window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Hal Menarik Suzuki Grand Vitara 2023, SUV Pintar Berteknologi Mild Hybrid

Enda · 24 Feb, 2023 15:30

Suzuki Grand Vitara 2023

Setelah kehadirannya banyak dinanti-nanti, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil memperkenalkan generasi keempat Grand Vitara di Tanah Air lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV), Suzuki Grand Vitara (Spesifikasi | Berita) 2023 hadir dengan membawa kesan sporty, elegan dan tangguh.

Sebagai city cruiser, untuk pasar Tanah Air Grand Vitara ditawarkan dalam dua varian, yakni GL dan GX. Untuk mengetahui lebih dekat Suzuki Grand Vitara 2023, simak 4 hal menarik SUV kompak terbaru pabrikan Jepang berlogokan ‘S’ melalui ulasan berikut.

1. Tampil Futuristik, Dimensi Suzuki Grand Vitara Juga Proposional

Suzuki Grand Vitara 2023

Tampilan depan  Suzuki Grand Vitara 2023

Hal menarik pertama yang ada pada Suzuki Grand Vitara 2023 yakni tampilan. Bermain di segmen SUV kompak, secara tampilan fasad mobil ini terlihat futuristik, sporty, tangguh, sekaligus membawa kesan elegan yang sangat cocok digunakan kaum urban.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada fascia, bentuk yang ditampilkan terlihat begitu agresif dan berkelas. Ini terlihat dari lampu DRL LED di bawah kap mesin dengan bentuk pipih yang dibagi menjadi tiga bilah. Sedangkan untuk lampu utama diletakan di bumper yang mana untuk kedua model baik GL maupun GX berhasil dibekali teknologi LED Projector dengan fitur Follow Me Home dan auto leveling. 

Bukan cuma itu, grill berukuran cukup besar di tengah juga tampak elegan dan mewah. Menganut konsep trapezoidal, sekelilingnya berhasil dilapisi aksen krom dengan kisi-kisi yang terlihat unik.

Melihat bagian samping, desain yang dimiliki Suzuki Grand Vitara terlihat dewasa. Bentuk serta garis yang ditampilkan pun terlihat proposional selaras mulai dari bagian depan hingga belakang.

Suzuki Grand Vitara 2023

Velg 17 inci Suzuki Grand Vitara GX

Seperti SUV umumnya, di atas roda terdapat wheel arch serta side skirt di bawah pintu. Mengenai lingkar roda, keduanya memakai velg 17 inci dimana untuk varian GX menggunakan pewarnaan dual-tone dengan bentuk lebih sporty. 

Pada buritan, untuk desain yang ditampilkan terkesan begitu berotot layaknya atlet yang disuntik steroid. Stoplampnya sendiri terlihat sporty dan mewah berkat desain memanjang dan pipih yang dibuat seolah terhubung dengan kedua sisi, yang diaplikasikan aksen smoke black.

Selain adanya under guard dengan bentuk kekar, di bumper mobil ini juga mendapatkan lampu yang dengan mudah memberikan informasi secara visual terhadap pengemudi di belakang.

Suzuki Grand Vitara 2023

Tampilan belakang  Suzuki Grand Vitara 2023

Sebagai informasi, untuk dimensi Grand Vitara 2023 memiliki panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm, dengan wheelbase 2.600 mm. Untuk ground clearance mencapai 210 mm yang memberikan kemudahan terhadap penggunanya ketika melewati jalan berkontur.

2. Panoramic Sunroof dan Wireless Charging Disukai Kaum Urban

Suzuki Grand Vitara 2023

Panoramic sunroof Suzuki Grand Vitara 2023

PT SIS seakan mengetahui betul akan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini khususnya yang tinggal di kota-kota besar. Seperti yang terlihat di bagian dalamnya mobil ini bukan cuma terlihat mewah, akan tetapi nyaman digunakan berkat fitur yang disematkan.

Pada baris pertama, untuk fitur yang disematkan terasa begitu ergonomis. Posisi duduk pun terasa nyaman berkat jok yang dibuat menyesuaikan tubuh masyarakat Asia. Center clusternya, mobil ini mendapatkan head unit layar sentuh 9 inci yang dapat terhubung dengan smartphone. Untuk varian GL, sistem hiburannya lebih kecil 2 inci namun memiliki konektivitas yang gak kalah komplit.

Suzuki Grand Vitara 2023

Wireless charging

Tepat di bawah sistem hiburannya terdapat tombol AC dengan tampilan digital serta fitur lainnya termasuk USB dan lighter bertegangan 12 volt. Nah yang paling istimewa, varian teratas sudah dibekali wireless charging yang berfungsi untuk melakukan penambahan daya pada gawai hanya dengan meletakan handphone. Bukan cuma itu, pada varian GX mobil ini pun dilengkapi panoramic sunroof dengan dimensi cukup besar selain meningkatkan visibilitas, tetapi juga gaya berkendara.

Suzuki Grand Vitara 2023

Di bagian pengemudi, selain switch control steering yang terhubung langsung dengan sistem hiburan dan panel instrumentnya, pengendara juga dapat merasakan gaya berkendara sesuai dengan kebutuhan berkat adanya fitur paddle shift di balik kemudi. Guna memberi kemudahan dalam berkendara, mobil ini turut disematkan cruise control serta head up display yang dapat menampilkan kecepatan, rpm, serta beberapa informasi lain tanpa harus mengalangi pandangan pengemudi.

Suzuki Grand Vitara 2023

Selain arm rest dengan cup holder di tengah, pada baris keduanya Suzuki Grand Vitara 2023 juga mendapatkan kisi-kisi AC serta tambahan dua port yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan daya pada smartphone. Untuk bagasinya mobil ini memiliki volume cukup luas yang bisa digunakan untuk menaruh beberapa tas berukuran besar. Guna memberikan kenyamanan, pada bagasi juga dilengkapi tonneau yang menutupi barang bawaan di bagasi.

3. Suzuki Grand Vitara 2023 Mendapat 6 Airbags dan Kamera 360 Derajat

Suzuki Grand Vitara 2023

Kamera 360 derajat Suzuki Grand Vitara 2023

Bicara mengenai keselamatan berkendara, kedua varian Suzuki Grand Vitara 2023 terbilang modern. Terlihat mobil ini berhasil dilengkapi 6 airbags yang tersebar di depan, samping atau pilar dan jendela. Untuk seatbelt sudah dilengkapi teknologi Pretensioner dan Force Limiter di bagian depan.

Suzuki Grand Vitara 2023

Pada sistem pengeremannya, mobil in menggunakan rem cakram di semua roda dengan tambahan fitur ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution). Bukan cuma itu, fitur keselamatan lain yang ada di mobil ini diantaranya; ESP (Electronic Stability Program), ISOFIX, Hill Hold Control, kamera 360 derajat, rear parking camera serta parking sensor yang memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil. Untuk keamanan berkendara, kedua model mendapatkan security alarm dan immobilizer yang meminimalisir tindakan pencurian.

4. Teknologi SHVS Menghemat Pemakaian BBM dan Mengurangi Polusi Udara

Suzuki Grand Vitara 2023

Mesin K15C Dual Jet Suzuki Grand Vitara 2023

Suzuki Grand Vitara 2023 menjadi mobil pertama Suzuki di Indonesia yang menggunakan mesin K15C. Jantung pacu berkapasitas 1.462 cc 4-silinder segaris DOHC berteknologi multi-point injection Dual Jet ini didukung dengan teknologi SHVS yang dapat memeras tenaga 103,06 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Untuk membuatnya berjalan, tenaga yang dihasilkan diatur dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Untuk diketahui, teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) pada Grand Vitara 2023 dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik. Teknologi ini telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional. ISG berfungsi untuk memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Suzuki Grand Vitara 2023

Transmisi otoamtis 6-percepatan

Seperti Ertiga mild hybrid, Grand Vitara terbaru dilengkapi Lithium Ion Battery berdaya kecil. Fungsi baterai bukan untuk menggerakkan roda mobil, melainkan sebagai media untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG yang digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga.

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Grand Vitara GL 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia