window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal

Budi · 24 Mei, 2022 14:00

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 01

  • Dilengkapi Toyota Safety Sense dengan Blindspot monitoring
  • Layanan purnajual Toyota yang paling luas
  • Nilai jual kembali lebih tinggi 

Generasi terbaru duet keluarga Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza saat ini telah meningkatkan berbagai aspek dibandingkan generasi pertamanya. Bahkan pada silsilah keluarga Toyota Avanza, kini varian tertingginya Toyota Veloz telah menjadi model tersendiri.  Dengan berbagai kesamaan serta variasi varian yang begitu luas, varian apakah yang sebenarnya paling layak dipilih?

Sebelumnya kami sudah pernah menulis jika Anda mencari mobil sesuai dengan fungsinya sebagai alat transportasi, maka Daihatsu Xenia adalah pilihan yang paling masuk akal. Karena, untuk apa memilih mobil yang lebih mahal jika kebutuhan Anda akan akan sebuah mobil dapat terpenuhi tanpa perlu keluar uang lebih banyak. Namun tentunya pertimbangan tidak hanya berhenti sampai situ saja.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Soal pilihan desain dan fitur yang lebih baik, soal layanan purna jual hingga citra merek bisa menjadi pertimbangan lebih lanjut. Bahkan soal gengsi sekalipun bisa menjadi alasan yang membuat Anda memilih model dan varian yang lebih mahal. Kali ini kami akan berikan 5 alasan kenapa varian tertinggi Toyota Avanza G CVT TSS layak menjadi pilihan Anda yang tengah mencari LMPV keluarga.

Baca juga: Toyota Avanza Rebut Lagi Mahkota Mobil Terlaris di Indonesia Periode April 2022,

TSS pakai Blind Spot Monitoring

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) hanya akan ditemukan pada varian tertinggi keluarga Avanza ini, selain tentunya pada varian Veloz yang tertinggi. Namun dengan pertimbangan harga yang lebih murah hingga Rp35,3 Juta, maka varian Avanza G CVT TSS sudah dapat memberikan jaminan keselamatan lebih baik dengan berbagai fitur TSS yang tersedia.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 01

Dan jika dibandingkan dengan Daihatsu Xenia yang juga memiliki fitur Advance Safety Assist (A.S.A), maka TSS yang dimiliki oleh Avanza ini juga lebih baik karena memiliki fitur lebih lengkap. Pada TSS yang dimiliki oleh Avanza telah dilengkapi oleh fitur Blind Spot Montoring (BSM) yang akan memberikan bantuan pada pengemudi saat berkendara.

BSM memberikan bantuan dalam mendeteksi berbagai objek yang ada di kedua sisi buta (blind spot) mobil dengan peringatan lampu dan suara. Saat berada di tengah lalu-lintas perkotaan misalnya, BSM akan sangat membantu memberi peringatan adanya sepeda motor atau mobil di kedua sisi mobil begitu kita menyalakan lampu sein. Jelas hal ini akan meningkatkan kewaspadaan pengemudi.

Baca juga: Adu Fitur Keselamatan Varian Termurah LMPV, Toyota Avanza 1.3 E Paling Bisa Diandalkan?

Efisiensi Bahan Bakar Sama-sama Menjanjikan

Sama-sama menggendong mesin 1.5 Liter berkode 2NR-VE, jantung pacu 4-silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i pada Avanza ini jelas sama-sama menjanjikan konsumsi bahan bakar yang efisien. Saat kami mencoba mobil ini, konsumsi bahan bakar luar kota yang diperoleh bahkan mampu mencapai 25,5 km/liter. 

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 02

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, dengan kondisi lalu-lintas yang padat, kami memang hanya memperoleh konsumsi bbm 7,1 km/liter, namun dengan mesin dan transmisi serupa, saudara kembarnya mampu meraih konsumsi bbm hingga 11,8 km/liter. Artinya, Avanza ini juga memiliki potensi yang serupa untuk mendapatkan konsumsi bahan bakat lebih irit.

Baca juga: Satu Jantung Pacu, Ini Perbedaan Konsumsi BBM Toyota Avanza 2022 vs Daihatsu Xenia 2022

Punya desain eksterior lebih mewah

Alasan ketiga kenapa Avanza ini juga lebih baik untuk dipilih terkait dengan selera desain eksteriornya. Toyota memberikan pendekatan yang lebih elegan pada desain Avanza dibandingkan saudaranya Daihatsu Xenia. Dengan bagian grill yang mendapatkan sentuhan chrome serta bilah horizontal yang besar.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 03

Sementara desain Daihatsu Xenia tampaknya memang mendapatkan pendekatan lebih sporty, terutama dengan grill bermotif jaring serta aksen warna merah di beberapa bagian bodinya. 

Pada desain velg, palang jari-jari 10 spoke dengan sentuhan dual-tone juga lebih dominan menampilkan nuansa mengkilat. Pada Daihatsu Xenia, warna hitamnya lebih dominan dengan desain ala baling-baling.

Baca juga: Punya 5 Tipe, Ini Varian Toyota Avanza 2022 yang Paling Layak Dibeli

Layanan Purna Jual Toyota Lebih Banyak Ditemukan

Tak bisa disangkal jika Toyota merupakan pabrikan mobil paling besar di Indonesia, sehingga memiliki jaringan dealer dan bengkel yang juga paling luas. Dari website resmi Toyota Indonesia, diketahui jika tedapat 297 bengkel perawatan dan 70 bengkel bodi dan cat Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia saat ini. Artinya anda tidak perlu merasa khawatir kesulitan saat mencari bengkel untuk Toyota Avanza Anda.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 04

Jika dibandingkan dengan jaringan purna jual Daihatsu yang juga berada di bawah satu naungan Astra International, maka Daihatsu pada akhir tahun 2021 lalu baru memiliki jaringan 264 dealer dimana 63 persen di antaranya sudah memiliki layanan lengkap 3S yaitu sales, service, dan spare part atau penjualan, servis, dan suku cadang.

Baca juga: Hitung Biaya Servis Toyota Avanza 2022 Hingga Tahun Kelima, Ganti Mesin dan Pakai CVT

Resale Value Avanza Salah Satu yang Terbaik

Salah satu alasan paling kuat kenapa Avanza layak untuk dipilih dan sukses menjadi mobil terlaris di Indonesia saat ini adalah nilai jual kembalinya yang lebih tinggi dibandingkan rival-rivalnya.  Untuk Toyota Avanza generasi pertama dan kedua misalnya, dari beberapa sumber informasi yang kami dapatkan, setelah berusia dua tahun nilai depresiasinya maksimal di kisaran 30 persen. Bahkan terkadang, untuk kondisi mobil yang masih baik, dalam satu tahun penurunannya hanya 10 persen.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 05

Padahal angka depresiasi 30 persen terkadang sudah terjadi pada tahun pertama setelah mobil-mobil baru digunakan. Bahkan nilai jual kembali Avanza di generasi awal dahulu sempat sangat kecil sekali, bahkan nyaris sama dengan harga jual barunya. Tak dapat disangkal hal ini turut mempengaruhi nilai jual kembali All-New Avanza saat ini. Banyak pembeli mobil di kelas LMPV yang memilik Avanza karena merasa yakin bahwa mobil ini akan lebih mudah dijual dengan harga yang tinggi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Sistem FWD Toyota Avanza 2022, Apakah Sesuai Ekspektasi Sebagai Mobil Sejuta Umat?

Kesimpulan

Toyota All-New Avanza memang menjadi salah satu fenomena sebagai pilihan mobil keluarga Tanah Air. Mobil ini bahkan sempat disebut sebagai mobil Sejuta Umat saking banyaknya beredar di jalanan Indonesia. Salah satu kekuatan utama Avanza adalah citra merek Toyota yang seakan menjadi jaminan ketenangan dalam memiliki mobil ini.

5 Alasan Pilih Toyota Avanza G CVT TSS 2022, Meskipun Harganya Lebih Mahal 06

Dimulai dari mudahnya mencari jaringan purna jual hingga nilai jual kembali yang tinggi membuat mobil ini secara non-teknis mudah dipilih oleh konsumen Indonesia. Dengan kehadiran All-New Avanza yang menawarkan desain lebih modern, kenyamanan lebih baik dan fitur-fitur lebih canggih, bukan tak mungkin mobil ini akan kembali menjadi mobil Sejuta Umat di masa mendatang.


 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil