window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Mobil Cina Murah Rp300 Jutaan yang Mirip SUV Premium Dunia, Tampangnya Sih Gak Malu-maluin

Prasetyo · 16 Jul, 2021 12:31

Mobil Cina Murah

Membahas mengenai mobil Cina memang selalu menarik seakan tak ada habisnya. Mungkin kalau kita balik beberapa dekade ke belakang, maka masih ingat betul bagaimana sejumlah pabrikan Tiongkok menawarkan mobil yang kurang menarik. Desainnya cenderung meniru dari sejumlah merk tenar dari Jepang, Eropa, atau Amerika.

Tapi meskipun mobil Cina tiruan ini menimbulkan berbagai cibiran, tapi tak dapat dipungkiri produk-produk itu membanjiri pasar di berbagai negara khususnya untuk kawasan Asia. Anda yang lahir di era 1990-an pun sempat merasakan bagaimana mobil-mobil Cina di Indonesia berdatangan. Mungkin yang paling diingat adalah Chery QQ yang begitu mirip Chevrolet Spark.

Mobil Cina Murah -1

Chery QQ yang di Indonesia sempat populer

Kini Negri Panda itu mengalami kemajuan ekonomi yang begitu pesat. Populasi masyarakatnya pun semakin banyak serta para desainer andal bermunculan. Alhasil desain mobil Cina baru pun punya tampilan yang lebih menarik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tapi sayangnya, beberapa pihak masih menilai kondisi sekarang tak akan melepas stigma mobil Cina sebagai tiruan mobil merk lain yang mengalami penjualan cukup sukses. Misalnya tiga mobil Cina murah yang masih terinspirasi dari tipe-tipe mobil SUV berikut ini.

Baca juga : 5 Mobil Cina Tiruan Mobil Mewah Eropa, Ada yang Mirip Rolls Royce dan Audi R8!

Mobil Cina Murah -2

Karena murah, penjualannya cukup moncer

1. Wey Tank 300 Versi Murah Ford Bronco

Bagi pecinta mobil petualang, setahun tahun belakangan ini dihebohkan dengan hadirnya Ford Bronco. SUV asal Amerika yang kembali menjelma dengan sosok yang lebih modern. Ford Bronco sebenarnya bukan nama baru, namun setelah nasibnya tak jelas sejak 1996, mobil ini seakan tenggelam popularitasnya.

Namun kesuksesan Ford Bronco 2021 pun ternyata menginspirasi munculnya mobil Cina murah bernama Wey Tank. Ini merupakan sub-brand lainnya dari Great Wall Motors (GMW) selain Haval dan Ora. Dan pabrikan Tiongkok itu menawarkann Wey Tank 300 yang dianggap sebagai jiplakan Ford Bronco.

Mobil Cina Murah -3

Harganya separuh banderol Ford Bronco

Tank 300 menawarkan desain boxy tapi dengan berbalut teknologi modern. Antara lain mesin bensin 2.0-liter turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 227 hp dengan torsi 387 nm. Selain itu mobil berpenggerak empat roda ini juga diklaim punya kemampuan off-road tak kalah tangguh dari Ford Bronco. Alhasil Wey Tank 300 bisa terjual lebih dari 6.000 unit per bulannya di pasar lokal.

Mobil Cina Murah -4

Harganya cuma Rp310 jutaan

2. Changan UNI-T lebih murah dari Lexus NX

Mobil Cina memang banyak sekali merknya yang tidak pernah kita dengar. Kali ini kami akan perkenalkan satu mobil Cina murah bernama Changan UNI-T. Changan juga sebenarnya bukan produsen baru di industri otomotif. Sebelumnya mereka pernah menawarkan Changan Era CV6 dan Changan CM8.

Namun belum lama ini pabrikan Tirai Bambu itu memperkenalkan UNI-T. Sebuah model SUV urban yang sepertinya terinspirasi dari Lexus NX. Ini bisa dilihat dari bentuk gril depan dan siluet body yang begitu identik dengan SUV mewah Lexus tersebut.

Mobil Cina Murah -5

Teknologi Lexus NX kalah jauh dari UNI-T

Tapi UNI-T menggunakan mesin 1.5-liter 4 silinder bensin dengan tambahan turbocharged. Mesin ini sanggup memproduksi daya 180 PS dengan torsi 300 Nm yang dikombinasikan transmisi DCT 7 percepatan.

Selain itu mobil ini juga punya fitur autonomus sebab telah dibekali 6 kamera dan 12 sensor ultrasonic. Harganya? Cuma Rp310 jutaan di negara asalnya. Bandingkan dengan Lexus NX yang sentuh di atas Rp1 miliar.

Baca juga : Produsen Mobil Cina yang Sering Jiplak Mobil Eropa Ini Akhirnya Bangkrut, Lika Liku Bisnisnya Menarik

Mobil Cina Murah -6

Siluet bodinya mirip BMW X4

3. Geely Xingyue mirip BMW X4

Kalau masih ada kenangan dengan Geely Panda, sebuah citycar berdesain imut yang harganya kelewat murah, nah Geely juga belum lama ini memperkenalkan Xingyue. Model SUV yang diklaim masuk kategori premium.

Dengan desain coupe 4 pintu, Geely Xingyue disebut-sebut mirip dengan BMW X4. Ini terlihat dari tarikan garis pada bonet, serta desain bagian belakang mobil. Dan tentu saja harga Xingyue jauh di bawah banderol BMW X4, karena Geely cuma mematoknya di kisaran Rp300 juta.

Gimana, minat mobil-mobil tadi kalau masuk Indonesia?

Baca juga : 3 Mobil Cina Ini Mirip Banget Toyota Alphard, Harganya Ada yang Setara Avanza

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Lexus NX 300

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil