window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku

Yongki Sanjaya · 9 Mei, 2022 10:30

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 01

Nama Mitsubishi Maven mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Memang, minibus yang merupakan hasil rebadge dari Suzuki APV ini kalah populer dibandingkan versi aslinya. Padahal secara spesifikasi, Maven dibekali mesin T120SS bikinan Mitsubishi yang terkenal bandel.

Mundur ke belakang, pada dekade 90-an sampai awal dekade 2000-an Mitsubishi menjalin kerja sama dengan Suzuki. Buah kerja sama ini menghasilkan dua model rebadge untuk Mitsubishi, yaitu T120SS dan Maven.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) memperkenalkan Maven pada tahun 2005 dalam 2 varian, yaitu GLX untuk varian standar, dan GLS untuk varian tertinggi. Mitsubishi Maven ketika diluncurkan, harganya Rp 104 juta untuk tipe GLX dan Rp 118,5 juta untuk tipe GLS. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbedaan tipe GLX dan GLS yaitu terdapat pada AC double blower, keyless entry, pelek alloy 15 inci, spion elektrik dan fog lamp. Hanya saja, Mitsubishi Maven nasibnya seperti anak tiri yang tak selaris Suzuki APV. Pasalnya Mitsubishi Maven dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air hanya mampu bertahan hingga tahun 2009 saja. 

Penasaran seperti apa hal menarik dari Mitsubishi Maven ini? Berikut ini ulasannya. 

1. Mitsubishi Maven Diproduksi Bareng Suzuki APV

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 01

Sebagai model rebadge alias kembar, Mitsubishi Maven diproduksi memakai jalur produksi Suzuki APV. Pihak Mitsubishi menyuplai komponen pendukung seperti mesin, kemudi, emblem, bumper depan dan grill. 

Perbedaan pada sisi eksterior terdapat pada emblem logo dan aksen grill maupun bumper khas Mitsubishi. Mesin menjadi perbedaan terbesar antara Mitsubishi Maven dengan Suzuki APV, dimana mesinnya memakai mesin serupa milik Colt T120SS. 

2. Spesifikasi Teknis Mitsubishi Maven Kalah Canggih Daripada Suzuki APV

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 02

Maven mengusung mesin berkode 4G15, 1.468 cc SOHC MPI dari Colt T120SS. Tenaga yang dihasilkan sebesar 88 ps pada 5.500 rpm serta torsi maksimal 114,7 Nm @ 2.750 rpm.

Bandingkan dengan Suzuki APV yang didukung mesin G15A, DOHC 16-valve Multi Point Injection berkapasitas 1.493 cc. Tenaganya sebesar 92,4 PS @6.000 rpm dan torsinya 126 Nm @3.000 rpm. 

Mesin ini kalah bertenaga bila dibandingkan dengan mesin kepunyaan Suzuki APV. Namun bicara soal performa yang dimiliki, Maven terasa lebih galak dari putaran bawah ke tengah dibandingkan APV. Hal ini dikarenakan karakter mesin overstroke yang digunakan namun juga harus dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang agak sedikit lebih boros. 

Keunggulan Mitsubishi Maven ialah sudah mengandalkan gardan dengan kisi-kisi yang lebih mempercepat pembuangan panas. Dengan spesifikasi yang kurang menarik, membuat Maven tak mampu sesukses Suzuki APV atau mengikuti jejak T120SS. 

3. Kapasitas Kabin Mitsubishi Maven yang Cukup Besar

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 03

Sebagai sebuah minibus ala roti tawar, alias boxy, tentu keleluasaan kabin menjadi selling point utama Mitsubishi Maven ini. Konfigurasi kursi penumpang mampu mengangkut hingga delapan orang termasuk pengemudi, dengan layout 2-3-3. Kursi di baris ketiga pun juga dapat dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih besar.

4. Fitur di Interior yang Cukup Baik Untuk Minibus Era 2000-an

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 04

Mitsubishi Maven kini hanya tersedia dalam versi bekasnya. Meskipun usianya sudah cukup lawas, tapi fiturnya cukup oke dan nggak pelit. Mobil ini telah memakai AC double blower yang membuat penumpang di baris kedua dan ketiga tidak kegerahan.

Instrument cluster tergolong canggih pada masanya, karena sudah menggunakan tampilan digital untuk jarak tempuh kendaraan. Namun untuk informasi berupa angka rpm, kecepatan, suhu serta volume bahan bakar masih memakai model analog.

Selain itu, ruang penyimpanan di kabin merupakan salah satu hal yang diunggulkan Maven. Di dashboard sisi penumpang depan terdapat dua buah tempat penyimpanan. Terdiri dari satu laci penyimpanan terbuka, dan yang dibawahnya tertutup. Ruang penyimpanan lainnya ada asbak dan juga cup holder di masing-masing pintu.

5. Sparepartnya Cukup Mudah Ditemukan

5 Fakta Menarik Mitsubishi Maven, Spesifikasi Cakep Tapi Kurang Laku 05

Salah satu kekhawatiran terbesar konsumen pada dekade 2000-an ialah soal ketersediaan sparepart. Banyak yang tak menyadari kalau mesin yang digunakan oleh Mitsubishi Maven ini sama seperti Colt T120SS yang cukup laris saat itu. Isu kesulitan mendapat sparepart dan harganya yang mahal membuat Maven akhirnya jarang dilirik.

Padahal bila kita cukup jeli melihat potensinya, Maven ini punya mesin yang bandel dengan tarikan atas yang bertenaga, dengan ketersediaan sparepart yang mudah ditemukan. Untuk komponen body part dan beberapa fast moving bisa mengadopsi milik Suzuki APV atau mobil Suzuki lain yang sejenis. 

Memang untuk beberapa body part seperti bemper depan dan grill cukup sulit dicari, karena desainnya beda dengan Suzuki APV. Namun selain daripada hal tersebut, merawat Mitsubishi Maven tak sesulit yang dibayangkan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki APV Arena Blind Van

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil