window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat

Yongki Sanjaya · 9 Mar, 2023 15:30

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 01

Sosok Mitsubishi Lancer menjadi sedan ikonik yang sempat hits di Indonesia. Agak disayangkan karena generasi terakhir Lancer yaitu Mitsubishi Lancer EX kiprahnya meredup. Sedan ini umumnya digunakan sebagai kendaraan dinas aparat, seperti mobil patroli Polri atau kendaraan dinas militer.

Kiprah Mitsubishi Lancer EX ini bahkan kalah tenar dibandingkan dengan Mazda6, yang cukup banyak digunakan kalangan masyarakat biasa. Padahal secara desain, Lancer EX ini punya banyak kemiripan dengan Mitsubishi Lancer Evolution X. Terlebih, nama besar Lancer menjadi salah satu ikon dunia otomotif dengan prestasi mentereng di ajang reli nasional maupun internasional.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Lancer EX yang Dipakai Jadi Mobil Polisi dengan Lancer Evo 10

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Mitsubishi Lancer di Indonesia dengan Lancer Evolution di Luar Negeri

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Jadi Evo Termahal di Dunia, Harganya Setara 8 Toyota Veloz GR Limited

Padahal saat peluncuran Lancer EX 2.0 GT mendapat apresiasi yang baik berkat desain sporty-nya yang mirip sang kakak Lancer Evo X. Mulai dari lubang udara, spoiler belakang, yang mirip Lancer Evo X. Secara fisik, Lancer EX ini sama seperti sedan compact lainnya yang polosan, tidak memakai aksen body kit apalagi spoiler di buntutnya. 

Kini, harga pasaran Mitsubishi Lancer EX berkisar antara Rp160 juta hingga Rp190 juta. Karena memang penjualannya yang kurang begitu masif dengan harga mahal, kemudian penjualan Lancer EX pun dihentikan sejak tahun 2015. 

Lantas apa saja hal penting soal Mitsubishi Lancer EX yang perlu kita ketahui? Berikut ini ulasannya secara mendetail.

1. Mesin Mitsubishi Lancer EX Tanpa Turbo

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 01

Mitsubishi Lancer EX dan Lancer Evo X sebenarnya memiliki basis yang sama, tetap spesifikasi keduanya sangat berbeda. Pada bagian mesin, Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT menggunakan mesin dengan tipe 4B114 In line 16 Valve MIVEC DOHC. 

Lancer EX didukung mesin 2.000 cc minus turbo dan intercooler memiliki output 155 HP @6.000 rpm dengan torsi 199 Nm @4.250 rpm. Transmisinya memakai INVECS III CVT dengan Sport Mode 6-Speed dengan pengoperasian transmisi bisa menggunakan paddle shifter pada lingkar kemudi. Untuk versi manual, dibekali transmisi 5-percepatan dan semua varian memakai penggerak roda depan.

2. Fun To Drive dengan Mesin Terkenal Boros

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 02

Perlu kamu ketahui kalau Mesin Lancer EX memiliki kompresi 10:1. Tentu mobil ini tidak bisa dikatakan sebagai mobil yang irit bahan bakar. Soal konsumsi bahan bakar, Lancer EX 2.0 GT di rute jalan tol mencatatkan angka 14,8 km/liter, dan di rute dalam kota hanya 8,3 km/liter.

Lancer EX memiliki kapasitas tangki sebesar 59 liter. Melihat outputnya yang di atas 150 hp maka tenaganya cukup oke dan fun to drive walau konsumsi bahan bakar yang cukup boros. 

3. Desain Identik Dengan Mitsubishi Lancer Evolution X

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 03

Kalau kalian bermimpi memiliki Lancer Evo X tapi budget terbatas, maka Lancer EX 2.0 GT bisa jadi alternatif menarik. Generasi penutup Lancer ini sama-sama mengusung konsep desain Inverted Slant-nose atau hidung hiu sebagai ciri utamanya. 

Over fender di bagian samping depan dan spoiler di bagian belakang berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara (airflow) di atas permukaan kendaraan. Grillnya sama-sama berbentuk trapesium, namun posisi peletakan plat nomornya berbeda. 

Mitsubishi Lancer EX  memiliki panjang 4,570 mm, lebar 1,760 mm dan tinggi mencapai 1,490 mm, dengan jarak poros roda 2,635 mm berat kosong mobil ini mencapai 1.385 kg.

4. Suspensi Sporty yang Minim Limbung

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 04

Kalian bisa merasakan sensasi mengendarai sebuah mobil sport yang dibalut dengan nuansa elegan pada Lancer EX, dimana suspensi sedan yang menjadi rival Civic FD di-setting agak keras. Mobil ini dibekali dengan suspensi depan berjenis MacPherson dan Multi link with stabilizer bar untuk suspensi bagian belakang.

Ini pada akhirnya memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan. Stabil di trek lurus, nikmat saat menikung cepat dan mudah melakukan koreksi setir ketika gejala oversteer. Jalan bergelombang bisa dilahap dengan empuk, namun ketika melintas tikungan di kecepatan tinggi, bodi tidak limbung.

5. Fitur Oke Untuk Sebuah Sedan

5 Fakta Menarik Mitsubishi Lancer EX, Paling Laris Dipakai Sebagai Mobil Aparat 05

Dengan usia yang kini sekitar 15 tahun, Mitsubishi Lancer EX punya fitur yang cukup oke dan tidak terlalu jadul.  Mitsubishi Lancer memiliki fitur Immobillizer, dual airbags dan sistem pengereman ABS. Jenis rem Ventilated Disc pada bagian depan dan 16″ Disc di sektor belakang membuat pengereman cukup optimal.

Mitsubishi Lancer EX merupakan sedan medium dengan 5 kursi penumpang. Desain dashboard terlihat mewah, dengan paduan kombinasi warna hitam dan silver. 

Headunit model tanam mendukung fitur musik CD dan Radio. Selain itu ada pula ada fitur ac dual control autoclimate yang semakin membuat sirkulasi udara menjadi lebih segar. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil