window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan?

Yongki Sanjaya · 16 Nov, 2021 09:30

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 01

Ajang GIIAS 2021 dimanfaatkan oleh PT Kreta Indo Artha untuk meluncurkan Kia Carnival berselang setahun setelah world premiere tahun 2020 lalu. Untuk pasar Indonesia, Kia Carnival 2021 hanya ada varian 11-seater.

Sebagai informasi, Kia Carnival yang baru saja meluncur masuk generasi keempat. MPV bongsor ini punya reputasi yang panjang karena sudah masuk Indonesia sejak generasi pertama. Hanya generasi kedua saja yang absen hadir ke Tanah Air.

Dengan karakter yang lebih kuat, lebih stylish, detail yang lebih futuristik, dan desain yang terinspirasi dari SUV, Kia menyebut model ini sebagai GUV (Grand Utility Vehicle). Carnival 11-seater ini menjadi simbol MPV modern untuk kendaraan keluarga besar. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 01

Konsep seperti ini bukan hal baru di dunia, bahkan cukup populer di Amerika Serikat di kalangan Soccer Mom. Maksudnya, kendaraan ini digunakan oleh para ibu rumah tangga untuk beraktivitas seperti mengantarkan anaknya ke latihan sepak bola bersama teman-teman. 

Bisa dibayangkan bukan, betapa leganya kabin Kia Carnival 2021 ini? Berikut ini 5 poin menarik yang membuat Kia Carnival patut dipilih sebagai mobil keluarga modern kelas atas. 

1. Kia Carnival 2021 Punya Fitur Premium

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 02

Sebagai MPV full size, tak cuma ukuran jumbo yang jadi nilai jual utama dari Kia Carnival ini. Fitur dan styling interiornya harus berkelas dan mewah untuk memanjakan penggunanya. Interior Kia Carnival Premiere ini serba digital pada panel instrumennya. 

Konfigurasi layar metercluster TFT LCD 12.3 inci dengan layar AV 12.3 inci memberi penampilan yang inovatif dan futuristik. Baik panel multimedia dan panel instrumen cluster Panoramic dashboard  display memiliki ukuran yang sama besar, didukung tema/animasi saat mode berkendara. 

Fitur menarik yang ada di Kia Carnival dan tak dimiliki MPV sejenis ialah smart power sliding doors dan tailgate. Fitur ini akan membuka pintu tengah atau bagasi secara otomatis hanya bila pemegang kunci berdiri tepat didepannya selama 3 detik. Kalau tidak memegang kunci, bakal jadi power sliding doors biasa yang tinggal tarik handle pintu. 

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 03

Fitur hiburannya juga jempolan, karena didukung oleh 12 speaker high performance berikut subwoofer dari BOSE yang sudah terkenal membahana kualitasnya. Power outlet untuk pengisian daya juga tersebar di hampir setiap baris, sehingga tidak perlu bingung bila ingin mengisi daya ponsel. 

2. Kia Carnival Premiere Punya Fitur ADAS, Berikan Kenyamanan dan Percaya Diri

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 04

Fitur keselamatan aktif menjadi hal yang semakin lumrah untuk mobil keluaran baru, termasuk juga di Kia Carnival. MPV asal Korea Selatan ini sudah dilengkapi dengan cukup banyak fitur keselamatan aktif. 

Fitur pertama yaitu Surround View  Monitor (SVM). Terdapat 4 buah kamera, yaitu depan, belakang, kanan dan kiri yang beresolusi 1 Mega Pixel untuk memantau kondisi sekitar saat parkir atau melewati jalan sempit. 

Fitur berikutnya yaitu Smart Cruise  Control (SCC), yang didukung kamera dan radar. Komputer akan mengatur perubahan kecepatan dan menjaga jarak aman saat kondisi mobil di depan melambat. Jika mobil di depan berhenti lebih dari 3 detik, maka cruise control akan non aktif secara otomatis. 

Kemudian ada juga Forward  Collision Avoidance Assist (FCA) yang kerjanya didukung oleh kamera. Lane Keeping Assist, Blind Spot Collision Avoidance Assist, hingga Blind Spot View Monitor. Untuk fitur terakhir ini menampilkan secara visual pada panel instrumen pengemudi, kondisi lalu lintas di sisi samping belakang kendaraan. Fitur tadi melengkapi fitur keselamatan pasif berupa 7 airbags, serta peningkatan kekuatan rangka bodi. 

3. Hadir Pakai Mesin Diesel, Kia Carnival Premiere Punya Torsi yang Jumawa

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 05

Mesin diesel sejak lama dikenal dengan karakteristik torsi besar di putaran bawah. Jenis mesin ini jelas cocok untuk menghela mobil sebesar Kia Carnival yang begitu bongsor. Memiliki tenaga dan torsi terbesar dikelasnya, sehingga akselerasi akan terasa ringan untuk ukuran kendaraan besar seperti Carnival. 

Kia Carnival Premiere dibekali mesin diesel D 2.2 TCI New R dengan output 202 ps/3.800 rpm dan torsi 441 Nm/1.750-2.750 rpm. Torsi yang besar sejak putaran bawah ini membuat Kia Carnival tarikan awalnya tetap gesit dan responsif. 

Transmisi yang digunakan pada Carnival yaitu otomatis 8-speed, dengan perpindahan melalui dial type shift by wire. Jadi, kita tinggal putar knob seperti di mobil Eropa untuk berpindah mode transmisi dari N ke D atau R dan P. 

4. Layout Kursi Fleksibel, Bisa Jadi Captain Seat

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 06

Pada kondisi default atau standarnya, Kia Carnival 2021 ini memiliki empat baris bangku dimana pada baris kedua hingga keempat terdiri dari tiga kursi. Uniknya, baris kedua dan ketiga bisa dibuat dua kursi yang memakai layout captain seat.

5 Alasan Kenapa Kia Carnival Premiere 2021 Cocok Buat Keluarga Besar, 11-Seater Tiada Lawan? 07

Kursi tengah bisa dilipat sehingga menjadi lorong untuk masuk ke baris keempat. Sementara itu, kursi baris keempat bisa dilipat rata lantai untuk bagasi belakang yang lebih luas. Kapasitas penumpang pun bisa fleksibel, 6-kursi captain seat, atau 11-seater versi normal. 

5. Garansi Mesin Kia Carnival Selama 5 Tahun Tanpa Batasan Kilometer

Pabrikan asal Korea Selatan ini tampaknya paham kalau mobil mewah di Indonesia pasti akan 'dieman-eman' oleh pemiliknya. Itulah mengapa, Kia Carnival mendapat garansi selama 5 tahun tanpa batasan kilometer. 

Biasanya, garansi suatu mobil dibatasi hingga 100 ribu kilometer selama 5 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. Dengan garansi unlimited seperti ini, Kia Carnival 2021 mungkin bakal lebih memikat kalangan pengusaha fleet untuk armada travel mewah mereka. 

Sebab, suatu mobil kalau digunakan rutin biasanya akan menempuh jarak sekitar 20 ribu kilometer dalam setahun. Kalau tidak ada batasan jarak, kita bisa percaya diri sering menggunakan Kia Carnival untuk aktivitas berkendara jarak jauh bersama keluarga. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

KIA Grand Carnival Premiere

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil