5 Merk Mobil Eropa dan Amerika yang Pernah Ada di Indonesia Tapi Kemudian Menghilang

Sukses di negara asalnya tak menjamin sebuah brand otomotif juga menuai hal yang sama ketika tiba di Indonesia. Cukup banyak pabrikan otomotif dunia yang berguguran di dalam negeri. Baik itu yang datang dari Cina, Malaysia, Amerika, hingga para produsen mobil asal Eropa.

Sempat hadir dan memiliki APM (Agen Pemegang Merek) bahkan membangun pabrik perakitan, sejumlah produsen ini pun terpaksa angkat kaki dari Tanah Air. Alasannya cukup beragam, namun utamanya akibat pejualan yang tak terlalu signifikan.

Nah kali ini Autofun Indonesia akan membawa Anda sedikit kilas balik ke beberapa dekade belakang. Yaitu mengetahui apa saja merk mobil Eropa dan Amerika yang pernah hadir di Indonesia namun akhirnya memutuskan hengkang sehingga kini yang tinggal cuma nama dan penggemar setianya.

Baca juga : 5 Mobil Chevrolet Keren Yang Pernah Hadir di Indonesia, Ada yang Pernah Kamu Punya?

Citroen klasik ini kabarnya ada 1 unit tersisa di Indonesia

1. Citroen

Merk Perancis ini sebenarnya pernah mengisi pasar otomotif dalam negeri sejak tahun 1930-an. Saat itu unit Citroen yang masuk ke Indonesai adalah Citroen TA. Bahkan diyakini unit mobil ini masih tersisa satu dalam kondisi yang sangat layak.

Namun Citroen baru hadir secara resmi di Indonesia tahun 1970-an melalui PT Alun yang saat itu menjadi APM. Ini merupakan langkah marketing menyusul beberapa teknisi Perancis yang membawa sejumlah unit mobil Citroen ketika melakukan pembangunan Bendungan Jatiluhur, di Jawa Barat.

Seri BX menjadi penutup Citroen di Indonesia

PT Alun kemudian memasarkan beberapa model Citroen, seperti Dyane, Mehari, FAF, sedan GS, dan sedan CX. Lantas di tahun 1990-an mulai dipasarkan pula Citroen BX. Sayangnya ini menjadi model terakhir yang menjadi penanda keberadaan Citroen di Tanah Air.

2. Ford

Everest masih jadi SUV populer sampai saat ini

Kisah Ford di Indonesia bermula di tahun 1989. Saat itu berdiri Indonesia Republic Motor Company (IRMC) sebagai importir Ford. Namun di tahun 2000, barulah PT Ford Motor Indonesia yang menjadi APM.

Selama kiprahnya di Nuantara, Ford banyak menawarkan model-model menarik. Mulai dari Focus, Everest, Escape, hingga Ranger yang banyak diandalkan di pertambangan dan perkebunan. Lantas FMI juga meluncurkan Ford Fiesta dan EcoSport yang sukses di segmen hatchback dan SUV compact.

Fiesta EcoBoost, hatchback bermesin 3 silinder

Sayangnya keputusan dari prinsipal yang menilai bisnis di Indonesia kurang menguntungkan, membuat FMi harus mengumumkan menutup kiprahnya di tahun 2016. Padahal penggemar setianya masih banyak di Indonesia.

3. Moskvich

Siapa sangka mobil Rusia ini pernah buat pabrik di Indonesia

Pernah mendengar merk mobil yang satu ini? Ini adalah salah satu merk mobil Russia yang sebenarnya juga pernah ada di Indonesia. Di negara asalnya ia pakai merk IZH yang diproduksi oleh AZLK. Boleh dibilang ini adalah salah satu mobil Nasional Soviet di tahun 1970-an.

Yang menarik dari kehadiran Moskvich di Indonesia adalah, setelah peristiwa G30S (30 September 1965), sentimen rakyat terhadap merk-merk dari negara atau partai komunitas begitu tinggi. Sehingga hampir semua elemen yang berbagi aliran politik itu di hancurkan. Namun nyatanya, di tahun 1970-an Moskvich justru masuk ke Indonesia dan merakit mobil-mobil yang khusus dijual di negara ini.

Iklan Moskvich 412

Beberapa model yang dipasarkan di Tanah Air antara lain Moskvich 412. Mobil ini djual melalui APM PT Diantara Corporation, dimana kemunculan perdananya di Jakarta Fair 1974. Bahkan penjualan Mosvich cukup laris saat itu yang mencapai 800 unit hanya setahun setelah kemunculannya.

Sayangnya usia Moskvich hanya bertahan sampai 1978 setelah pemerintah Indonesia mengetok kebijakan baru tentang pembatasan merk-merk mobil dan motor serta larangan impor dari negara lain.

Baca juga : Masih Layak Dipinang, Ini Mobil Ford Pilihan Yang Masih Wara-Wiri di Indonesia

4. Opel

Opel Blazer yang banyak diburu di Indonesia

Mungkin generasi 1990-an menyebut Opel dan Chevrolet adalah dua produk yang sama. Hal ini mengacu pada kepopuleran Opel Blazer yang sering diucap Chevrolet Blazer. Tidak salah memang, meskipun sebenarnya ada sedikit diferensiasi antara Opel dan Chevrolet di Tanah Air.

Sejak tahun 1938, Opel sudah memproduksi Olympia di pabrik yang berlokasi pada kawasan yang kini dikenal dengan nama Tanjung Priok, Jakarta. Namun pada saat tentara Jepang datang, General Motors memindahkan semua aset pabriknya ke Ancol karena takut dijadikan produksi kendaraan militer Jepang. Presiden Soekarno saat itu pun menasionalisasi pabrik Opel ini. Dan manajemennya berada di bawah Garmak (Garuda Makmur) Motor.

Awalnya bernama Opel Astra tapi diganti jadi Opel Optima

Pada tahun 1970-an ketika mobil-mobil Jepang mulai masuk ke Indonesia, Garmak Motor memposisikan brand Opel di atas Chevrolet sebagai varian lebih mewah dari General Motors. Beberapa model pun cukup populer disini, seperti Opel Kadett. Lantas di tahun 1990-an Opel merilis Astra, tetapi karena namanya bentrok dengan PT Astra yang menjual Toyota, Daihatsu serta Isuzu, akhirnya diganti nama jadi Opel Optima.

Model yang berikutnya keluar adalah Opel Blazer yang jelmaan Chevrolet Trooper dari Amerika. Tetapi akibat krisis moneter yang melanda Indonesia sejak 1998, penjualan Opel pun merosot tajam sampai akirnya terhenti di tahun 2002.

5. Volvo

Namanya mencuat karena jadi kendaraan pejabat dan para menteri

Volvo memang bukan nama merk mobil yang asing buat warga Indonesia. Mobil asal Swedia ini sudah ada di bumi pertiwi sejak 1968. Kala itu APM Volvo di Indonesia adalah PT Central Sole Agency. Karena Presiden Soeharto saat itu mengeluarkan kebijakan setiap mobil impor dari negara lain wajib punya pabrik di Indonesia, maka berdirilah PT ISMAC (Indo-Swedia Motor Assembly Corporation) tahun 1975.

Selain memasarkan dan merakit kendaraan penumpang (passenger car), Volvo juga kemudian merakit bus dan truk. Dan karena Sudono Salim, pemilik Salim Group yang memayungi APM Volvo punya kedekatan dengan presiden, maka Volvo pun jadi kendaraan para pejabat pemerintah dan militer.

Volvo varian Wagon atau Estate kini jadi incaran kolektor

Namun seiring waktu berjalan, Salim Group ternyata mengalami kerugian. Indomobil Group pun mencoba menyelamatkan merk Volvo di tahun 1987. Di masa pemerintahan Orde Baru, Volvo juga naik daun, bahkan dipercaya jadi kendaraan resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non Blok di Jakarta tahun 1992. Namun pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mobil menteri tak lagi pakai Volvo. Ini pun membuat penjualan merk Eropa itu merosot tajam.

Baca juga : Bugatti Chiron Super Sport 2021, Grand Tourer yang Mampu Tembus Kecepatan 500 Km Per Jam

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Ranger

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

FORD RANGER FX4 FULL REVIEW AND DRIVE IMPRESSIONS!

Temukan All-New Chevrolet Trailblazer

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Volvo S90
    Rp 1,33 Milyar
    VS
    Mercedes-Benz E-Class
    Rp 1,06 Milyar
    S90 vs E-Class
  • Volvo S90
    Rp 1,33 Milyar
    VS
    BMW 5 Series Sedan
    Rp 1,25 Milyar
    S90 vs 5 Series Sedan
  • Volvo S90
    Rp 1,33 Milyar
    VS
    Jaguar XF
    Rp 1,40 Milyar
    S90 vs XF
  • Volvo S90
    Rp 1,33 Milyar
    VS
    Audi A4
    Rp 1,28 Milyar
    S90 vs A4
  • Volvo S90
    Rp 1,33 Milyar
    VS
    Lexus GS
    Rp 1,20 Milyar
    S90 vs GS
Ford Ranger
Lihat