window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Honda Civic Type R 2023, Civic Tercepat yang Dibuat Honda!

Enda · 6 Apr, 2023 17:00

Honda Civic Type R

Honda Civic Type R (Spesifikasi | Berita) 2023 yang dibangun berdasarkan generasi keenam Civic berhasil diluncurkan PT Honda Prospect Motor ke Tanah Air belum lama ini. Mobil sport terbaru Honda tersebut membawa tampilan yang jauh lebih agresif serta aerodinamis dibanding model sebelumnya.

Dinobatkan sebagai mobil Civic tercepat yang pernah dibuat Honda, generasi terbaru Civic Type R pertama kali diluncurkan di Jepang pada September 2022. Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dengan harga Rp1.399.000.000 OTR Jakarta. Guna mengetahui lebih dekat Honda Civic (Spesifikasi | Berita) Type R terbaru, simak fakta menariknya berikut ini.

Baca juga: Banderolnya Rp1,399 Miliar, Honda Civic Type R 2023 Resmi Masuk Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Berbentuk Liftback, Honda Civic Type R Jadi Lebih Aerodinamis

Honda Civic Type R

Honda Civic Type R terbaru hadir dengan bentuk liftback. Konsep desain yang dianutnya membawa mobil ini jadi lebih aerodinamis sekaligus memberikan keseimbangan saat bermanuver. Pada bagian depan, sistem pencahayaan menggunakan Full LED Headlights with LED Daytime Running Lights. Ada juga rear LED headlights, auto foldable door mirror with LED turning signal serta rear fog light.

Selain itu, mobil ini mendapatkan triple outlet exhaust with active exhaust valve yang diposisikan di bagian belakang tengah mobil untuk menjaga aliran udara. Knalpot utama yang diletakan di kedua sisi menyalurkan udara dari mesin, sedangkan knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin.

2. Membawa Nuansa Sporty, Interior Civic Type R Disematkan Teknologi Modern

Honda Civic Type R

Mengusung DNA balap Honda sekaligus menegaskan karakter sebagai mobil sport, Civic Type R didominasi menggunakan warna merah dan hitam pada sisi interiornya. Untuk panel instrumentya mobil ini memiliki tampilan eksklusif dengan dipadukannya layar 10,2 inci TFT. Tampilan yang disuguhkan tampak begitu informatif dengan adanya twin-meter berupa jarum warna kuning yang menjadi ciri khas dari Type R.

Tak hanya itu, panel AC yang digunakan memiliki corak warna Polarized gunmetal yang sangat kental dengan nuansa sport. Disisi lain, desain center console panel serta tuas transmisi dan pedalnya menggunakan bahan alumunium dengan nuansa sport.

Joknya mobil ini memiliki model bucket dengan red suede style fabric berkelir vivid red. Selain itu, lingkar kemudinya diselimuti bahan material alcantara. Memudahkan penggunanya ketika ingin melakukan pengisian daya, mobil ini dilengkapi wireless charging, armrest serta cup holder pada konsol tengah.

Keunikan lain yang ditampilkan pada mobil ini yaitu adanya G-Meter dan lap time recorder yang memudahkan pengendara untuk mengetahui kondisi mobil. Untuk sistem hiburannya dibekali head unit layar sentuh 9 inci yang dapat terkoneksi secara langsung dengan smartphone. Oh iya, head unitnya dipadukan 8 speakers, yang dapat dikendalikan melalui tombol pada setir.

Selain sistem hiburan, melalui tombol pada lingkar kemudinya kalian juga bisa mengatur informasi berkendara pada meter cluster sekaligus hands free telephone.

3. Fitur Keselamatan Dilengkapi ADAS

Honda Civic Type R

Sebagai hot hatch canggih, untuk fitur keselamatan Honda Civic Type R telah dilengkapi dengan 8 airbags yang terdiri dual front SRS airbags, side airbags, side curtain airbag dan knee airbags.

Selian itu juga terdapat Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Rain Sensing Front Wipers, Walk Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Smart Key, Smart Entry System dengan Push Start Stop Button, Electric Parking Brake serta Auto Brake Hold.

Mengenai sistem pengereman yang digunakan, mobil ini dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Tak ketinggalan, mobil ini juga memiliki Driver Attention Monitor, Rear Seat Reminder, dan Second Row Seat Belt Reminder.

Seperti beberapa produk Honda lainnya, mobil ini turut mendapatkan fitur keselamatan Honda Sensing yang didalamnya terdapat Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM) System, Forward Collision Warning (FCW) System, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist System (LKAS), Lead Car Departure Notification System (LCDN) serta Auto High Beam Headlights (AHB).

Baca juga: Wow! Baru Diluncurkan, Honda Civic Type R 2023 Sudah Terpesan 95 Unit

4. Honda Civic Type R Dibekali Mesin 2.0L Turbocharger

Honda Civic Type R

Civic tercepat yang dimiliki Honda, Civic Type R terbaru dibekali mesin 2.0L VTEC turbocharger yang dapat memeras tenaga sebesar 319 PS di 6.500 rpm dan torsi 420 Nm pada putaran 2.600 – 4.000 rpm. Jantung pacu ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan sehingga dapat mempertahankan tenaga maksimum saat perpindahan gigi pada putaran atas.

Sanggup berlari hingga 272 km per jam, dari posisi diam hingga 100 km per jam catatan waktu yang diperolehnya hanya 5,5 detik. Guna menyesuaikan gaya berkendara yang diinginkan, mobil ini memiliki fitur Honda LogR Datalogger System sebagai panduan berkendara yang juga dapat diatur secara personal dan berfungsi untuk mencatat dan menganalisis catatan waktu pengemudi secara akurat. Fitur ini juga dapat memberikan panduan serta data informasi yang akurat bagi pengemudi ketika berkendara di atas lintasan sirkuit seperti Gear Position Display, Tachometer, G-Meter, Boost Pressure, Brake Pressure hingga Tire Friction Circle.

5. Dilengkapi 4 Mode Berkendara yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Honda Civic Type R

Civic Type R memiliki empat mode berkendara yaitu Comfort, Sport, +R dan Individual. Layar akan tampil eksklusif dengan sentuhan warna merah untuk +R mode dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty saat berada di dalam kabin yang sudah dilengkapi oleh LED Interior & Map Light.

Pada layar TFT nya mobil ini dapat menampilkan beragam informasi sesuai dengan preferensi pengguna seperti suhu pada pendingin mesin, suhu pada oli mesin, steering angle, tekanan pada rem, yaw rate dan lainnya. Mode berkendara dapat disesuaikan dengan keinginan pengemudi saat berada di atas lintasan.

Sebagai informasi, pada kaki-kakinya mobil ini mendapatkan adaptive damper, suspensi depan Dual axis strut, suspensi belakang Multi-link rear, serta kemudi Dual Pinion EPS yang responsif dan stabil pada kecepatan tinggi. Pada sistem kemudi, mobil ini menggunakan Dual Pinion Variable-ratio Electric Power-Assisted (EPS) Rack and Pinion Steering.

Baca juga: 8 Mobil Baru di Indonesia Periode Maret 2023, Ada Honda Civic Type R, BMW Z4 Sampai Truk Mewah Daimler

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Type R 6-Speed MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil