window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM

Prasetyo · 31 Agu, 2022 11:03

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 01

Isu Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini sedang ramai dibicarakan. Bukan hanya di Indonesia namun juga seluruh dunia. Pasalnya, imbas konflik antara Russia dan Ukraina, pasokan minyak ke sejumlah negara jadi terganggu. Hal ini mengakibatkan harga minyak dunia terus terkerek.

Jika Anda masih mengkonsumsi BBM untuk kendaraan harian, maka langkah paling bijak adalah dengan menekan penggunaan bahan bakar fosil tersebut. Satu diantaranya berkendara secara hemat bahan bakar alias eco driving. Caranya memang tidak mudah karena semua kembali kepada perilaku berkendara Anda sendiri, serta kondisi lalu lintas jalan yang dilalui.

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 02

Asik buat adventure, Mitsubishi Pajero Sport juga bisa dibuat makin irit BBM

Namun ternyata, sejumlah pabrikan otomotif sudah menyiapkan lho beberapa fitur yang bisa menekan konsumsi BBM pada kendaraan bermesin bakar internal. Contohnya Mitsubishi yang telah menjebloskan cukup banyak fitur modern agar gaya berkendara Anda makin eco driving. Kalau Anda punya Mitsubishi Pajero Sport, fitur-fitur seperti ini juga ada.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah kali ini kita akan bahas bagi Anda pemilik Mitsubishi Pajero Sport yang mau mobilnya makin irit BBM.

Baca juga: Lagi, Mitsubishi Pajero Sport Tekuk Toyota Fortuner di Juni 2022

1. Eco Indicator

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 01

ECO indicator panduan untuk eco driving

Pada kendaraan Mitsubishi termasuk Pajero Sport Dakar, sebenarnya sudah terdapat Eco Meter. Fungsinya menampilkan bagaimana Anda mengemudi dengan menghemat bahan bakar di bawah kondisi mengemudi yang berbeda.

Tampilannya ada di meter cluster pengemudi, berupa empat persegi panjang horizontal yang akan berpendar cahaya sesuai gaya mengemdui Anda. Jika Anda berkendara dengan sangat hemat BBM, maka seluruh bar tersebut bakal berpendar.

2. Gunakan Cruise Control

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 02

Cruise control juga bikin berkendara lebih nyaman

Apabila Anda berkendara melalui jalan tol, dan kondisi saat itu cukup lenggang, maka supaya Mitsubishi Pajero Sport makin irit BBM aktifkan fitur cruise control. Fitur ini membuat mobil dapat melaju sesuai kecepatan yang diinginkan oleh pengemudi.

Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu berkendara dengan kecepatan stabil, misalnya di 60-80 km/jam, kemudian pencet tombol cruise control di lingkar kemudi sebelah kanan. Nantinya mobil akan melaju konstan di kecepatan tersebut tanpa harus pedal gas diinjak. Minimal kaki kanan Anda bisa beristirahat sejenak. 

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 03

Kecepatan konstan, konsumsi BBM juga lebih irit

Bahkan di Pajero Sport Dakar Ultimate, sudah memiliki fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang lebih mudah lagi saat melakukan akselerasi. Karena mobil akan secara otomatis mengatur kecepatan dengan mengikuti kecepatan kendaraan yang ada di depannya.

Ketika mobil di depan mengurangi kecepatan maka fitur ACC ini juga akan secara otomatis mengurangi kecepatan kendaraan. Anda tinggal mengatur arah kemudi saja jika fitur ini diaktifkan. Mobil makin irit, berkendara juga lebih nyaman.

Baca juga: 3 Fitur Unggulan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, Bikin Nyetir Jadi Fun dan Gak Kena Tilang Elektronik

3. Mesin Sudah Euro 4

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 04

Mesin diesel Euro 4 gunakan BBM yang berkualitas

Pajero Sport terbaru kini juga sudah dibekali mesin diesel berstandar emisi gas buang Euro 4. Dengan begitu, selain punya kadar CO2 yang lebih rendah, penggunaan bahan bakar pun semakin ditekan.

Tapi perlu diinggat, biar mesin Euro 4 ini maksimal dalam menekan konsumsi BBM, pastikan mengisi dengan bahan bakar yang sesuai. Sebaiknya pilih BBM Cetane Number (CN) minimal 51 dan kandungan sulfur maksimal 50 PPM. BBM jenis ini antara lain terdapat pada Pertamina Dex.

4. HSA dan HDC

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 05

Gak perlu akselerasi mendadak untuk melahap segala jenis kondisi jalan

Pada Pajero Sport Dakar Ultimate, juga terdapat fitur Hill Start Assist (HSA) dan Hill Descent Control (HDC). Kedua fitur ini dapat membantu saat mobil melewati jalan menanjak dan menurun. HSA akan membuat mobil bertahan dalam beberapa detik pada saat hendak berakselerasi di tanjakan. Sementara HDC akan mengatur pengereman demi menurunkan kecepatan ketika melewati turunan.

Kedua fitur ini tentu juga bisa berimbas pada efisiensi BBM di sebuah kendaraan. Sebab pengemudi jadi tak perlu melakukan akselerasi secara tiba-tiba atau melakukan teknik engine brake yang berlebihan.

5. Sunroof

5 Fitur Ini Bisa Bikin Mitsubishi Pajero Sport Makin Irit BBM 06

Buka sunroof dan matikan AC biar lebih irit BBM

Loh apa hubungannya sunroof dengan eco driving? Ternyata secara tidak langsung ada lho korelasinya. Misal pada saat Anda berlibur dengan keluarga atau teman dan memasuki area perbukitan atau pegunungan, apabila kondisi cuaca kala itu sejuk, maka Anda bisa matikan AC lantas bukan kaca sunroof.

Ketika sunroof terbuka, maka Anda akan mendapatkan banyak udara segar dari lingkungan sekitar meskipun seluruh jendela tetap tertutup dan AC dimatikan. Kalau begini, bisa makin riit BBM dong!

Baca juga: Review Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x4 2021: Paling Kuat, Nyaman dan Canggih, Apa Perlu 4x4?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil