window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Suzuki SX4 Gen 1, Crossover Rp60 Jutaan dengan Fitur Keselamatan Modern

Enda · 27 Mei, 2022 18:00

Suzuki SX4 gen 1

Di saat pabrikan otomotif berlomba-lomba mengeluarkan mobil jenis city car hatchback dan MPV, pada tahun 2007 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) justru memperkenalkan Suzuki SX4 di Tanah Air yang bermain di segmen crossover kompak. Sebagai informasi, debut pertamanya SX4 terjadi pada tahun 2006 lewat ajang Geneva Motor Show.

Selang satu tahun diluncurkan SIS, SX4 tidak lagi diimport secara utuh dari Jepang, melainkan sudah dirakit di pabrik Suzuki yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, karena melihat adanya permintaan pasar yang tinggi. Yang awalnya SX4 ditawarkan dengan satu trim, yakni X-Over, versi CKD nya mobil ini mendapatkan tambahan satu varian, yaitu X-Road. Untuk diketahui, tipe X-Road ini merupakan versi terjangkaunya yang beberapa fiturnya dipangkas, serta tampilannya dibuat lebih sederhana.

Berbagi platform dengan Neo Baleno, SX4 pernah monorehkan sejarah di mata dunia. Dimana mobil ini pernah ikut serta dalam ajang balap World Rally Champhionship 2007 dengan mendampingi Suzuki Swift.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mempunyai pasaran harga bekas di angka Rp60 jutaan, apa sih keistimewaan mobil ini? Daripada penasaran, simak 5 hal menarik Suzuki SX4 gen 1 berikut ini.

Baca juga: Tampilannya Sih Biasa Aja, Tapi Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross Ini Punya Tenaga 200 Hp

1.  Terlihat Energik dan Tangguh

Suzuki SX4 gen 1

Suzuki SX4 gen 1 terlihat energik dan tangguh

Sebagai crossover kompak, untuk tampilannya SX4 gen 1 terlihat energik dan tangguh. Hal ini lantaran bodynya yang gambot, ground clearance mencapai 175 mm, penggunaan velg 16 inci, lampu depan dengan leveling, fog lamp di bumper, serta dilengkapi dengan tambahan over fender di atas roda. Tak hanya itu, pada bagian atapnya juga telah tersematkan roof rail yang bisa digunakan sebagai tatakan atau kuncian jika ingin menambahkan roof rack maupun roof box.

2. Kabin Suzuki SX-4 Gen 1 Cukup Luas

Suzuki SX4 gen 1

Kabin Suzuki SX4 gen 1 terasa luas

Melihat spesifikasi data di atas kertas, untuk dimensinya Suzuki SX4 gen 1 memiliki panjang 4.135 mm, lebar 1.755 mm, tinggi 1.605 mm, dan wheelbase 2.500 mm. Dengan dimensi yang dimiliki, untuk head roomnya mobil ini terasa cukup luas. Tak hanya itu, joknya pun cukup lebar dengan leg room di baris kedua yang renggang.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Suzuki SX4 X-Over, Mobil yang Pernah Turun di Balap WRC

3. Di Zamannya, Fitur Unggulan Suzuki SX4 Gen 1 Lumayan Lengkap

Suzuki SX4 gen 1

Suzuki SX4 gen 1 dilengkapi dengan switch control steering

Selain tampilannya yang terkesan energik dan tangguh, hal menarik lainnya dari SX4 generasi pertama ada pada fiturnya. Dimana untuk sistem hiburannya menggunakan head unit single din dengan format MP3, CD dan radio yang dibuat seolah menyatu pada dashboard.

Supaya menghasilkan kualitas suara yang baik, sistem hiburannya dipadukan 4 speaker split pada pintu dengan 2 tweeter. Untuk pengaturannya head unitnya, format yang tersedia bisa dikendalikan menggunakan switch control steering yang diletakan di sebelah kiri lingkar kemudi.

Tombol pengaturan yang ada pada setirnya tersebut juga bisa digunakan untuk mengatur beberapa informasi kendaraan pada MID. Oh iya, di atas head unit, Suzuki SX4 gen 1 mendapat layar kecil yang secara visual dapat menampilkan informasi secara digital baik suhu serta rata-rata penggunaan konsumsi bahan bakar.

Lainnya, mobil ini telah dilengkapi dengan deffoger, beberapa arah semburan AC, power window, dan central lock. Perlu diketahui, versi faceliftnya mobil ini berhasil tersematkan bohlamp berprojector yang mana dapat menghasilkan pencahayaan lebih baik saat berkendara di malam hari.

4. Fitur Keselamatan Suzuki SX4 Gen 1 Mendapat Kualitas Jempolan

Suzuki SX4 gen 1

Fitur keselamatan Suzuki SX4 gen 1 lengkap

Di zamannya, Suzuki SX4 gen 1 memiliki fitur keselamatan yang terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, mobil ini telah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta dual SRS airbag. Untuk struktur rangka bodinya mengadopsi TESS dan TECT (Total Effective Control Technology ).

Tak berhenti sampai di situ, untuk sistem pengeremannya juga sudah menggunakan rem cakram berventilasi untuk semua roda. Namun sayang, beberapa fitur di varian X-Road dipangkas guna menyesuaikan harga jual yang lebih terjangkau.

Untuk fitur keamanannya pabrikan telah menyematkan keyless entry, dan juga immobilizer guna mencegah pencurian.

5. Mesin Suzuki SX4 Gen 1 Bandel dan Mudah Dalam Perawatan

Suzuki SX4 gen 1

Mesin M 15 A pada Suzuki SX4 gen 1 yang juga dipakai Swift, Neo Baleno dan Aerio

Dapur pacunya, Suzuki SX4 gen 1 menggunakan mesin yang sama persis juga digunakan oleh beberapa produknya, seperti; Neo Baleno, Swift gen-1, dan Aerio.

Ditanami mesin bensin berkodekan M 15 A, 4 silinder segaris 16 valve, Multi Point Injection - VVT DOHC dengan kubikasi 1.490 cc, secara data mampu meraup tenaga hingga 100 PS di angka 6.000 rpm serta torsi puncak 133 Nm di putaran 4.000 rpm.

Sebelum tenaga yang dihasilkan ditranslasi ke penggerak roda depan, untuk tingkat percepatannya mobil ini diatur dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara mesin M15 A, jantung pacu ini memiliki durabilitas yang tinggi serta mudah dalam perawatan. Hanya saja di SX4, untuk konsumsi BBM nya terbilang sedikit boros. Beberapa pengetesan yang pernah dilakukan, untuk pemakaian dalam kota jarak yang berhasil ditempuh 9-11 km/liter. Sedangkan penggunaan luar kota, mobil ini sanggup meraih angka 13-14 km/liter.

Baca juga: Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki SX4 S-Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil