Alternatif MPV Murah 7 Penumpang, Harga Datsun GO+ Panca Bekas Ini Kurang Dari Rp 90 Juta

MPV paling awal di kelas LCGC

Sewaktu Datsun masih berjualan di tanah air, varian GO+ Panca merupakan satu-satunya MPV yang masuk dalam kategori LCGC. Menjadi kelebihan saat itu karena lawan-lawanya masih berbentuk Hatchback dan tidak ada yang memiliki bagasi seluas GO+.

Datsun menjual GO+ Panca selama periode empat tahun dari 2014 hingga 2017. Di tahun selanjutnya Nama GO+ berubah menjadi GO Cross dan sudah tidak hadir di kelas LCGC.

Sayangnya Datsun kemudian harus hengkang karena masalah penjualan dan harus menutup pabriknya di Purwakarta. Meskipun Datsun stop produksi di Indonesia, namun unit mobil bekasnya masih cukup ramai. Salah satu alasannya soal harga yang jauh lebih murah ketimbang kompetitor.

Kalau budget anda terbatas dan menginginkan sebuah MPV, GO+ Panca bisa menjadi alternatif pilihan mobil bekas. Karena mobil ini menawarkan kenyamanan setara Mid MPV tetapi dengan emblem Datsun.

Soal spare part juga bisa menggunakan milik Nissan, sehingga tidak perlu khawatir kesusahan dalam mengganti bagian fast moving.

Baca Juga:FAQ: Pertanyaan Menarik Soal Nissan Leaf, 0-100 Km/Jam di Bawah 8 Detik?

Soal Eksterior Masih Modern, Tidak Terasa Jadul

Masih enak dilihat

Tampilan mobil MPV ini masih terlihat modern, tidak ketinggalan jalan dan sedikit sporty lewat desain lampu utama dan bemper depan yang hadir dengan sedikit lekukan. Ada juga gril segi enam berpola sarang lebah yang merupakan desain khas Datsun saat itu.

Pake gril depan khas Datsun

Sayangnya lampu utama masih menggunakan halogen. Untungnya sudah ada fitur follow me home yang akan mematikan lampu 30 detik setelah keluar mobil.

Dari samping seperti hatchback yang ditarik

Sisi samping GO+ Panca mirip seperti hatchback yang makin panjang. Tentu saja karena penambahan baris ketiga walaupun Datsun sendiri menyebutnya sebagai mobil 5+2. Adanya lekukan bodi dan kaca yang menyempit membuat desainnya lebih bagus ketimbang Wagon R. 

Bagian belakang minimalis

Bagian belakang tidak kalah sporty lewat stoplamp berbentuk persegi dan bemper yang pas dibuat pas dengan garis bodi mobil. Tak lupa logo Datsun besar di tengah hadir sebagai penanda merek yang sudah ada sejak 1932 ini.

Interior Memiliki Kesan Simple dan Praktis

Interior masih modern

Kabin merupakan salah satu kelebihan GO+ Panca dibandingkan LCGC lain. Menawarkan kabin yang lapang lewat kursi model sambung dan tuas transmisi menempel di dashboard. Soal material masih menggunakan plastik walaupun ada aksen silver dan hitam.

Tape single din hanya untuk tipe T option

Dashboard GO+ Panca termasuk sangat simple, hanya menampung pengaturan AC dan tape single din. Untungnya sudah ada power window sebagai standar walaupun rem tangan masih model tarik.

Baris kedua nyaman

Baris kedua juga masih cukup nyaman diduduki orang dewasa karena bentuk MPV-nya yang cukup membantu legroom dan headroom. Sayangnya baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak.

Bagasi lebih luas dari LCGC lain

Beberapa fitur juga dikurangi oleh Datsun seperti subwoofer tengah dan power window, untuk menyesuaikan harga.

Baca Juga:New Nissan Elgrand 2022 Akan Dirombak Total, Lebih Mewah dan Canggih dari Alphard

Pakai Mesin Tangguh Milik Nissan March

Mesin HR12DE, sudah teruji

Soal urusan dapur pacu Datsun GO+ Panca patut berbangga diri karena memiliki kapasitas lebih besar dari kompetitor. Mesinnya berkode HR12DE 1.200cc bertenaga 68 PS di 5.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 104 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin ini cukup untuk menghela bodi MPV GO+ Panca yang kurang dari 1 ton. Selain itu karena menggendong mesin 3 silinder maka akselerasi bawahnya cukup baik.

Ada juga tipe T option dengan bodykit

Datsun GO+ Panca sudah dilengkapi Electronic Power Steering untuk memudahkan pengemudi. Transmisi manual 5 percepatan menjadi satu-satunya pilihan sebelum akhirnya Datsun memberikan pilihan CVT di tahun 2018.

Tenaga kemudian disalurkan ke dua roda depan (FWD). Belum ada ABS maupun traction control di seluruh model GO+ Panca.

Kelebihan dan Kekurangan Datsun Go+ Panca

Sebelum membeli Datsun GO+ Panca sebagai mobil bekas, pastikan anda mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut merupakan tabel perbandingan keduanya.

Kelebihan Kekurangan
Konsumsi BBM irit, khas tiga silinder 1.200cc Beberapa fitur dihilangkan, seperti power window
Peredaman kabin termasuk baik Getaran mesin masih masuk
Suspensi nyaman Belum ada airbag dan ABS
Mampu menampung tujuh penumpang Ground clearance agak pendek untuk kelas MPV

Harga 

Berikut merupakan kisaran harga Datsun GO+ Panca untuk tipe T dan T Option mulai dari tahun 2014 hingga tahun 2017 menurut salah satu situs jual beli online di Indonesia.

Tipe  Tahun Kisaran Harga
Datsun GO+ Panca T, T OPT MT 2014 Rp 50 Juta - Rp 60 Juta
Datsun GO+ Panca T, T OPT MT 2015 Rp 65 Juta - Rp 70 Juta
Datsun GO+ Panca T, T OPT MT 2016 Rp 70 Juta - Rp 73 Juta
Datsun GO+ Panca T, T OPT MT 2017 Rp 75 Juta - Rp 80 Juta

Kesimpulan

Datsun GO+ Panca bisa menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan sebuah mobil MPV bekas dengan budget terbatas. Kelebihan mobil ini banyak menutupi kelemahannya, apalagi soal mesin yang bisa dibilang tangguh dan awet. 

TIdak perlu takut soal sparepart walaupun pabrikannya telah hengkang, karena kebanyakan sama persis dengan milik Nissan March. Pastikan sebelum membeli untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui buku servis. 

Baca Juga:Nissan Terra Nismo 2022 Dijanjikan Lebih Sporty dari Fortuner GR Sport

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Datsun GO Plus

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 151,00 Juta
Rp 3,08 Juta/bln

18.537 km

3 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Datsun Go Plus Dengan Audio Kustom Mini Bar

Review Datsun GO PLUS 7-seat MPV - Harga, Interior, Fitur, Varian

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait