window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan

Prasetyo · 2 Mar, 2023 11:06

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 01

Musim hujan terus melanda sebagian besar wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Tentunya kondisi ini jangan menjadikan aktifitas Anda tertunda. Apalagi kalau menggunakan mobil pribadi, pastinya hujan bukan jadi alasan untuk tidak melanjutkan kegiatan di tempat berbeda.

Namun kalau kerap memakai mobil pribadi saat beraktifitas di tengah musim hujan, ada beberapa barang yang perlu disiapkan. Nah berikut ini sejumlah barang yang harus ada di dalam mobil saat musim hujan.

Baca juga: Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Payung

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 01

Ingat, selalu sedia payung sebelum hujan

Payung adalah benda wajib ada di mobil yang sebenarnya tidak boleh dikeluarkan. Karena alat ini sangat dibutuhkan ketika hujan turun. Karena tempat tujuan Anda beraktifitas belum tentu memiliki pelindung atap dari hujan.

Ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan. Jadi dengan selalu ada payung di dalam mobil, maka bisa melindungi tubuh Anda dari guyuran air hujan ketika turun dari mobil.

2. Baju Hangat atau Jaket

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 02

Pakai jaket biar gak kedinginan

Baju hangat juga dibutuhkan ketika berkendara di musim hujan. Cuaca yang dingin di dalam mobil pastinya akan terasa lebih nyaman jika Anda menggunakan pakaian yang tebal.

Apalagi kalau berkendara selama hujan AC mobil juga wajib diaktifkan. Ini untuk menghilangkan embun di kaca. Jadi, daripada kedinginan di dalam mobil sembari nyetir, maka lebih baik pakai baju hangat atau jaket.

Baca juga: Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya

3. Bawa Baju Ganti

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 03

Simpan beberapa baju di tas

Selain jaket, sweater, atau baju hangat, Anda sebaiknya juga siapkan baju ganti. Ini untuk berjaga-jaga jika pakaian yang Anda kenakan saat itu basah akibat terkena air hujan. Jika Anda kebasahan selama beraktifitas atau berkendara khawatir malah jadi jatuh sakit. 

Nah kalau membawa baju ganti, tentunya kondisi ini tidak terjadi. Tapi ingat, baju ganti yang dibawa sebaiknya ada baju formal dan casual. Supaya tidak salah kostum kalau harus bertemu orang-orang di situasi yang formal.

4. Sandal atau Sepatu Cadangan

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 04

Bawa sepatu cadangan

Ini peranannya sama seperti baju ganti. Membawa sandal atau sepatu cadangan penting untuk mengantisipasi alas kaki yang Anda pakai basah terkena genangan air saat turun dari mobil ketika hujan. Ketika sepatu basah pastinya selain tidak nyaman akan menimbulkan bau tidak sedap lantaran lembab.

Untuk alas kaki cadangan yang bisa Anda letakkan di mobil boleh dua macam. Pertama sandal untuk menmgantisipasi banyak terjadi genangan dan harus turun dari mobil. Alas kaki yang kedua bisa sepatu formal. Kalau-kalau Anda harus datang ke lokasi berbeda dengan situasi yang masih formal.

Baca juga: Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan

5. Air Putih Hangat

5 Barang yang Wajib Ada di Mobil Saat Musim Hujan, Biar Gak Kedinginan Selama Perjalanan 05

Bawa tumblr dan diisi air putih hangat

Barang yang harus ada di dalam mobil saat hujan dan tak kalah penting adalah air hangat. Fungsinya untuk memberikan rasa hangat saat berkendara. Sebaiknya air hangat yang disiapkan tersimpan dalam wadah yang mampu menahan agar cairan tersebut tetap hangat dalam waktu relatif lama. Anda bisa gunakan tumbler atau termos kecil.

Air yang disimpan ini juga sebaiknya jangan susu, cokelat, atau kopi hangat. Karena kalau mengkonsumsi minuman berkandungan gula tersebut malah membuat rasa kantuk menyerang ketika Anda tengah berkendara. Padahal nyetir disaat hujan lebat dituntut konsentrasi lebih tinggi.

Itu tadi 5 barang yang wajib disiapkan di mobil ketika musim hujan. Ingat, tetap berhati-hati ya ketika berkendara.

@autofun.indonesia Cara Mudah Nyetel Kaca Spion #tipsmobil #mobilbekas #mobilseken #reviewmobil ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova - arachang

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil