window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner!

Yongki Sanjaya · 3 Nov, 2022 09:30

 

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 01

Dari sekian banyak model di segmen low SUV, hanya tersisa Toyota Rush dan kembarannya yaitu Daihatsu Terios yang masih mempertahankan RWD. Hal dasar yang dimiliki oleh Toyota Rush ini rupanya jadi senjata andalan yang membuatnya jadi model terlaris. Ternyata, masih banyak hal menarik yang jadi keunggulan di Toyota Rush.

Toyota Rush dipasarkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2006 lalu dan berganti generasi 2016 menggunakan platform yang baru.  Tampilannya jadi semakin modern dan kental dengan aura SUV perkotaan. Ban cadangan atau ban serep yang terletak di pintu belakang juga dipindahkan ke bawah. Selain itu, dimensinya juga lebih panjang dan lebih rendah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

Mau Beli Toyota Rush 2022 Buat Lebaran? Wajib Tahu Dulu Varian Tipenya

Cocok Dipakai Buat Lebaran, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Rush

Harga Murah Varian Lebih Banyak, Daihatsu Terios Lebih Unggul dari Toyota Rush?

Untuk saat ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan dua varian Toyota Rush yaitu tipe G dan Toyota Rush GR Sport. Berikut ini harga Toyota Rush dari seluruh tipe dan varian:

  • Toyota Rush G 1.5 MT    Rp 277.600.000
  • Toyota Rush G 1.5 AT    Rp 288.400.000
  • Toyota Rush GR Sport S 1.5 MT    Rp 290.300.000
  • Toyota Rush GR Sport S 1.5 AT    Rp 301.000.000

Kali ini kami akan mengulas soal hal menarik dari Toyota Rush GR Sport, apakah bisa tetap memikat di antara dominasi SUV FWD di segmennya.  Langsung saja, berikut ini 5 hal menarik Toyota Rush GR Sport 2022.

1. Interior dengan Platform Baru, Modern Khas SUV Urban

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 01

Pada generasi kedua, Toyota dan Daihatsu mengubah platform yang digunakan pada si kembar Rush - Terios. Modelnya berubah total yang kini tanpa adanya ban serep di bagian belakang. 

Toyota Rush generasi kedua jauh lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan generasi pertama. Bagian eksterior yang lebih melengkung dengan tarikan garis yang tegas membuatnya terlihat sporty, serta terkesan memiliki dimensi yang lebih luas.

Benar adanya, karena ban serep yang kini pindah ke kolong membuat dimensinya bisa dimaksimalkan sehingga interior lebih lega. Dimensi interiornya lebih panjang 150 mm dibandingkan Toyota Rush lama.

2. Fitur Keselamatan Mumpuni Walau Belum TSS

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 02

Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan motor. Adanya fitur ini juga untuk mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Selain itu, semua tipe Toyota Rush generasi kedua juga sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Hill Start Assist (HSA) juga dapat ditemukan pada Toyota Rush generasi kedua. Fitur lainnya yang hanya ada di Toyota All New Rush adalah smart entry, 6 airbag di seluruh penjuru kabin, dan seat belt indicator warning.

Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan arahnya. Adanya fitur ini juga untuk mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

Meskipun demikian, Toyota Rush harus mengakui keunggulan SUV besutan merek lain yang sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif, semisal Honda Sensing di Honda BR-V.

3. Fitur Kenyamanan Toyota Rush GR Sport Cukup Lengkap

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 03

Sebagai tipe tertinggi, Toyota Rush GR Sport, spionnya sudah dapat melipat secara otomatis alias New Auto Retractable Mirror. Saat sedang berkendara, spion juga bisa dilipat secara otomatis dengan menekan tombol. Fitur ini amat berguna ketika mobil berpapasan dengan kendaraan lain atau saat melewati jalan yang sempit.

Pada Toyota Rush GR Sport, penggunanya akan dimanjakan dengan sistem buka pintu smart entry. Lebih lanjut, Head unit yang terpasang pada Toyota Rush GR Sport mendukung smartphone remote app, Miracast weblink, DVD AVX7", internet, iPod dan iPhone Connectivity, dan Waze Support.

Selain itu, Toyota Rush GR Sport juga didukung dengan 8 unit surround sound speaker sehingga suara dari head unit bisa lebih nikmat didengar. Tak ketinggalan,  Toyota GR Sport, sudah dilengkapi dengan teknologi Automatic Idling Stop System (IDS). Tombolnya terletak di samping tombol Engine Start Stop.

4. Masih Mengandalkan Penggerak Roda Belakang

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 04

Kelengkapan dasar yang satu ini masih menjadi selling point yang kuat di kalangan masyarakat, terutama di kota-kota kecil. kelebihan mobil RWD ini adalah lebih enak jika dibawa jalan menanjak sehingga torsinya lebih terasa. Kombinasi SUV dan RWD ini sudah menjadi paket ideal dengan kondisi jalanan di Indonesia. 

Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus. Mobil penggerak belakang lebih mumpuni saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Penggerak roda belakang lebih mampu melewati tanjakan yang cukup terjal. Gaya dorong dari roda belakang jelas lebih kuat untuk melewati medan tanah atau jalanan yang medannya cukup sulit.

5. Bisa Dimodifikasi Ala Toyota Fortuner

5 Hal Menarik Toyota Rush GR Sport 2022; Gak Cuma Modal RWD Tapi Bisa Dimodifikasi Ala Fortuner! 05

Hal menarik dari Toyota Rush ini bisa kita jadikan sebagai Fortuner versi lite. Secara karakter sebenarnya cukup mirip, karena Toyota Rush ini merupakan SUV dengan penggerak roda belakang dan generasi keduanya tidak pakai ban serep.

Kini sudah banyak toko aksesoris yang menyediakan paket modifikasi penampilan ala Fortuner. Ubahan yang dilakukan juga tak rumit, yaitu mengganti bagian grillnya saja dengan aksesoris aftermarket grill yang desainnya mirip Fortuner GR. Aksesoris ini membuat sisi muka Rush jadi kian maskulin.

Namun agak disayangkan karena konsep modifikasinya terbilang minimalis, karena sisi belakang tetap dibiarkan standar. Padahal kalau ada aksesoris aftermarket yang mengubah lampu belakang dan garnish plat nomor ala fortuner maka membuat Rush jadi semakin paripurna disebut Fortuner lite.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil