3 Mobil yang Fitur Keselamatannya Rendah dan Diganjar Bintang 0 ASEAN NCAP, Yakin Masih Mau Beli?

Fitur keselamatan kini menjadi pertimbangan yang penting ketika hendak beli mobil baru. Dengan beragam perangkat keselamatan yang ada, setidaknya bisa menurunkan risiko kecelakaan, atau pun mengurangi dampak cedera ketika mengalami benturan keras. 

Yang berarti mobil tersebut tidak memenuhi rangkaian pengujian Perlindungan Penumpang Dewasa, Perlindungan Penumpang Anak, dan Fitur Bantuan Keamanan. Ketiganya memiliki nilai rasio berbeda terhadap penilaian mobil yang dites. 

Beda ceritanya ketika setelah dites tabrak dan ternyata lolos semua rangkaian uji, maka asosiasi akan memberikan nilai sempurna alias 5 bintang. Namun tidak semudah membalik telapak tangan, mobil harus punya fitur keselamatan lengkap dan juga rancang bangun yang tidak mencederai penggunanya. 

Tes tabrak Renault Kwid

Sebagai pertimbangan sebelum beli, berikut ini kami rangkum beberapa mobil yang fitur keselamatannya rendah sehingga diganjar bintang 0 dari ASEAN NCAP tapi banyak beredar di Indonesia. 

1. Suzuki Carry 

Pertama adalah Suzuki Carry, mobil ini tidak mendapat nilai sempurna dalam pengujian tes tabrak depan dan samping. Kategori keselamatan yang diberikan tertuliskan buruk. Jadi saat terlibat tabrakan, maka area perut hingga kepala akan mengalami cedera serius. 

"Tidak ada proteksi yang tersedia untuk pengemudi dan penumpang depan, sehingga tinggi potensinya mengalami cedera di dada saat tabrakan depan, juga cedera di kepala ketika tabrakan samping," demikian kutipan laporan ASEAN NCAP.

Suzuki Carry Pick Up saat uji tabrak

Penyebabnya adalah mobil tidak dilengkapi airbag maupun sabuk keselamatan dengan pretensioner dan force limiter. Kemudian juga minus fitur safety assist. Lalu juga tidak melakukan pengujian perlindungan anak karena kabinnya cuma satu, di depan.

Pengujian yang dilakukan pada 2018 lalu, untuk model Suzuki Carry yang belum mengalami ubahan tampilan. Dalam artian masih memiliki wajah yang sama seperti Suzuki APV. Asosiasi tidak menjelaskan di mana produk tersebut dijual, namun yang jelas Suzuki Carry sedari dulu diproduksi dan dijual di Indonesia. 

Baca Juga: Murahnya Biaya Perawatan Suzuki New Carry

2. Tata Super Ace

Masih dari segmen kendaraan niaga ringan, ada Tata Super Ace yang juga memiliki bintang 0 dari ASEAN NCAP. Pengujian yang dilakukan pada 2018 lalu menunjukkan bahwa, pengemudi akan mengalami cedera serius di area kepala, dada, dan kaki bila mengalami tabrakan depan.

Adapun jika tabrakan dari samping, penilaiannya juga bukan yang terbaik. Area yang bakal mengalami cedera adalah kepala hingga dada. Ini karena mobil hanya dilengkapi sabuk keselamatan statis, artinya tanpa perangkat yang bisa mengurangi sakit di dada. 

Uji tabrak Tata Super Ace

"Dalam uji benturan frontal, pengemudi mengalami luka parah di sekujur tubuh. Penumpang depan kemungkinan mengalami cedera serius pada kaki bagian bawah," terang ASEAN NCAP di dalam laporannya. 

Pengujian juga dilakukan pada 2018 lalu dan mobil tak dilengkapi airbag. Saat ini bila melihat laman resmi pabrikan, model Tata Super Ace masih dipasarkan di Indonesia, yang menjadi mobil pikap pesaing Suzuki Carry namun menggunakan mesin diesel 1.400 cc. 

3. Renault Kwid

Terakhir Renault Kwid yang diuji pada 2018 lalu. Meskipun telah disematkan satu airbag pada sisi pengemudi, ternyata tetap membuatnya dinilai bintang 0 ASEAN NCAP. Model ini sedikit berbeda dari Kwdi Climber yang sekarang dipasarkan, karena memiliki dua buah airbag. 

Penilaian memperlihatkan pengemudi dan penumpang depan akan mengalami cedera area dada. Adapun saat mengalami tabrakan samping, selain dada juga kepala akan mengalami luka parah. Secara keseluruhan tidak seburuk dari dua model sebelumnya. 

Renault Kwid tidak melindungi penumpangnya dengan sempurna

Kemudian pada aspek perlindungan anak menggunakan child seat, penilaiannya hampir baik. Dari total 5 poin, Renault Kwid hanya mengumpulkan 3 poin. Khususnya pada uji tabrak depan, rupanya bisa memberikan perlindungan hampir sempurna. 

"Tes menunjukkan bahwa Renault Kwid tidak berkinerja baik dalam perlindungan penumpang dewasa. Adapun teknologi bantuan keselamatan yang diuji, tidak dilengkapi teknologi keselamatan apa pun seperti kontrol stabilitas, karenanya tidak ada poin yang diberikan untuk kategori ini."

Baca Juga: Disebut Minim, Apa Saja Fitur Keselamatan Yang Dimiliki Renault Kwid 2020?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 178,00 Juta
Rp 3,63 Juta/bln

5.503 km

0,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Akhir Perjalanan Tour ILMU Suzuki New Carry Pick Up

Personalisasikan All New Renault Kwid

Renault Kwid Menambahkan Fitur Yang Lebih Bergaya

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Carry
Lihat