window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman Menggunakan Mobil Ala Daihatsu

Enda · 24 Apr, 2022 20:00

Tips mudik lebaran 2022

Libur Lebaran Idul Fitri menjadi momen tepat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin merayakan di kampung halaman bersama sanak saudara. Untuk menuju ke kampung halaman sendiri terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya menggunakan transportasi darat seperti mobil.

“Sebagai salah satu produsen kendaraan roda empat, Daihatsu ingin terus mendekatkan diri kepada pelanggan dengan membantu  memberi support melalui sharing tips mudik aman agar perjalanan pulang ke kampung halaman jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan”, ujar Ben Faqih, selaku Head People Development Department – Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Sebelum melakukan perjalanan mudik, Daihatsu dan GT Radial berbagi tips persiapan mudik yang dibagi menjadi 3 poin utama, mulai dari Persiapan Kendaraan, Persiapan diri, dan Persiapan Selama Berkendara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Mau Mudik Biar Gak Kena Ganjil Genap di Tol? Pakai Mobil Jenis Ini!

1. Persiapkan Kendaraan

Tips mudik lebaran 2022

Lakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik 

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan mobil sudah dalam kondisi prima dan telah melakukan servis rutin. Untuk pengecekan bisa meliputi beberapa komponen, seperti kondisi ban dan tekanan angin, fungsi lampu-lampu, AC, air radiator, minyak rem, hingga perlengkapan darurat seperti tool kit, dongkrak, ban cadangan, dan kotak P3K, termasuk susun muatan di dalam kabin  secara aman agar tidak menghalangi visibilitas pengemudi ketika berkendara.

2. Persiapan Diri

Selanjutnya pemudik diwajibkan untuk mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis dalam kondisi baik. Ketika berkendara dalam kondisi berpuasa dan menghadapi situasi perjalanan macet, cuaca panas, serta kondisi lainnya, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, kelengkapan surat kendaraan, serta uang cash.

Baca juga: 5 Tips Aman dan Nyaman Mudik Pakai SUV, Siap Terabas Tanpa Cemas

3. Gunakan Fitur dengan Sebaik Mungkin

Tips mudik lebaran 2022

Gunakan seatbelt sebelum berkendara

Dalam berkendara, pemudik diharuskan menggunakan fitur sesuai dengan peruntukkannya. Seperti menggunakan sabuk pengaman, penggunaan rem secara bijak, selalu menjaga jarak aman. Jika dirasa lelah, segeralah beristirahatlah maksimal 3 jam setelah berkendara, serta patuhi peraturan dan rambu lalu lintas.

Baca juga: Jelang Musim Mudik Lebaran 2022, Segini Harga Tiket Bus PO Haryanto Tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil