window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor

Yongki Sanjaya · 25 Jul, 2022 16:30

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 01

Jagat permotubaan duniawi pasti sudah tidak asing dengan sosok Honda Civic Estilo. Hatchback seksi ini sekarang harga jualnya meroket, bahkan bisa hampir menyamai Honda City Hatchback. Lantas, apa sih alasannya Civic Estilo ini jadi bahan gorengan di kalangan penghobi mobil tua bangka alias motuba?

Di Indonesia, mobil ini memiliki kode bodi SR3 dan secara silsilah, Honda Civic Estilo merupakan penerus kakaknya yaitu Honda Civic Nouva. Saat itu, Civic Estilo diipasarkan dalam waktu yang terhitung singkat, yakni tahun 1992-1995, membuat unitnya terbilang langka. 

Lantas, apa menariknya sosok Honda Civic Estilo ini yang membuatnya jadi incaran kolektor otomotif? Berikut ini ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Unit Honda Civic Estilo yang Mulus Semakin Langka, Harga Jualnya Makin Meroket

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 01

Mahalnya harga bekas Civic Estilo di pasaran ini karena unitnya yang tidak banyak. Lucunya, dulu Civic Estilo dijual dengan harga lebih murah dari Honda Civic Genio saat pertama kali hadir di Indonesia. Karena pada masa itu memang masyarakat Indonesia kurang suka dengan desain mobil yang kecil.

Honda Civic Estilo kini situasinya malah jadi salah satu mobil hatchback jadul yang masih banyak diburu hingga pasarannya pun gelap. Semakin lama, peminat peminat Civic Estilo tidak surut bahkan semakin banyak yang jatuh hati. 

Kondisinya diperparah karena di kalangan pecinta Civic Estilo, mobil ini kerap dibeli dan dimodifikasi sebagai mobil balap. Ini berdampak untuk mendapatkan unit Civic Estilo yang masih original terbilang cukup sulit.

Lebih lanjut, harga Honda Estilo menggila karena unit ini penjualannya tak sebanyak Civic Genio, karena dulu punya waktu edar yang relatif sebentar di Indonesia. Hak tersebut berimbas pada jumlah unit yang dipasarkan juga relatif sedikit.

Desain yang Sporty dan Abadi, Civic Estilo Simbol Hot Hatch Sejati

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 02

Kala itu, Civic Estilo harga barunya masih dibanderol Rp. 60 jutaan saja, tapi kini nyatanya melonjak naik hingga empat atau hampir lima kali lipat saat dijual dalam versi bekas. Jamak kita temukan Honda Civic Estilo dijual pada kisaran harga Rp200 jutaan. Bahkan untuk kondisi mulus nyaris sempurna, ditawarkan di kisaran 270an juta.

Honda Civic Estilo memang punya desain yang tak lekang oleh zaman, dan masih relevan dengan mobil-mobil keluaran saat ini. Bila disandingkan dengan hatchback muda seperti Honda City Hatchback, penampilan Civic Estilon juga nggak kebanting jadulnya. Simpel, bersih, tapi juga stylish dan punya kesan sporty.

Honda Civic Estilo punya bagian depan yang terkesan sederhana, di mana tidak terlihat adanya hiasan gril. Bagian depan mobil ini hanya disematkan lampu utama dua buah yang berukuran minimalis.

Estilo dianggap sebagai hatchback dengan aura racing karena kesan sport pada dua pintu kanan dan kiri serta satu pintu bagasi di belakang. Kemudian, terdapat sebuah Spoiler berukuran minimalis yang menunjang aura sporty. Istilahnya, Civic Estilo wujud mobil ini mengesankan seperti hot-hatch. 

Spesifikasi Honda Civic Estilo, Punya DNA Balap Kuat

 

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 03

Salah satu kelebihan Honda Civic Estilo 1992 yang paling dicari adalah bobotnya yang ringan dengan performa mesin jempolan. Bobot Civic Estilo hanya di angka 970 kg. Makin ganas karena mesin berkode D16B2 yang diusungnya memproduksi daya sebesar 120 hp pada 6.300 rpm dengan torsi puncak 140 Nm pada putaran 5.500 rpm. Perbandingan power to weigt sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk ukuran mobil hatchback era 90an. 

Handling Civic Estilo juga cukup oke karena dipadukan dengan suspensi double wishbone independen depan belakang serta stabilizer sehingga dapat memberi performa Handling yang mumpuni. Kemampuan Estilo dalam melakukan pengereman juga cukup baik karena dukungan rem cakram di keempat rodanya.

Fitur yang Cukup Canggih Pada Masanya, Tak Kalah Modern dengan Mobil Era 2000-an

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 04

Fitur yang tersedia pada mobil ini sudah lumayan lengkap. Power steering, power window, central lock dan electric mirror sudah ada. Untuk fasilitas hiburan sudah tersedia sebuah radio/tape kaset. Untuk fitur hiburan ini tentunya bisa kita upgrade dengan head unit kekinian yang memiliki fitur CD Player dengan koneksi Bluetooth.

Lebih lanjut, pintu belakangnya juga punya mekanisme yang modern. Mekanisme buka tutup antara pintu dengan jendelanya bisa dibuka secara terpisah, seperti Honda CR-V generasi pertama. Jadi konsepnya tidak kuno seperti Honda Civic Nouva yang antara pintu dan jendelana menjadi satu.

Interior Honda Civic Estilo, Simple dan Elegan

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor 05

Sebagai sebuah motuba, interior Civic Estilo ini masih tetap menarik dan tidak terkesan kuno. Lekuk dashboard cukup modern meskipun aksen panel plastik begitu terlihat, khas mobil 90-an. 

Kokpitnya juga masih tetap menarik salam kesederhanaan, misalnya setir Honda Civic Estilo dengan model tiga palang. Selanjutnya panel informasi di balik kemudi setir yang tampil dengan warna putih, yang menunjukkan konsumsi bahan bakar, tingkat kecepatan dan odometer. 

Kursinya pun berbentuk ergonomis dengan bahan yang cukup empuk berbalut kain berkualitas. Lekukan yang dirancang khusus pada kursinya membuat perasaan nyaman muncul dari sisi ini.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil