Selisih Rp 1,2 juta, Pilih Hyundai Staria Signature 9 atau KIA Grand Carnival Premiere?

Dengan anggaran lebih rendah dari Honda Odyssey, kalian bisa meminang salah satu dari dua pilihan MPV gambot nan berkelas asal Korea Selatan. Opsinya yakni Kia Grand Carnival Premiere seharga Rp 886,8 juta OTR Jakarta atau Hyundai Staria Signature 9 yang dibanderol Rp 888 juta.

Untuk diketahui, varian Premiere merupakan kasta tertinggi Grand Carnival sementara Signature 9 adalah tipe terendah Staria. Meski begitu, bukan berarti di harga segini Grand Carnival adalah pilihan paling oke atau Staria jadi opsi yang payah. Begitu pun sebaliknya. Sebelum memutuskan bawa pulang yang mana, simak dulu pertimbangan berikut ini.

Grand Carnival Muat Banyak, Staria Lebih Leluasa

Dengan panjang lima meter lebih, jelas kedua mobil ini tidak bisa dibilang kecil. Apalagi, mereka benar-benar dirancang sebagai mobil penumpang yang sanggup memuat banyak. Grand Carnival boleh dilirik bila merasa suatu waktu perlu mengangkut cukup banyak penumpang.

Kabin Grand Carnival, muat sampai 11 orang

Bagaimana tidak, kabin menyanggupi untuk diisi total sebelas orang dalam empat baris. Mengadopsi aransemen jok individual tiga sandaran di baris kedua dan ketiga yang bagian tengahnya dapat dilipat sehingga terasa duduk di captain seat. Dibarengi pula pergeseran bangku cukup jauh sehingga pembagian ruang kaki bisa dirasa lebih adil. 

Kendati begitu, interior Grand Carnival terasa cukup sempit – relatif terhadap Staria – terutama di row tiga dan empat. Hal ini dikarenakan lantai yang meninggi setelah baris kedua serta ukuran jendela samping kurang royal di paling belakang. Di samping itu, bench seat terakhir memang terkesan seperti bangku darurat. Bukan komponen esensial, tersembunyi di dalam lantai bagasi. Bisa disimpulkan, komposisi paling pas adalah ketika diisi maksimal delapan penumpang. 

Staria terasa lebih lega

Nah, Staria sendiri jadi juaranya bila bicara soal kelapangan kabin. Postur tinggi, jendela serbabesar, dan dimensi eksterior yang lebih panjang sekaligus behidung pesek tampaknya mendukung hal itu. Diperkuat pula oleh lantai rata plus aransemen bangku yang benar-benar memaksimalkan ruang untuk penumpang. Sama terbagi atas empat baris. Bedanya, ia mengusung captain seat di row dua dan tiga ditambah bench seat paling belakang. Baris kedua sendiri dapat diputar 180 derajat.

Baca juga: Lebih Murah Tapi Semewah Alphard dan Staria, Mungkinkah GAC GN8 Master Edition juga Masuk Indonesia?

Mewah dengan Definisi Masing-Masing

Dibanderol hampir Rp 900 juta, wajar kalau berekspektasi mendapatkan suatu kenikmatan rasa premium. Tidak diragukan lagi, keduanya memiliki nilai itu dengan definisi tersendiri. Setidaknya, dari segi fitur sama-sama mendukung kenyamanan meski ada sedikit perbedaan.

Fitur Sorotan
  KIA Grand Carnival Premiere Hyundai Staria Signature 9
Eksterior Dual Sunroof Dual Sunroof
Remote one-touch Sliding Doors Smart Power Sliding Doors
Smart Power Tailgate Smart Power Tailgate
Interior 12,3" Instrument Cluster 10,25" Instrument Cluster
12,3" Audio, Smartphone Integration 8" Audio, Smartphone Integration
BOSE Premium 12 Speaker Standard 6 Speaker
Power Adjustable Front Seats + Heated & Ventilated Power Adjustable Front Seats + Heated & Ventilated
Remote Engine Start Remote Engine Start

Namun, harus diakui kalau Kia paling sukses menyuarakan aura kemewahan lewat permainan desain dan material. Rancangan dasbor elegan merupakan senjata utama. Ada kesan simplisitas modern lewat tarikan-tarikan horizontal. Segala permukaan pun terasa empuk dan menggugah untuk disentuh. Di samping itu, dua layar lebar 12,3 inci dalam satu bingkai – sebagai kluster instrumen dan pusat sarana hiburan – seakan terinspirasi dari Mercedes-Benz. Tak kalah menarik konsol tengah berisi selektor transmisi model silinder kristal. 

Lain cerita di Staria, lebih terkesan seperti mobil komersial yang dibuat mewah. Oke, mungkin tersemat bermacam peranti modern nan canggih. Sebut saja layar-layar di dasbor, selektor gigi model tombol, rem parkir elektrik, dan lainnya. Juga termasuk elemen bergengsi seperti dual sunroof plus tirai privasi. Hanya saja, ia masih memiliki nuansa ultilitarian sebuah mobil pekerja.

Hal ini terbawa lantaran mengadopsi dasbor lebih sederhana dengan banyak kompartemen. Belum lagi posisi duduk tinggi seakan sedang naik bus. Semakin kuat pula auranya di belakang lantaran terpasang jendela geser manual dan desain door trim yang sulit untuk disebut elegan. Kalau disebut tangguh mungkin benar adanya.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan?

Fitur Keselamatan Grand Carnival Lebih Komprehensif

Faktor keselamatan di kedua MPV gambot ini memang tidak perlu diragukan lagi. Tersemat cukup banyak peranti perlindungan seperti 6 airbags di Staria atau 7 di Grand Carnival. ABS+EBD+BA hingga kontrol stabilitas elektronik juga tentunya eksis. Di samping itu, manuver mobil sepanjang 5 meter lebih ini sudah dibantu oleh kamera 360 derajat dan monitor blind spot. Tidak akan mengecewakan.

Meski begitu, Grand Carnival masih punya tambahan asisten berkendara aktif atau lazim disebut sebagai ADAS (Active Driving Assistance System). Termasuk di dalamnya berbagai peranti peringatan serta intervensi kendali secara otomatis, baik itu pengereman atau pergerakan setir, bila diperlukan. Bahkan Grand Carnival mengadopsi cruise control adaptif. Berikut daftarnya:

  • Forward Collision -Avoidance Assist - (FCA + Junction Turning)
  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
  • Smart Cruise Control (SCC)
  • Lane Following Assist (LFA)
  • Lane Keeping Assist (LKA)

Untuk diketahui, Hyundai juga sebetulnya menawarkan ADAS hanya saja eksklusif tipe termahal Signature 7 yang dibanderol Rp 1,020 miliar. Belum mejeng di harga Rp 800 jutaan.

Mesin Grand Carnival Lebih Bertenaga

Baik Staria atau Grand Carnival, keduanya dibekali mesin empat silinder turbo diesel 2.200 cc CRDi. Juga mereka mengandalkan transmisi otomatis 8 percepatan yang menyalurkan seluruh tenaga ke roda depan. Namun, mesin dan transmisi sama bukan berarti gelontoran tenaga harus identik.

Menyoal output mesin, Grand Carnival memiliki potensi lebih besar di atas kertas. Selisih sampai 25 PS dan torsi 11 Nm. Terlihat lumayan jauh perbedaannya. Well, jangan langsung menganggap Staria payah. Sama sekali tidak sebab gelontoran torsi saja masih berada di angka 400 Nm lebih.

Perbandingan Mesin
  KIA Grand Carnival Premiere Hyundai Staria Signature 9
Mesin 2.2 CRDi 2.2 CRDi
Transmisi 8 Speed A/T 8 Speed A/T
Tenaga 202 PS @ 3.800 rpm 177 PS @ 3.800 rpm
Torsi 441 Nm @ 1.750 - 2.750 rpm 430 Nm @ 1.500 - 2.500 rpm

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa Carnival menawarkan kemewahan dalam bentuk rancangan dan material. Belum lagi ia sanggup mengangkut penumpang ekstra banyak plus berbekal mesin lebih bertenaga. Sangat piawai menjawab ekspektasi rasa premium.

Kendati begitu, menyoal ruang, Staria jelas keluar sebagai juara. Membuat Carnival malah terkesan sesak. Pun terkait dengan fitur ia tidak kalah lengkap, canggih, sekaligus mendukung kenyamanan meski belum memiliki ADAS. Hanya saja, duduk di dalam Hyundai Staria Signature 9 cenderung terasa seperti di mobil travel ketimbang Kia Grand Carnival Premiere. 

Baca juga: Test Drive Singkat Hyundai Staria 2021 : MPV Bongsor yang Fun To Drive

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Staria

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

MPV Korea Rasa Amerika: Review KIA Grand Carnival 2022

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Staria
Lihat