5 Hal Menarik Kenapa Daihatsu Ayla Lebih Baik Dibeli Ketimbang Honda Brio

Enda · 5 Agu, 2022 18:00

Hal menarik Daihatsu Ayla

Mobil jenis city car kompak berpenampilan hatchback, Daihatsu Ayla hingga kini masih banyak diminati masyarakat Tanah Air. Mengacu data penjualan GAIKINDO secara wholesales periode Januari - Juni 2022, mobil yang masuk dalam kategori LCGC tersebut berhasil didistribusikan sebanyak 9.298 unit.

Sebagai pesaing dari Honda Brio, apa yang membuat Daihatsu Ayla terus diminati? Daripada penasaran, simak alasannya berikut ini.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Agya - Daihatsu Ayla Bakal Meluncur Awal 2023, Pakai Mesin Raize-Rocky

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

1. Harga Daihatsu Ayla Lebih Terjangkau

Hal menarik Daihatsu Ayla

Harga Daihatsu Ayla terjangkau

Syarat untuk memenuhi regulasi kendaraan LCGC, produsen diminta supaya menjual produknya dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu untuk harga baru Daihatsu Ayla cukup ramah di kantong.

Seperti yang ditampilkan lewat situs resminya, kini Daihatsu Ayla dibandrol mulai dari Rp110 juta sampai dengan Rp169,2 juta. Selain harganya yang terjangkau, untuk pajak tahunannya mobil ini juga relatif murah. Sebagai contoh untuk Ayla tipe R lansiran tahun 2021, saat ini pajaknya berada di angka Rp1,8 jutaan.

2. Punya Fitur Cukup Lengkap

Hal menarik Daihatsu Ayla

Fitur Daihatsu Ayla cukup lengkap

Harganya yang terjangkau, Daihatsu Ayla memiliki fitur cukup lengkap. Di bagian depan, sistem pencahayaannya dilengkapi Projector Headlamp with LED Light Guide berbentuk trapesium 6 sisi. Selain itu, untuk memberikan visibiltas yang baik terhadap pengemudi, sistem pencahayaan ditambah foglamp dan LED DRL yang berhasil disisipkan di dalam Head Lamp. Begitupun pada stoplamp, sudah menggunakan teknologi LED berbentuk reverse L-shape yang tampak modern sekaligus stylish.

Beranjak ke interiornya, seperti yang bisa dilihat pada sistem hiburannya mobil ini disematkan head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang mendukung format MP3, radio, USB, bluetooth, serta pengaturan Aux.

Hal menarik Daihatsu Ayla

Interior Daihatsu Ayla

Begitupun juga pada pengaturan AC, tampilannya lebih modern dan atraktif dengan menggunakan model digital yang disertai stelan arah hembusan angin, suhu dan kipas blower.

Terasa begitu ergonomis, fitur hiburannya terhubung langsung dengan tombol yang ada pada lingkar kemudinya untuk memudahkan penggunanya saat ingin melakukan pengaturan.

Lainnya, Daihatsu Ayla memperoleh electric mirror dengan retractable, power window, start/stop engine, immobilizer dan keyless. Sebagai informasi, untuk fitur keselamatannya mobil ini telah dilengkapi dual airbags, isofix serta ABS dan EBD yang mengurangi resiko terjadinya selip pada ban ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba.

3. Punya Dua Opsi Mesin

Hal menarik Daihatsu Ayla

Mesin 1.2L Daihatsu Ayla

Guna menyesuaikan kebutuhan serta keinginan konsumen, Daihatsu Ayla ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.0L dan 1.2L. Bicara varian 1.0L, mesin berkubikasi 998 cc berkodekan 1KR-DE 1.0L 3-silinder segaris DOHC ini sanggup memuntahkan tenaga hingga 65 PS @6.000 rpm serta torsi maskimal 86 Nm @3.600 rpm.

Sedangkan jantung pacu 1.2L nya dengan kapasitas 1.197 cc berkodekan 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-i nya mampu melecutkan tenaga sebesar 88 PS @6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm @4.200 rpm.

Mengenai transmisinya Ayla disuguhkan dalam dua pilihan, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Baca juga: 3 Mobil Matic Baru Termurah di Indonesia, Cuma Rp150 Jutaan Anti Pegal di Kemacetan

4. Daihatsu Ayla Irit Bahan Bakar

Hal menarik Daihatsu Ayla

Konsumsi BBM Daihatsu Ayla tembus 20 km/liter

Sebagai mobil murah ramah lingkungan Daihatsu Ayla diwajibkan untuk hemat dalam hal penggunaan bahan bakar.

Direkomendasikan untuk selalu menggunakan BBM jenis bensin dengan RON 92, ketika pengujian dilakukan Ayla sanggup menempuh jarak 18 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan pemakaian luar kota yang notabennya acap kali melaju pada kecepatan konstan, tercatat konsumsi BBM yang diperoleh mencapai 20 km/liter.

Salah satu faktor pendukung yang membuat Daihatsu Ayla menjadi irit, berkat disematkannya fitur ECO yang bekerja mengimbangi antara konsumsi bahan bakar dengan menghasilkan tenaga yang optimal.

5. Mudah dan Murah Dalam Hal Perawatan

Hal menarik Daihatsu Ayla

Spare part Daihatsu Ayla murah dan mudah ditemui di pasaran

Bicara soal perawatan, Daihatsu Ayla terbilang sangat mudah. Berbekal teknologi injeksi, kalian hanya cukup mengganti oli mesin, oli transmisi serta minyak rem dan air radiator secara teratur guna menjaga performa sekaligus keawetan mesin. Tak hanya itu, kalian juga cukup mengganti filter udara dan mengecek busi secara berkala. Mempunyai perawatan yang mudah, membuatnya sangat cocok dimiliki bagi kalian yang menginginkan mobil pertama.

Oh iya, untuk suku cadangnya mobil ini juga murah dan mudah didapat. Dari yang ori hingga KW spare partnya banyak dijajakan di pasaran sehingga kalian tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkanya. Perlu diketahui juga meski harga barunya murah, Daihatsu Ayla memiliki durabilitas tinggi serta kaki-kaki yang tangguh.  

Baca juga: Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih Harga Sampai Rp12 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru