak Model

Chery Tiggo 7 Pro, Lawan Wuling Almaz

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 05

Tiggo 7 Pro

Tiggo 7 Pro merupakan lawan sepadan bagi Wuling Almaz, dilihat dari konfigurasi tempat duduk, dimensi bodi, hingga dapur pacu yang dipakai. Tampilan depan mobil ini membawa ciri khas desain Chery modern. Sama seperti dari kakaknya Tiggo 8 Pro, terlihat gagah.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 06

Lebih sporty 

Bagian grilnya juga mengadopsi bentuk kisi-kisi heksagonal hitam yang berukuran besar, disisipi garis strip kromium. Tarikan sudut depan mirip Almaz, hanya saja punya bukaan lampu utama lebih besar. Pencahayaan utama pakai tipe LED yang model housingnya ramping.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 07

Desain dual muffler

Bagian samping memiliki siluet seperti Almaz, tetapi sedikit sporty lewat desain atap floating roof dan pelek berukuran 19 inci. Bagian belakang juga futuristis karena penggunaan lampu rem yang memanjang dari kiri ke kanan tanpa putus. Hadir juga knalpot dengan dual muffler sebagai standar.

Bagian interior sedikit lebih sporty dari kakaknya Tiggo 8 karena hadirnya stir flat bottom dan jahitan merah. Baik panel instrumen dan headunit infotainment sudah menggunakan layar berukuran masing-masing 8 inci dan 10,25 inci. 

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 08

Interior campuran mewah dan sporty

Urusan tenaga Chery Tiggo 7 ditawarkan dalam dua pilihan mesin yaitu 1.500 cc dan 1.600cc, yang mana keduanya hadir dengan bantuan turbo.

Mesin 1.500 cc turbo mampu menghembuskan tenaga hingga 158 PS dan torsi maksimum 230 Nm. Sedangkan mesin 1.600 cc turbo milik Tiggo 7 Pro sama dengan milik Tiggo 8 yang bertenaga 199 PS dan torsi maksimum 290 Nm.

Soal harga, di negara asalnya Tiggo 7 Pro dibanderol mulai dari 99.800 Yuan atau sekitar Rp219 jutaan 

Chery EQ1, Mobil Listrik Kecil

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 09

Chery EQ1

Chery memiliki empat model kendaraan ramah lingkungan, dan tidak menutup kemungkinan satu atau lebih dari model itu akan rilis di Indonesia. Mungkin diantaranya Cherry EQ1, sebuah mobil listrik kecil yang di Cina jadi saingan berat Wuling Hongguang Mini EV.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 10

Bentuknya kecil, pas di perkotaan

Hadir dalam pilihan dua atau empat kursi, EQ1 bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang berkendara tidak terlalu jauh. Tampilan depannya khas mobil listrik kecil yang banyak lekukan, mengurangi ukuran mobil agar tidak terlalu besar.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 11

Interior minimalis

Interiornya termasuk lapang serta sudah dilengkapi sunroof. Soal fitur juga cukup canggih dengan panel instrument berupa layar digital, headunit berukuran 9 inci, dan Electric Parking Brake dengan Auto Hold.

Dari segi tenaga, Chery eQ1 dilengkapi motor penggerak sinkron magnet permanen dengan daya 42 PS dan torsi maksimum 120 N.m. Baterai memakai jenis lithium-ion yang memiliki kapasitas 35kWh. Menurut klaim Chery, mobil listrik kecil EQ1 mampu berjalan sejauh 301 km dalam satu kali pengecasan penuh.

3 Mobil Chery Ini Dipersiapkan Buat Indonesia, Satu Diantaranya Mobil Listrik 12

Uniknya ada sunroof

Dalam hal pengisian baterai, mobil ini dilengkapi dengan tiga mode yaitu 220V rumah tangga, pengisian lambat AC, dan pengisian cepat DC.

Dibutuhkan 30 sampai 50 menit untuk pengisian dari 30% hingga 80% dalam mode pengisian cepat DC, sementara itu butuh 5-7 jam untuk terisi penuh oleh AC slow charging dengan charger 6.6kW. Apabila menggunakan 220 V rumahan akan lebih lambat, sekitar 10 hingga 12 jam.

Harga Chery EQ1 dibanderol mulai dari 49.800 Yuan atau sekitar Rp 109 Jutaan.

Baca Juga : Mobil China Chery Nggak Kapok Kembali ke Indonesia, Siapkan SUV Pesaing Toyota Fortuner

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Chery Tiggo 7 Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru