window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya

Prasetyo · 6 Jan, 2023 20:08

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 01

Bahan jok mobil sebenarnya memiliki ragam jenis yang amat variatif. Mengingat saat ini banyak sekali pabrikan pembuat material jok yang mengeluarkan jenis produk yang ditujukan buat kendaraan bermotor.

Mungkin Anda sudah mengenal beberapa merek pelapis jok mobil. Sebut saja ada jok mobil MBTech, Lederlux, Autoleder, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda, dari masing-masing brand jok mobil ini juga punya varian berbeda berdasarkan jenis bahan yang dipakai.

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 02

Tiap merek pelapis jok mobil biasanya punya pilihan varian berdasarkan bahan yang digunakan

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari bahan jok mobil terbaik, berikut ragam bahan jok mobil beserta cara perawatannya yang kami kutip dari laman Hyundai Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus

1. Bahan Jok Mobil Fabric

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 01

Bahan fabric paling banyak digunakan karena cukup nyaman namun murah

Fabric menjadi satu material yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar jok dan interior kendaraan. Jenis fabric merupakan kombinasi antara beberapa bahan seperti kanvas, kain dan cotton. Bahan ini umum digunakan lantaran harganya termasuk cukup murah.  Dan biasanya bahan fabric yang digunakan adalah fabric sintetis dengan campuran busa/cotton.

Perawatannya

Kelebihan dari jok jenis fabric ini memiliki ketahanan yang kuat terhadap cuaca ekstrim seperti halnya sengatan matahari. Untuk membersihkan jok mobil ini, Anda harus hati-hati agar tekstur jok akan lebih awet dan tahan lama. Anda dapat membersihkan menggunakan sikat dengan bulu halus dan air sabun. Pastikan Anda menyikat jok dengan halus dan pelan.

2. Bahan dari Polyester

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 02

Perawatannya juga cukup mudah

Bahan jok mobil lain yang sering digunakan yaitu polyester. Bahan ini dinilai memiliki kualitas yang bagus dan harganya juga terjangkau. Selain itu juga memiliki tingkat kenyamanan yang baik dan hampir sama dengan bahan jok kulit tapi dengan harga yang lebih murah.

Perawatannya

Bahan polyester ini juga termasuk mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu menggunakan air yang dicampur sabun untuk membersihkannya. Anda tidak perlu khawatir jok mobil akan bau karena bahan jenis ini lebih cepat kering. Anda juga dapat membersihkan jok ini menggunakan vakum.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

3. Jok Mobil Kulit

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 03

Bahan kulit memberi kesan mewah

Bahan jok jenis leather ini diklaim menjadi bahan jok yang memiliki kemewahan tersendiri. Tekstur yang berkualitas tinggi membuat tampilannya sangat elegan dan mewah.

Perawatannya

Untuk perawatan dari jenis jok ini hampir sama dengan jok pada umumnya, Anda harus berhati-hati ketika membersihkannya karena jika tidak maka jok akan cepat kusam dan warna asli jok akan lebih mudah pudar. Pastikan Anda membersihkan jok jenis ini menggunakan air dan sikat dengan bulu yang sangat halus agar tidak merusak tekstur bahan leather.

4. Bahan Suede

4 Bahan Jok Mobil yang Sering Digunakan dan Cara Merawatnya 04

Bisanya dipakai pada supercar

Mungkin inilah bahan jok paling premium yang digunakan untuk kabin mobil. Karena kesan premium yang ditunjolkan, serta permukaan materialnya snagat lembut. Tak heran kalau mobil-mobil mewah atau supercar menggunakan bahan seperti ini.

Perawatannya 

Karena permukaan material suede sangat halus, maka perlu penanganan khusus untuk merawatnya. Jika ada kotoran Anda bisa bersihkan dengan menggunakan vacuum. Sementara kalau terkena noda atau cairan gunakan sikat khusus yang sangat lembut supaya tidak merusak lapisan suede di bahan itu.

Baca Juga: Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil