window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap?

Yongki Sanjaya · 20 Jan, 2023 08:00

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap? 01

Dalam segmen low SUV, pertarungannya kian sengit karena hampir semua brand Jepang merilis modelnya. Dari sekian banyak pilihan, Daihatsu Terios kini seolah jadi model yang 'terlupakan'. Padahal secara kelengkapan fitur berbanding harga, Daihatsu Terios R Custom tak kalah dengan Toyota Rush yang jadi penguasa di segmen ini.

Sebagai sebuah SUV, hal dasar yang akan sangat dicari konsumen ialah penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD). Alasannya karena mobil RWD lebih perkasa saat berhadapan dengan tanjakan yang cukup curam. Nah, Terios menjadi satu dari sedikit model yang mempertahankan spesifikasi tersebut.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

SUV Harga Rp250 Juta, Pilih Toyota Raize GR CVT Two Tone Atau Daihatsu Terios R AT Deluxe?

Harga Suzuki XL7 Alpha AT Lebih Mahal Rp6 jutaan, Mending Pilih Daihatsu Terios R Custom yang Fiturnya Mirip

Daihatsu Terios R AT DLX 2022 Harganya 'Cuma' Rp280 Jutaan, Pilihan SUV Praktis yang Nggak Cuma Andalkan RWD

Untuk tipe teratas, PT Astra Daihatsu Motor menyediakan Daihatsu Terios R AT Custom IDS terlihat lebih stylish dan sporty dibandingkan beberapa varian dibawahnya. Sebagai informasi, tipe ini dijual seharga Rp288.650.000, alias masih di bawah Rp300 juta. Bandingkan dengan tipe tertinggi model keluaran merek lain yang harganya sudah jauh melampaui Rp300 juta.

Lantas apakah Daihatsu Terios Custom IDS ini punya fitur dan kelengkapan yang oke untuk kelas Low SUV? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Daihatsu Terios R Custom IDS Cuma Tersedia Satu Pilihan Warna

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap? 01

Terios R Custom memiliki ukuran panjang 4435 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1706 mm. Untuk jarak sumbu roda yaitu 2.685 mm dan Ground Clearance setinggi 220 mm dari permukaan tanah.

Memiliki embel-embel 'custom', sayangnya kalian tidak bisa memilih tampilan sesuka hati. Opsi warna bodinya cuma satu, yaitu putih (icy white). Terios Custom mengambil basis dari Terios varian R yang mendapat ubahan aksesoris. 

Secara penampilan, Terios R Custom IDS ini tidak terlalu blink-blink dengan beragam aksen krom. Panel krom tetap ada tapi cukup proporsional karena dipadukan dengan livery merah di sisi samping. Grillnya hadir dengan kombinasi aksen black and silver chrome sehingga lebih terkesan mapan.

Eksteriornya dilengkapi  bumper guard di depan dan stone guard di sisi bodi. Tidak ketinggalan aksen hitam diperbanyak untuk menambah aura tangguh di bagian cover lampu kabut, lalu di grill dan garnish pintu bagasi dengan kombinasi aksen krom. 

Terdapat striping tambahan kombinasi merah serta abu-abu yang membentang di body bagian samping dan side skirt. Satu hal yang menarik, Daihatsu Terios punya lampu depan otomatis pada tipe R, termasuk R Custom tentunya.

2. Harganya Paling Mahal, Fitur Tak Jauh Berbeda Dari Tipe Dibawahnya

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap? 02

Hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin memilih tipe termahal yaitu soal kelengkapan fitur yang beda tipis dengan tipe dibawahnya. Daihatsu menyematkan Eco Idle yang dapat diaktifkan ketika berkendara di seluruh tipe All New Terios. Fitur itu diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar 5–10 persen dalam kondisi jalan macet. 

Fitur tersebut hadir untuk tetap menjaga kenyamanan pengemudi karena blower AC menyala untuk mempertahankan suhu. Bahkan, jika suhu dalam mobil lebih dari 22 derajat celcius, maka sensor di fitur tersebut akan menyalakan mobil secara otomatis, sehingga suhu kabin tetap terjaga.

Fitur multimedia mengandalkan monitor layar sentuh 2DIN dengan fitur DVD, USB hingga mirroring. Air Conditioning di Terios tipe R dan R Custom pengaturannya model digital otomatis. Untuk kenyamanan penumpang, maka ADM menyematkan power socket 12V pada baris kedua dan ketiga untuk mengisi daya ponsel. 

Tipe R dan R Custom sebagai varian tertinggi juga dilengkapi smart entry key dan tombol engine start/stop. Untuk pengaturan posisi mengemudi ada seat height adjuster dan tilt steering.

3. Mesin dan Transmisi di Daihatsu Terios R Custom IDS Sama Persis dengan Toyota Rush

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap? 03

Bicara soal performa, Terios R Custom didukung mesin 2NR-VE Dual VVT-i. Tenaga puncak sebesar 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Seluruh daya tersalur menuju roda belakang dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Bicara konsumsi bahan bakarnya, penggunaan dalam kota Terios mampu mencatat angka 11 km/liter, sedangkan ketika dibawa berpergian ke luar kota dapat menghasilkan konsumsi BBM 14,5 km/liter.

Kemampuan  transmisi konvensional yang ada pada Daihatsu Terios lebih cocok digunakan berpetualang ke luar kota. Kemampuan sebagai sebuah SUV ini begitu proporsinal, lantaran putaran yang dihasilkan dari mesin melalui gear box tersebut disalurkan melalui penggerak roda belakang (RWD), yang dapat dengan mudah menakhlukan berbagai jenis medan berkontur.

4. Fitur Keamanan dan Keselamatan Cukup Lengkap

4 Fakta Penting Daihatsu Terios R Custom, Low SUV Termurah Tapi Apakah Cukup Lengkap? 04

Hal penting yang perlu kamu ketahui yaitu soal kelengkapan fitur di tipe ini nyaris mirip antara Daihatsu Terios R polos dengan R Custom. Fiturnya mirip, dan yang terbaru mendapat tambahan tiga fitur saja antara lain; Eco Idle, VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist). 

Lebih lanjut, perlindungan di Terios tak perlu diragukan lagi walau belum dibekali Advanced Safety Assist (ASA). Terios dibekali beragam fitur, antara lain Anti Lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Vehicle Stablity Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS). 

Sensor parkir di sisi depan dan belakang juga hadir, serta terdapat Around View Monitor khusus tipe tertinggi R Deluxe dan R Custom. Posisi kamera di grille, pintu belakang dan spion samping dengan lensa lebar ini bisa mencakup 360 derajat sekeliling mobil. Kombinasi kamera dan sensor parkir sangat berguna saat parkir di area terbatas.

Kesimpulan

Kesimpulan
Daihatsu Terios R Custom IDS ini menjadi pilihan proporsional bagi kalian yang mencari SUV serba bisa di harga ekonomis. Kemampuan dan daya jelajah Terios ini terbukti lebih mumpuni karena masih mengandalkan penggerak roda belakang. 

Penampilannya pun kalem tanpa banyak aksen krom sehingga cocok untuk kalangan muda. Dari sisi fitur, Terios juga tak kalah langkah karena telah mengalami berbagai improvement agar fiturnya sesuai dengan kebutuhan konsumen.  
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil