Duel KIA Seltos GT Line 2022 vs Hyundai Creta Prime IVT 2022, Kasta Tertinggi SUV Kompak Korea

Anda bisa menyebut pertarungan keduanya dengan julukan apa pun. Mulai dari 'Duel K-Pop' atau 'Persaingan Adik-Kakak', yang jelas komparasi antara dua varian tertinggi, yaitu KIA Seltos GT Line 2022 dan Hyundai Creta IVT Two Tone 2022 seru disimak.

Keduanya hadir perdana di event yang sama, yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 pada Kamis, 11 November lalu di ICE BSD, Tangerang. KIA Seltos GT Line 2022 ditampilkan sebagai versi termahal dari seri Seltos. Sementara Hyundai Creta memang baru hadir di Indonesia dan didapuk menjadi model pertama yang diproduksi dari pabrik Hyundai Cikarang.

Dalam komparasi kali ini, pembahasan akan berfokus pada desain, fitur, mesin dan juga harga. Seperti apa hasilnya?

Baca Juga: Beli Hyundai Creta 2021 Bisa Tentukan Fitur Sendiri, Pilih Tipe Terendah Tapi Tambah Sunroof, Bisa!

Desain

Baik KIA Seltos GT Line 2022 dan Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 lahir sebagai SUV 5-seater yang mengutamakan desain modern. Hal ini terwakili mulai dari desain front fascia keduanya.

Meski demikian, Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 menghadirkan desain elegan lewat bentuk grille besar dengan kombinasi lampu DRL bersistem LED yang terintegrasi di kedua sisinya. Desainnya berbeda dari versi India yang memiliki celah antara DRL dengan grille.

Hyundai Creta versi Indonesia berbeda dari di India

Sementara headlamp Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 berbentuk trapesium terdapat di panel bumper depan yang mirip keluarga SUV dari Mitsubishi seperti Pajero Sport atau Xpander Cross.

Beralih ke samping, ada siluet bodi dengan kesan kokoh yang dilengkapi velg 17 inci berbentuk akar. Sementara di belakang terdapat stoplamp besar dengan bentuk split ditunjang lampu mundur di bagian bumpernya. Sebagai pelengkap, panel atap dan pilar dari Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 berwarna hitam yang kontras dari kelir bodinya.

Masuk ke dalam kabin, Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 menampilkan desain futuristik dengan nuansa two tone kombinasi hitam dan coklat. Setir palang empat yang unik dengan bermacam tombol pengaturan. Spidometernya full digital dengan kisi AC model klasik. Sedangkan center cluster yang didominasi layar LCD untuk fitur hiburan.

Dari desain KIA Seltos GT Line 2022, pabrikan yang juga memperkenalkan logo barunya tersebut menghadirkan kesan maskulin lewat siluet bodi yang bergaris tegas. Sedangkan dari depan, headlamp LED-nya tetap mempertahankan desain besar dengan garis yang menyatu ke grille 'Tiger Nose' khas KIA.

Pembeda lain KIA Seltos GT Line 2022 dari versi di bawahnya, terdapat beberapa panel merah yang terdapat di bagian bawah mobil tersebut. Serta emblem GT merah pada panel grille hitam yang terkesan sangar. Sayangnya bagian velg palang Y masih sama seperti model CRDi yang ada di bawahnya.

Aksen merah jadi ciri KIA Seltos GT Line

Di sektor interior, KIA Seltos GT Line 2022 punya kesan maskulin dengan dominasi warna hitam. Menariknya, jok lapis kulit dijahit dengan benang warna merah yang terlihat kontras. Oiya pada varian ini juga sudah dilengkapi panel soft touch, head up display, jok elektrik, ventilated seat dan paddle shift. Serta spion tengah auto dimming dan Sound Mood Light.

Baca Juga: Hyundai Creta 2021 Lebih Canggih dari Honda HR-V, Ada Fitur Anti Maling

Fitur

Seperti diketahui, KIA Seltos GT Line 2022 dan Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 yang bermain di segmen gemuk, SUV 5-seater. Kompetitornya sekelas Honda HR-V, Wuling Almaz, Suzuki SX-4, MG SZ hingga Mazda CX-30. Hal tersebut membuat adu fitur menjadi keharusan.

Di sisi ini, KIA Seltos GT Line 2022 sudah dilengkapi head up display 8 inci dan sunroof. Headunit berupa layar sentuh 10,25 inci juga sudah dilengkapi dengan fitur navigasi dan koneksi smartphone, UVO. Fitur pemanja kabin juga ditambah dengan audio premium berupa delapan buah speaker dari Bose.

Selain itu deretan mode berkendara Sport, Eco, Normal, Mud, Snow dan Sand pada KIA Seltos GT Line 2022. Kemudian 360 view camera, Smart Pure Purifier dan tire pressure monitor juga disematkan pada model tertinggi ini.

Sedangkan Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 tampak lebih superior. Karena punya fitur andalan berupa Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) berjuluk Hyundai SmartSense.

Hyundai SmartSense terdiri dari bermacam fitur dan teknologi. Seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Driver Attention Warning (DAW), Safe Exit Warning (SEW), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Hyundai Creta tertinggi memiliki interior two tone

Jika KIA Seltos GT Line 2022 punya UVO untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone, maka Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 memiliki Hyundai Bluelink. Aplikasi ini serupa, yakni untuk menghubungkan pemilik ke Hyundai Creta lewat smartphone. Salah satu fasilitasnya adalah akses cepat untuk menghubungi Call Center Bluelink saat kondisi darurat di jalan.

Mesin

Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 mengusung mesin empat silinder Smartstream 1.497 cc dengan tenaga 116 PS di 6.000 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatik iVT alias CVT.

Dari sektor ini, KIA Seltos GT Line 2022 lebih unggul karena dibekali mesin empat silinder turbo Kappa berkapasitas 1.353 cc. Mesin tersebut punya tenaga 141 PS di 6.000 rpm dan torsi 242 Nm pada rentang 1.500-3.200 rpm. Transmisinya 7-percepatan otomatik dual clutch transmission (DCT).

Baca Juga: Hyundai Creta 2021 Buatan Indonesia Segera mengaspal di Malaysia

Harga

Urusan harga Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 dijual dengan harga Rp 399 juta (on the road Jakarta) dan terbilang lebih terjangkau dari saudara sesama pabrikan Korea Selatan itu. Pasalnya KIA Seltos GT Line 2022 dilepas dengan banderol Rp 415 juta (on the road Jakarta).

Harga KIA Seltos sedikit lebih mahal

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih terjangkau, Hyundai Creta Prime IVT Two Tone 2022 patut dipilih bagi Anda yang ingin tunggangan dengan fitur kekinian yang melimpah. Tapi desainnya yang terbilang unik, belum tentu dapat memenuhi selera banyak orang.

Sementara KIA Seltos GT Line 2022 punya desain yang gagah dan mesin yang jauh bertenaga. Namun konsekuensinya, harga jualnya lebih mahal. Sehingga mobil ini mungkin akan dilirik bagi Anda yang mengutamakan performa ketimbang limpahan fitur.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Creta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

49.476 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Tiga Hal yang Perlu Diketahui dari Hyundai CRETA

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Creta vs Almaz
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    Creta vs HR-V
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Creta vs XL7
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Creta vs Rush
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Creta vs Raize
Hyundai Creta
Lihat