Jarang Dilirik, Ternyata Sedan Bermesin Diesel Punya Sejarah Panjang di Indonesia

Saat orang membeli sebuah sedan, pertimbangan utama yang dicari ialah kenyamanan dan kenikmatan berkendara. Tidak heran, mayoritas mobil sedan di dunia dan di Indonesia memakai mesin bensin. Namun jangan salah, cukup banyak model sedan bermesin diesel yang sebagian diantaranya masuk ke Indonesia.

Mesin diesel dikenal menghasilkan torsi besar, sehingga biasanya digunakan pada kendaraan untuk muatan besar. Untuk mobil penumpang, mesin diesel biasanya digunakan pada SUV, pick up, hingga minibus. 

Sedan dengan mesin diesel dianggap sebagai kendaraan yang kurang ideal dengan kondisi di Indonesia. Dengan sasis monokok, sedan diesel memiliki kelemahan berupa getaran mesin yang jauh lebih terasa.

Pasalnya, dahulu konsumen bahan bakar diesel adalah kendaraan niaga seperti truk dan bus sehingga ada kesan jorok atau kumuh bila sedan memakai mesin diesel. Seiring perubahan zaman, bahan bakar diesel bermutu tinggi semakin mudah dijumpai. 

Alhasil, kendaraan penumpang bermesin diesel populasinya semakin mudah dijumpai termasuk sedan. Ada manfaatnya kalau sebuah sedan ini memakai mesin diesel, yaitu punya kemampuan akselerasi awal yang cukup galak dengan torsi besar di putaran bawah.

Mundur ke belakang, rupanya populasi model sedan bermesin diesel sudah cukup banyak hadir di Indonesia. Sebagian diantaranya digunakan sebagai armada taksi karena mesinnya yang kuat memakai solar murah sehingga bakal hemat dari sisi biaya operasional. 

Apa saja sedan bermesin diesel yang pernah menghisasi blantika otomotif Tanah Air? Mari kita bahas dalam artikel di bawah ini.

Mercy Kentang, Cikal Bakal Sedan Modern Bermesin Diesel

Eksistensi mobil sedan bermesin diesel sebenarnya sudah cukup lama hadir di Indonesia, yaitu sejak 1962. Adalah Mercedes-Benz W120 dan W121 atau yang kita kenal sebagai Mercy Kentang. Sedan ini hadir sebagai taksi yang dioperatori oleh NV Djakarta City Cab saat acara Asian Games tahun 1962 serta Ganefo 1962.

Di Indonesia sendiri konon paling banyak beredar adalah W120 180Db atau varian bermesin 1.800 cc diesel, dengan aksen 'D' di belakang seri model.  Mercedes 180D dan 180Db memakai mesin diesel 4 silinder OM636 berkapasitas 1800cc. 

Mercy Mini Bermesin Diesel, Jadi Mobil Dinas Perusahaan Tambang

Apabila Mercy Kentang ini hadir sebagai mobil taksi, maka Mercy Mini merupakan sedan bermesin diesel yang dijual kepada masyarakat umum. Mobil dengan nama resmi Mercedes-Benz W114 240d hadir pada 1976 ini memang unitnya hanya masuk cukup sedikit karena memang digunakan sebagai tes pasar. 

Mercy Mini dengan mesin diesel dibekali mesin berkode OM616 diesel 4 silinder berkapasitas 2400cc. Mercy Mini bermesin diesel ini diketahui pernah dimiliki oleh PN Timah dan PT Elnusa untuk kepentingan armada korporasi.

Mercy Tiger Bermesin Diesel, Dipakai Jadi Mobil Travel VIP

Nama Mercedes-Benz seolah tak bisa lepas dari sejarah awal sedan bermesin diesel di Indonesia. Pasalnya, dulu memang agak jarang populasi mobil diesel sehingga merek asal Jerman ini melihat peluang bermain di segmen sedan bermesin diesel. Pada dekade 1960-1970an bahkan masih cukup banyak truk dan bus merek Amerika Serikat yang pakai mesin bensin.

Setelah Mercy Mini, tongkat estafet sedan bermesin diesel dilanjutkan oleh Mercy Tiger alias W123. Saat itu, unit yang masuk ke Indonesia ialah 240D, dengan mesin OM616 2.400 cc serupa milik Mercy Mini. Pihak Mercedes-Benz menjual 240D ini secara umum kepada masyarakat. 
Salah satu pembeli 240D ini ialah perusahaan travel premium 4848. Alhasil, Mercedes-Benz 240D ini kemudian digunakan sebagai travel premium dengan rute Jakarta-Bandung.

Holden Gemini, Sedan Bermesin Diesel Paling Populer

Kamu yang lahir dan besar pada dekade 1980-1990an di Jakarta mungkin tak asing dengan sosok Holden Gemini. Ya, sedan kompak ini begitu populer sebagai mobil taksi oleh perusahaan Presiden Taksi, Kosti Jaya, dan banyak lagi. Hal yang cukup melekat dalam sosok Holden Gemini ialah semburan tipis asap hitam dari knalpotnya yang menandakan kalau ini adalah mobil diesel.

Mobil ini hadir di Indonesia antara tahun 1984 hingga 1990 yang dijual oleh PT. Udatimex sebagai ATPM Holden di Indonesia. Bisa dibilang, inilah sedan bermesin diesel paling banyak populasinya di Indonesia. Mesin yang dipakai Holden Gemini adalah buatan Isuzu dengan kapasitas hanya 1500cc.

Mesin seri 4EC1 buatan Isuzu ini terkenal sangat irit konsumsi BBMnya. Terkadang jika mesin sehat 1 liter solar bisa untuk 18km di rute luar kota.Kelebihan Holden Gemini adalah mesin dieselnya yang memiliki torsi besar dengan bobot kendaraan yang hanya sekitar 900kg membuatnya sangat irit bahan bakar. 

Nissan Cedric Y31, Sedan Bermesin Diesel Untuk Taksi Premium

Nissan Cedric Y31 awalnya merupakan unit bekas KTT 1992 yang dilelang pemerintah ke masyarakat umum. Unit tersebut lantas kemudian dibeli oleh perusahaan taksi Blue Bird dan oleh Blue Bird dibuat menjadi taksi VIP dengan nama Silver Bird.

Karena statusnya yang CBU dan hanya sedikit unitnya inilah yang membuat part slow moving dan part bodinya susah. Oleh karena itu tak susah menemukan Nissan Cedric dengan bodi alakadarnya dijalanan. Untungnya karena mobil ini bermesin diesel konvensional dan statusnya sebagai mobil taksi membuat part fast moving yang dipakai murah dan harganya murah. 

Kelebihan Nissan Cedric ini adalah nyaman dan lega karena tergolong sedan saloon. Shockbreaker sangat empuk, stir sangat ringan, posisi duduk terutama penumpang belakang sangat pas dengan bentuk jok belakang yang memadai. Untuk interiornya sangat leba baik ruang kepala, ruang kaki dan bada terutama untuk penumpang belakang.

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mercedes-Benz E-Class

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2015 Honda CIVIC 1.8

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

40.865 km

7,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota COROLLA ALTIS V 1.8

Rp 408,00 Juta
Rp 8,31 Juta/bln

12.662 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota VIOS G 1.5

Rp 170,00 Juta
Rp 3,46 Juta/bln

88.383 km

6 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2014 Mercedes-Benz E 250 AMG 2.0

Rp 413,00 Juta
Rp 8,41 Juta/bln

53.402 km

9 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 BMW 3 20I (CKD) 2.0

Rp 551,00 Juta
Rp 11,23 Juta/bln

47.554 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

NEW 2021 MERCEDES-AMG E63 S WAGON

NEW 2021 MERCEDES-AMG E63 S SEDAN

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mercedes-Benz E-Class
Lihat