Review Lamborghini Aventador: Supercar Mewah, Teraman di Dunia

Lamborghini Aventadorhttps://www.autofun.co.id/mobil/lamborghini/aventador merupakan salah satu supercar pabrikan Lamborghini yang pertama kali diperkenalkan dalam ajang Geneva Motor Show tahun 2011. Dalam gelaran tersebut, penampilan Lamborghini Aventador yang mengusung “scissor door” alias pintu gunting berhasil menarik perhatian para pecinta mobil mewah.

Jika dilihat dari luar, Lamborghini Aventador memang memiliki penampilan yang futuristik. Selain itu, sama seperti mobil Lamborghini pada umumnya, mobil ini juga memiliki performa mesin yang ganas. Lamborghini Aventador juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, sehingga tidak heran jika para pecinta mobil menyebutnya sebagai salah satu supercar terbaik di dunia. Sekarang, mari kita simak review-nya berikut ini!

Harga

Memang sudah menjadi hal yang lumrah jika supercar sekelas Lamborghini dibanderol dengan harga yang fantastis.

Lamborghini mengeluarkan banyak varian. Salah satunya mobil Lamborghini Aventador sebagai mobil Lamborghini terbaru di Indonesia. Harga Lamborghini Aventador yang ada saat ini berkisar dari Rp 6,4 Milyar hingga Rp 8,7 Milyar. Bisa dikatakan ini merupakan harga mobil Lamborghini termahal di Indonesia. Dengan harga jual seperti itu, mobil Lamborghini termasuk dalam varian mobil premium. Eksterior dan interior Lamborghini Aventador sudah pasti memiliki desain yang keren. Untuk harga Lamborghini bekas bervarian dan tergantung dari kondisi dari mobil tersebut.

Spesifikasi

Dimensi Lamborghini Aventador
Panjang 4.780 mm
Lebar 2.030 mm
Tinggi 1.360 mm
Wheelbase 2.700 mm
Ground Clearance 104 mm
Bobot 1.575 kg
Mesin Lamborghini Aventador
Tipe Mesin 12 Silinder (V12) L539 4 VALVE, DOHC
Kapasitas 6,5 liter
Power Output 740 HP / 8.400 rpm
Torsi 690 Nm / 5.500 rpm
Transmisi Otomatis 7 Percepatan
Sistem Penggerak All Wheel Drive
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Suspensi dan Rem Lamborghini Aventador
Suspensi Depan Double wishbones push-rod actuacted coil springs
Suspensi Belakang Shock absorber
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Ventilated Disc

Di Indonesia, Lamborghini Aventador memulai kiprahnya dengan meluncurkan varian Lambhorgini Aventador LP 700-4. Model yang satu ini pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 2013 lalu.

Lamborghini Aventador sendiri disebut sebagai model penerus dari Lamborghini Murcielago. Kedua mobil ini memang memiliki kesamaan dalam hal desain yang futuristik, serta performa yang tinggi dan teknologi yang canggih.

Eksterior

Lamborghini Aventador dibekali dengan penampilan futuristik dan aerodinamis, serta mesin canggih dengan sentuhan tangan para ahli mesin terbaik dunia. Bagian eksteriornya memancarkan aura yang kental dengan kesan agresif, ringan, dan aerodinamis.

Bodi mobil Lamborghini Aventador dibuat dari bahan yang sangat ringan, yakni carbon fibre. Bodinya juga memiliki air intake yang lebih besar dari model sebelumnya, serta side skirt yang lebih panjang. Desain pada model terbarunya ini juga lebih aerodinamis, dan memiliki sistem pembuangan ringan yang dipasang lebih tinggi.

Atap Lamborghini Aventador terdiri atas dua panel bermaterial carbon fibre yang bisa dipasang dan dilepas sesuai keinginan. Model convertible yang diusungnya ini menambah sisi aerodinamis dan dapat menghasilkan performa yang baik.

Lamborghini Aventador mengandalkan sistem aerodinamis aktif melalui splitter depan dan sayap belakang yang bisa diatur untuk menyeimbangkan traksi dan meningkatkan daya tekan ke bawah. Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari eksterior Lamborgini Aventador dalah pintu gunting yang bisa dibuka ke atas.

Lamborghini Aventador terdiri atas dua kelompok warna, yakni matte dan glossy. Untuk pilihan warna matte ada Bero Nemesis, Marrone Apus, Grigio Titans, Grigio Adamas, Bianco canopus, dan Giallo Horus.

Sedangkan warna glossy yang ditawarkan di antaranya Nero Aldebaran, Bianco Isi, Giallo Spica, Giallo Evros, Verde Scandal, dan Blu Clauco. Lamborghini Aventador juga tersedia dalam pilihan warna Metallic dan warna Pearl yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya.

Interior

Lamborghini Aventador memiliki interior yang mewah dan dipenuhi dengan fitur canggih. Sama seperti bagian eksteriornya, interior Lamborghini Aventador juga menggunakan material carbon fibre yang ringan.

Dominasi material tersebut bisa terlihat pada bagian monocoque, cockpit dan bagian pintunya. Bahkan, material yang super ringan ini juga bisa ditemukan pada bagian kursi, konsol tengah dan tunnel.

Mengusung bahasa desain aerodinamis yang elegan, interior Lamborghini Aventador memang menggunakan material yang berkualitas. Bagian kursinya dilapisi bahan kulit Alcantara yang menambah kesan mewah. Selain itu, bagian detail cross stitching yang menghiasi kursi mobilnya juga tampak detail dan rapi.

Setirnya dilengkapi dengan power steering yang nyaman digunakan. Tetapi fitur infotainment dan navigasi pada mobil ini bersifat opsional. Hal ini dikarenakan mobil ini lebih mengedepankan performa dan kecepatan. Kendati demikian, Lamborghini menawarkan paket fitur standar seperti Apple CarPlay, fitur perintah suara, dan juga aplikasi entertainment terkini.

Fitur

Lamborghini Aventador terbaru dikendalikan oleh sistem berkendara All Wheel Drive melalui teknologi Lamborghini Dynamics Steering (LDS) dan Lamborghini Rear-wheel Steering (LRS). Sistem berkendara dinamisnya juga dikendalikan melalui Lamborghini Magneto-rheological Suspension (LMS) dan aerodinamika aktif.

Tidak hanya itu, supercar asal Italia ini juga dilengkapi dengan teknologi LDVA 2.0, yang memungkinkan mobil ini menggunakan semua sensor untuk menghasilkan performa berkendara terbaik. Dan tidak lupa, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur pengendalian Electronic Stability Control yang terintegrasi dengan pengereman ABS yang disesuaikan dengan mode berkendara.

Lamborghini Aventador sudah terkenal disebut sebagai mobil sport mewah teraman di dunia. Hal ini karena pernah terjadi beberapa insiden dimana Lamborghini Aventador dipacu dengan kecepatan maksimal dan mengalami benturan, tetapi penumpang di dalamnya tetap aman.

Keamanan yang luar biasa ini berkat penggunaan rangka dan sasis yang aman dan kokoh, sehingga mampu menerima hantaman berat dari bagian depan dan belakang. Untuk menjamin keselamatan penumpang, fitur-fitur keselamatan lain seperti atau Anti lock Braking System, Stability Control, Airbags depan, dan seatbelt pretensioner juga disematkan.

Performa Berkendara

Sekarang kita beralih ke bagian yang paling dinantikan dari review mobil ini, yakni bagian performa. Seperti yang kita tahu, performa yang dimiliki Lamborghini Aventador memang tidak bisa dianggap enteng. Mobil ini mengandalkan mesin V12 berkapasitas 6,5 liter.

Dengan mesin berkapasitas besar tersebut, Lamborghini mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 740 HP pada putaran mesin 8.400 rpm. Sedangkan untuk torsinya sendiri bisa mencapai 690 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Mesin yang luar biasa bertenaga ini kemudian dipadukan dengan sistem transmisi Independent Shifting Rods (ISR) gearbox otomatis 7 percepatan. Bagi yang belum tahu, sistem transmisi all-wheel drive yang dikendalikan secara elektronik ini mampu mengoptimalkan penyaluran tenaga pada mesin, sehingga memungkinkan mobil untuk meningkatkan kecepatannya ketika berkendara.

Lamborghini Aventador juga diketahui telah menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD). Hal ini memungkinkan mobil tersebut untuk memiliki tingkat akselerasi yang luar biasa.

Untuk melesat dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam, Lamborghini Aventador ini hanya membutuhkan waktu 2,9 detik saja. Sementara untuk kecepatan maksimalnya, mobil ini bisa mencapai 350 km/jam.

Demi memaksimalkan pengalaman berkendara bagi para pengemudinya, Lamborghini Aventador menawarkan empat mode berkendara yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan. Keempat mode berkendara tersebut ialah Strada, Sport, Corsa, dan Ego.

Video

Kesimpulan

Sebagai salah satu supercar kenamaan dunia, Lamborghini memang terus berinovasi dengan menghadirkan model-model mobil yang semakin canggih dan memiliki performa yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah Lamborghini Aventador ini.

Meskipun fitur entertainment pada mobil ini bisa dibilang terbatas, tetapi para penggemar mobil ini sepertinya tidak keberatan dengan hal tersebut. Tidak heran, karena banyak pecinta mobil yang memburu Lamborghini Aventador bukan hanya karena fitur-fitur canggih yang dimilikinya, tetapi justru karena kecepatan dan performanya yang mengesankan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Lamborghini Aventador

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Lamborghini Aventador
Lihat