Beda Cuma Rp2 Juta, Toyota Avanza 1.5 G MT Lebih Baik dari Suzuki Ertiga GL AT?

Toyota Avanza 1.5 G MT Vs Suzuki Ertiga GL AT

Sebagai line up terbaru Toyota di segmen Low MPV 7-seater, Avanza 2022 turut berkesempatan merasakan relaksasi PPnBM 100% hingga akhir tahun ini. Mengetahui harga baru Toyota Avanza 1.5 G MT yang merupakan varian satu tingkat di atas tipe terendah (1.3 E MT), kini dibandrol Rp228,5 juta. Sedangkan rival terdekatnya, Suzuki Ertiga GL AT ditawarkan sedikit lebih mahal, yaitu Rp230,5 juta.

Baik Toyota Avanza 1.5 G MT maupun Suzuki Ertiga GL AT, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kerap kali membuat calon pembelinya merasa galau ketika diharuskan memilih. Dibandrol lebih murah Rp2 juta apakah Avanza bisa lebih baik dari Ertiga?

Baca juga: Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah?

Sistem Pencahayaan Toyota Avanza 1.5 G MT Kalah Fokus dari Suzuki Ertiga GL AT

Suzuki Ertiga GL MT memperoleh lampu utama berprojector

Bicara tampilan, Avanza 2022 terbukti jauh lebih unggul dari generasi kedua Suzuki Ertiga. Dimana produk flagship Toyota tersebut tampil lebih atraktif dan sporty, sekaligus menonjolkan nuansa canggih dan dinamis sebagai representasi dari era baru mobilitas sebuah MPV keluarga.

Namun untuk sistem pencahayaannya, Ertiga GL ini lebih keren dan unggul dibandingkan Avanza 1.5 G. Hal ini dikarenakan Low MPV besutan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut berhasil tersematkan lampu utama berprojector yang mana mampu menghasilkan pencahayaan lebih fokus dan terarah saat berkendara di malam hari.

Toyota Avanza 2022 menggunakan LED pada lampu utamanya

Berbeda dengan Avanza terbaru, mobil ini mengandalkan lampu LED tanpa projector yang dianggap kurang fokus ketika digunakan di malam hari. Tak sampai disitu, lampu LED yang digunakan juga sedikit menyulitkan pandangan pengemudi disaat berkendara dalam kondisi hujan deras.

Bagaimana dengan stoplampnya? Seperti yang diketahui keduanya sudah menggunakan teknologi LED dengan masing-masing memiliki bentuk yang dinamis dan futuristis.

Fitur Unggulan Toyota Avanza 1.5 G MT Kini Lebih Canggih Dibandingkan Suzuki Ertiga GL AT

Interior Suzuki Ertiga GL

Mengetahui fitur unggulan yang pada varian GL Suzuki Ertiga, mobil ini disematkan head unit 8 inci dengan operasi touch screen yang dapat digunakan untuk memutar USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, serta memutar musik yang dipancarkan melalui saluran bluetooth.

Untuk pengaturan sistem pendingin udaranya, varian ini juga sudah menggunakan model digital serta mendapatkan double blower. Agar pengemudi lebih mudah menyesuaikan tinggi rendahnya setir, mobil ini telah dilengkapi dengan tilt steering.

Bicara Toyota Avanza 1.5 G MT, untuk fitur unggulannya mobil ini dilengkapi tombol Start/Stop engine dengan tambahan lampu yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Area kokpit Toyota Avanza 1.5 G

Dari segi hiburan, mobil ini telah tersematkan head unit 9 inci model floating yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Tidak seperti Ertiga, Avanza G hadir dengan fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang terbukti memudahkan penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.

Di varian ini kalian juga bisa menemukan fitur seperti new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, window jam protection, dan spion retractable.

Perlu kalian ketahui, Avanza terbaru memiliki tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Jarak antara penumpang baris pertama dan keduanya mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Sedangkan gerak maju mundur pada baris keduanya mencapai 240 mm.

Baca juga: Selisih Rp22,3 Juta, Ini Bedanya Toyota Avanza 2022 G dan E

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga GL AT Terbukti Kalah Lengkap dari Toyota Avanza 1.5 G MT

Fitur Toyota Avanza 1.5 G MT lebih komplit dari Suzuki Ertiga GL AT

Melihat daripada fitur keselamatan yang ada di Suzuki Ertiga GL AT, mobil ini berhasil mendapatkan ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning dan ISOFIX. Untuk keamanannya mobil ini dilengkapi immobilizer dan alarm.

Berbeda dengan Ertiga, jagoan Low MPV berlogokan tiga oval ini memperoleh fitur keselamatan berupa dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, faktor keselamatan standar yang bisa kalian jumpai di mobil ini antara lain; seatbelt reminder, child safety lock, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA). Menyinggung fitur keamanannya, Avanza 1.5 G MT juga sudah mendapatkan alarm+immobilizer serta rear parking camera.

Sama-sama 1.500 Cc, Tenaga Toyota Avanza 1.5 G MT Lebih Besar Dibanding Suzuki Ertiga GL AT

Mesin 2NR-VE 1.496 cc Toyota Avanza menghasilkan tenaga lebih besar dari Suzuki Ertiga

Toyota menawarkan Avanza 1.5 G MT dengan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya bisa berjalan, varian ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Bicara jantung mekanis pada Suzuki Ertiga GL AT, mobil ini dibenamkan mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm. Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, varian GL AT ini ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Baik Avanza maupun Ertiga kini menggunakan penggerak roda depan. Dibandrol lebih murah Rp2 juta dari Suzuki Ertiga GL AT, Toyota Avanza 1.5 G MT unggul dari segi fitur keselamatan, unggulan dan tenaga yang dihasilkan. Namun untuk berkendara sehari-hari di kota besar, Ertiga dirasa lebih nyaman berkat dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Setelah melihat perbandingan keduanya di atas, kalian lebih tertarik untuk pilih yang mana?

Baca juga: Harga Lebih Murah, Fitur Toyota Avanza 2022 Lebih Lengkap dan Canggih Dibanding Kijang Innova!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat