First Drive Kia Seltos CRDi 2021, Satu-satunya SUV Kompak Buat Pecinta Mobil Diesel

Bertepatan dengan hari pertama diselenggarakannya pameran GIIAS 2021, PT Kreta Indo Artha memperkenalkan Kia Seltos CRDi 2021. Ini merupakan varian anyar dari Kia Seltos yang menggunakan mesin diesel. Namun khusus tipe CRDi ini, cuma hadir satu tipe dengan kapasitas lima penumpang (5-seater).

Walaupun diklaim hanya memiliki diferensiasi dari sisi sumber tenaga, namun nyatanya ada beberapa fitur dari Kia Seltos bensin yang dipangkas pada model CRDi ini. Padahal jika dilihat harganya, Seltos diesel lebih mahal dibanding Seltos gasoline tipe EX Plus.

Rilis di GIIAS 2021

Meski demikian, dengan dipasangkannya mesin diesel, Seltos diklaim makin menyenangkan untuk dikendarai. Mengingat karakter mesin berbahan bakar solar ini punya torsi yang lebih berlimpah dibanding mesin bensin.

Benarkah anggapan ini? Kami pun mencoba membuktikannya. Menggunakan unit Kia Seltos CRDi yang ada di area Test Drive GIIAS 2021. Walau singkat, setidaknya bisa sedikit memberi gambaran bagaimana sensasi berkendara dengan mobil diesel ini.

Harga Kia Seltos 2021
Tipe Harga
E Rp310.800.000
EX Rp337.200.000
EX Plus Rp374.000.000
CRDi Rp389.000.000
GT Line Rp415.000.000

Baca juga : Harganya Lebih Mahal Rp15 Juta, Apa Beda KIA Seltos Diesel dan Bensin?

Mesin Dieselnya Senyap

Mesin diesel 1.5L e-VGT CRDi

Diesel yang senyap, itu dua kata yang kami dapatkan saat pertama kali maasuk ke kokpit Kia Seltos CRDi 2021 dan menekan tombol Start/Stop engine. Getaran mesin diesel yang biasanya sangat terasa, mampu diredam dengan baik oleh kap mesin dan area sekitarnya sehingga tak terlalu menyeruak ke luar.

Emblem CRDI jadi pembedanya

Kondisi ini pun langsung mengingatkan kami pada karakter mesin diesel modern keluaran Kia dan Hyundai yang memang juga terkenal senyap. Raungan mesin dan getarannya baru terasa manakala pedal gas diinjak dan puntiran mesin sudah menunjukkan 2.000 rpm ke atas.

Tenaga Tak Terlalu Istimewa, Tapi Menyenangkan Dikendarai

Letupan tenaganya sudah ada sejak rpm bawah

Di atas kertas, mesin diesel U2 1.5L CRDi dari Kia Seltos diesel ini mampu memproduksi daya 115 PS pada 4.000 rpm dengan torsi 250 Nm d 1.500-2.750 rpm. Sebenarnya dibanding varian mesin bensin 1.4-liter Turbo, tenaga dan torsi dari Seltos diesel ini tidak terlalu istimewa.

Ada 6 mode berkendara yang bisa dipilih

Figur daya dari Seltos gasoline bermesin Kappa 1.4 ada di 140 PS dengan torsi 242 Nm. Itu artinya Seltos diesel hanya punya torsi 8 Nm lebih tinggi ketimbang varian mesin bensin. Bahkan tenaganya malah lebih rendah 25 PS dibanding Seltos bensin.

Karakter tenaga mesinnya tak jauh beda dari mesin bensin

Tapi itu hanya sekedar catatan spesifikasi. Nyatanya, ketika dijajal, Seltos CRDi mampu memberikan rasa menyenangkan untuk dikendarai. Hentakan torsinya yang ada sejak rpm rendah pasti akan membuat pecinta mobil-mobil bertenaga besar menyukainya.

Transmisi otomatis 6 percepatan

Apalagi ia ditunjang transmisi otomatis 6 percepatan, bukan menggunakan CVT. Sehingga setiap pergantian posisi gigi di rpm tinggi masih bisa memberikan sensasi yang menyenangkan.

Baca juga : Harga Murah dengan Fitur Seabrek, Kia Sonet dan Seltos Masuk 3 Besar SUV Terlaris di Indonesia

Nyaman Hingga Ruang Belakang

Setir nyaman, lengkap dengan tombol pengaturan termasuk cruise control

Mengingat area Test Drive GIIAS 2021 yang tak terlalu besar, maka kami tidak bisa memberikan gambaran secara menyeluruh tentag performa Kia Seltos CRDi ini. Meski demikian, kami sempat merasakan pula bagaimana kondisi ketika duduk sebagai pegemudi hingga penumpang di jok baris kedua.

Jok nyaman meski minus fitur ventilasi

Duduk di kokpit mobil ini cukup nyaman. Lingkar kemudi pas dengan genggaman tangan apalagi materialnya juga tidak licin walau telapak tangan tengah berkeringat. Pengaturan jok memang masih manual, tapi posisinya bisa diatur juga cukup nyaman. Pandangan ke arah depan serta samping juga baik, tak terhalang keberadan pilar A atau pilar C di belakang saat menggunakan bantuan spion tengah.

Ruang kaki dan kepala jok belakang lapang

Beralih ke jok baris kedua, ruang kaki dan ruang kepala sangat lebar. Tinggi tubuh saya yang 175 cm, masih menyisakan ruang yang lebar. Akses masuk dan keluar kabin juga tak ada halangan. Sayangnya posisi sandaran punggung jok penumpang belakang tidak bisa direbahkan sesuai kemauan penumpang supaya tercipta posisi duduk lebih rileks.

Kesimpulan

Satu-satunya SUV kompak diesel di Indonesia kelas Rp300 jutaan

Hadirnya pilihan mesin diesel dengan Kia Seltos CRDi 2021 tentu membawa pilihan baru bagi Anda yang sudah lama kepincut SUV bertubuh compact ini. Apalagi kalau Anda selama ini mencari mobil di kelasnya yang menggunakan meisn diesel. Mengingat kompetitornya dari Jepang tak ada yang menggunakan mesin diesel.

Tapi perlu diperhatikan pula beberapa hal yang justru dikurangi pada Seltos diesel dibandingkan varian bensinnya. Termasuk transmisi otomatis biasa bukan Dual Clutch Transmission (DCT) 7 percepatan seperti Seltos gasoline.

Baca juga : Video: Duet SUV Korea Hyundai Creta dan Kia Seltos Siap Lengserkan Honda HR-V Dari Tahta SUV Kompak

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Seltos

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

49.476 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda HR-V E 1.5

Rp 304,00 Juta
Rp 6,19 Juta/bln

38.935 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

29.075 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Komparasi Hybrid vs Diesel Canggih, Pilih Yang Mana? | Komparasi

2021 KIA Seltos GT Line Review: Everything You Need To Know

2021 KIA SELTOS SX REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!

ALL NEW GENESIS G80 2021 Hyundai - ADS

Kia Seltos Super Bowl 2020

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Kia Seltos
Lihat