window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya

Yongki Sanjaya · 26 Mei, 2023 08:30

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya 01

Ada pepatah lama yang mengatakan, kita bisa tahu banyak tentang seorang pria dari sepatu yang dia pakai. Nah, pepatah itu ternyata hampir sama untuk metode hunting saat membeli mobil bekas. Artinya, kita bisa menilai kondisi pengguna sebelumnya dengan melihat ban mobil yang sedang kita pilih.

Melalui kondisi ban di mobil bekas dapat memberi tahu kita banyak hal tentang cara penggunaan dan perawatannya. Dengan begini kita bisa tahu apakah harga yang ditawarkan oleh si penjual mobil ini bagus atau tidak.

Baca juga : 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tes Langsung, Inilah Hasil Pengujian Ban Terbaru Goodyear Assurance

Lebih Senyap dan Empuk, Harga Ban Goodyear Assurance Terbaru Khusus SUV Mulai Rp1 Jutaan

Ban Mulai Botak Setelah Balik Dari Kampung? Simak Tips Pilih Ban Yang Tepat Untuk Mobil

Berikut adalah beberapa tanda paling penting yang perlu Anda ketahui dengan melihat kondisi ban mobil.

1. Ban Mobil Bekas Sudah Aus, Pemiliknya Pelit Merawat Mobil

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya 01

Hal pertama yang bisa kita nilai dari perawatan mobil bekas ialah soal keausan ban. Hal ini cukup mudah terlihat mata, dan keausan yang parah menandakan pemilik sebelumnya pelit soal perawatan. 

Ban merupakan salah satu item fast moving yang paling mahal di sebuah mobil. Sebagai salah satu komponen penting, sayangnya sejumlah besar pemilik akan berhemat dengan tidak mengganti ban. 

Alasannya klasik, ban dibiarkan tidak diganti dengan alasan mobilnya segera untuk dijual. Padahal selama mobil masih belum terjual dan digunakan, bakal berisiko soal keselamatan dan kinerja kendaraan secara keseluruhan.

2. Ban Tua dan Mereknya Tidak Seragam

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya 02

Hal serupa juga terkait dengan usia ban yang masih terpasang, dan ini tak kalah penting.  Usia ban yang cukup tua di atas lima tahun menandakan pemiliknya cuma merawat mobil sekedarnya. 

Caranya, lihat tahun pembuatan dan periksa apakah keempat ban dibuat pada tahun yang sama. Ini akan memberi tahu kapan ban ini terakhir diganti. Dari sini juga bisa kita ketahui apakah ban tersebut diganti satu persatu atau sekaligus.

Penghematan yang umum dilakukan biasanya mengganti ban dari merek yang berbeda. Jika Anda harus menemukan satu atau dua buah ban yang mereknya tidak sama, dan mereknya dari brand murah, jadi pertanda perawatan yang seadanya.

Hal yang ideal, keempat ban harus selalu diganti bersamaan, yang selanjutnya dirawat dengan rotasi dan spooring teratur. Tujuannya untuk memastikan keausan yang sama pada keempat sisinya. 

Jika hanya satu atau dua ban diganti sekaligus, ini akan menunjukkan keausan yang tidak merata, dan soal kenyamanan berkendara tidak optimal.

3. Kondisi Keausan Ban Mobil Tidak Merata, Pemiliknya Malas Spooring dan Ada Kerusakan Kaki-Kaki

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya 03

Keausan ban mobil bekas yang tidak merata dapat menunjukkan kurangnya perawatan oleh pemilik sebelumnya. Jika ada keausan berlebihan di bagian dalam/luar ban, hal ini menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya malas untuk spooring.

Lebih parahnya lagi, dari keausan ban ini bisa kita ketahui ada masalah pada sistem suspensi. Asumsi ini bisa makin kita sadari bila melakukan test drive. Jadi, ini bisa jadi peringatan awal agar kita curiga dengan kondisi kerusakan kaki-kaki di mobil yang kita incar.

4. Hanya Memakai Ban Dari Brand Murah

4 Trik Berburu Mobil Bekas dengan Melihat Kondisi Ban, Mengungkap Perawatan Pemilik Sebelumnya 04

Merek ban yang dipasang di mobil juga menunjukkan seberapa royal pemiliknya ketika merawat mobil. Bila kita lihat mobil tersebut memakai ban dari brand yang murah meriah, menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya menghemat untuk perawatan dan perawatan kendaraan. 

Mengganti ban Anda dengan merek premium menunjukkan bahwa pemilik sebelumnya tak sungkan mengeluarkan uang untuk hal yang penting. Pasalnya, perusahaan ban terkemuka menggelontorkan jutaan dolar untuk riset, pengujian, dan produksi ban yang daya cengkeramnya cukup baik. 

Ban dari merek bagus bisa mengkombinasikan grip yang lengket ke aspal tanpa mengorbankan kenyamanan dan daya tahan. Inilah alasan mengapa harganya lebih tinggi. Andaikan di mobil incaran terpasang ban dari merek  Continental, Michelin, Pirelli, Yokohama, atau Bridgestone dari tipe atas, tandanya mobil itu dirawat dengan baik.


 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil