Toyota Raize - Daihatsu Rocky Hybrid Sudah Beredar di Jepang, Ini Bedanya dengan Versi Indonesia

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky hybrid sudah mulai diedarkan di Jepang. Sesuai namanya, Raize dan Rocky hybrid merupakan tipe yang berbeda dibanding dua model Raize-Rocky yang dipasarkan di Indonesia. Karena untuk yang terbaru ini sudah menggunakan teknologi e-Smart Hybrid.

Sistem ini berarti menggabungkan antara mesin mesin 1.200 cc WA-VEX dengan motor listrik. Teknologinya mirip dengan yang dipakai pada Nissan e-Power. Alasannya, dengan memakai mekanisme seperti itu, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang semakin baik, namun biaya pengembangan dan produksinya tidak terlalu besar. Sehingga harga mobil masih bisa ditekan tidak terlalu tinggi.

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid

Tetapi untuk membedakan dengan unit bermesin bakar tanpa motor listrik, Daihatsu juga memberikan diferensiasi dari segi estetika. Baik di eksterior maupun interior. Loh kenapa cuma Daihatsu, apakah itu berarti Toyota Raize hybrid dengan non hybrid tak ada beda? Ya tetap ada bedanya.

Nah kalau penasaran seperti apa sosok Toyota Raize e-Smart Hybrid dan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid, kami akan ungkap beberapa perbedaannya dibanding Rocky-Raize yang ada di Indonesia saat ini.

Baca juga : Bakal Hadir di Indonesia, Daihatsu Rocky & Toyota Raize Hybrid Meluncur di Jepang, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Logo Daihatsu Rocky Hybrid Juga Pakai Aksen Biru

Logo Daihatsunya juga biru seperti mobil hybrid Toyota

Karena sejatinya Rocky-Raize adalah proyek pengembangan yang sebagian besar dilakukan Daihatsu, maka yang kita akan bahas lebih dulu Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid ya. Dan kalau diperhatikan, tetap ada beberapa detil yang membedakannya dengan model non hybrid.

Di depan, yang paling mencolok adalah keberadaan logo Daihatsu yang menggunakan aksen biru. Tentunya ini selaras dengan logo-logo mobil hybrid Toyota yang juga pakai aksen biru. Jadi kalau mau lihat ciri khas mobil listrik Daihatsu, maka bisa dilihat dari logo yang warna biru ini. Dan bukan tak mungkin kalau di tahun-tahun berikutnya, kita akan makin sering melihat mobil Daihatsu berlogo biru seperti ini.

Logo e-Smart Hybrid baik di Rocky atau Raize

Sementara itu dari bentuk lampu utama, gril, dan foglamp, masih sama dengan tipe non hybrid. Begitupun pada Toyota Raize hybrid yang tak jauh berbeda dengan model non hybrid-nya.

Pakai velg 17 inci dengan baut lima

Lanjut ke bagian samping, Anda bisa melihat desain velg Daihatsu Rocky hybrid mapun Toyota Raize hybrid yang berbeda dengan non hybrid. Warnanya two tone, serta kini pakai baut roda berjumlah lima, bukan lagi 4.

Baca juga : Perbandingan Daihatsu Rocky 1.2 X CVT vs Toyota Raize 1.2 G CVT, Toyota Jual Kemahalan?

Interior Toyota Raize e-Smart Hybrid juga Ada Nuansa Biru

Layout dasbornya juga masih serupa model non hybrid

Elemen berikatnya yang berbeda dari Daihatsu Rocky hybrid dan Toyota Raize hybrid adalah di sisi interior. Kalau melihat layout dasbor dan kontur jok serta lekuk trim pintunya, jelas masih menyerupai model non hybrid. Tapi coba perhatikan lebih detil.

Tombol start engine kini biru

Di tombol Start/Stop engine misalnya, kini pakai warna biru. Kemudian tampilan meter clusternya juga berubah. Karena pada display tertampil indikator Charging, ECO, dan Power.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Pakai Smart Pedal

Meter cluster Rocky-Raize hybrid

Perubahan lainnya yang bisa ditelisik dari kedua model hybrid terbaru yang menggunakan DNGA ini adalah pada sistem berkendaranya. Pengemudi disediakan sistem Smart Pedal. Yaitu sebuah mekanisme pengendaraan yang mirip teknologi One Pedal Drive pada Nissan Kicks e-Power.

Sudah ada EPB, Auto Hold, dan S-PDL

Jadi pengemudi cukup menekan satu pedal gas selama berkendara. Jika ia ingin berkaselerasi, tinggal berikan tekanan yang lebih kuat pada pedal gas tersebut. Sementara ketika hendak deselerasi, maka lepas kaki dari pedal gas. Pada kondisi deselerasi ini pula baterai listrik akan mengisi daya.

Sistem e-Smart Hybrid mirip e-Power dari Nissan

Untuk sumber tenaganya, tipe e-Smart Hybrid besutan Daihatsu ini mengkombinasikan antara mesin 1.200 cc WA-VEX yang menjanjikan tenaga 82 PS dan torsi 105 Nm. Kemudian dtambah motor listrik yang sanggup memuntahkan tenaga puncak mencapai 106 PS dengan torsi 170 Nm. Soal konsumsi BBM Daihatsu Rocky hybrid diklaim bisa mencapai 34,8 km/liter.

Baca juga : Galeri Foto: Simak Detail Honda SUV RS Concept, Debut Calon Penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Daihatsu Rocky Sahabat Eksis, Tunjukkan Sisi Lain dari Dirimu

New Advanced Safety Assist dari Daihatsu Rocky

Yakin WR-V Lebih Baik dari Raize? | Komparasi

Awas Gagal Ngerem, Gini Ternyata Cara Kerja Fitur TSS Toyota Raize

Toyota Raize Baru Dibuat Untuk Kepribadian Dinamis Anak Muda Indonesia

Melihat lebih dekat ke Toyota Raize terbaru, Eksterior Berani & Aktif, Desain Interior Bergaya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Rocky vs Rush
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Rocky vs XL7
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Rocky vs Almaz
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Rocky vs Raize
  • Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    Rocky vs Terios
Daihatsu Rocky
Lihat